Ilustrasi menggunakan aplikasi Canva | Istockfoto

Asmarainjogja.id -- Bisnis online makin digandrungi oleh banyak kalangan.  Mulai dari pemula yang masih melakukan usaha secara gratisan sampai pemain kelas kakap yang berinvestasi besar-besaran. 

Sejatinya dalam berbinsin entah itu online maupun ofline, kita dituntut untuk selalu belajar dan berkembang.  Karena seorang pembisnis yang tidak belajar dan tidak mau berinovasi maka akan mati bisnisnya. 

Ada banyak kerja seorang pembisnis online, meskipun kelihatan ringan dan sepele akan tetapi ini bisa jadi kerja yang membingungkan bagi pemula. 

Hijab

 

Nah, khusus untuk pembisnis online pemula ada 10 aplikasi android pilihan yang akan membantumu menjalankan bisnis online. 

Simak ulasan singkat berikut ini: 

1. Hootsuite

Aplikasi ini berguna untuk menjadwalkan postingan.  Seperti yang kita ketahui bahwa seorang pembisnis pemula harus 'dilihat'  terlebih dahulu atau personal branding. 

Mau dikenal sebagai apa?

Nah untuk itu kita harus sering posting di media sosial. Nah, posting juga ada jam-jam efektifnya. 

Sayangnya tidak semua pembisnis memiliki waktu untuk selalu online.  Maka diperlukan alat atau aplikasi yang dapat membantu menerbitkan post secara terjadwal. 

Ada banyak aplikasi yang bisa melakukannya, salah satunya Hootsuite.

Sobat tinggal membuat postingan di Hootsuite dan atur tanggal serta jam tanyangnya dengan detil.

Mudah, kan?

2. Raja Ongkir

Tidak cukup hanya posting dan iklan terus menerus, ketika order datang   segala penjuru Nusantara bahkan dari mancanegara, kita perlu tahu berapa biaya pengirimannya. 

Untungnya aplikasi Raja Ongkir ini berisi bermacam-macam jasa ekspedisi.  Sehingga kita tidak perlu mengecek satu per satu website masing-masing jasa ekspedisi. 

Ketika menggunakan aplikas Raja Ongkir kita tinggal mengetikkan tempat asal paket dan tempat tujuan.  Kemudian akan muncul beberapa pilihan beserta harganya. 

Hal ini sangat memudahkan untuk kita mengecek bahkan melacak paket yang telah kita kirim. 

3. Canva

Canva adalah salah satu aplikasi edit gambar yang banyak digunakan. Karena selain tergolong mudah juga menyediakan banyak sekali tamplate gratis yang ciamik. 

Dengan gambar yang cantik, iklan kita di media sosial akan semakin dilirik dibandingkan dengan foto biasa saja. Seperti yang kita ketahui, tulisan dan gambar adalah senjata dalam berbisnis online.

Canva juga bisa digunakan untuk membuat gambar yang akan di posting baik itu di Facebook, Instagram, Blog,  dan lain-lain. 

4. Whatsapp

Whatsapp adalah salah satu aplikasi chatting favorit banyak orang.  Tidak seperti aplikasi lain yang cenderung berat dan memerlukan jaringan internet yang kuat, maka Whatsapp sebaliknya. 

Selain itu aplikasi ini juga memudahkan kita untuk menghimpun calon pembeli, reseller dan semua jaringan penjualan dengan membuat grup Whatsapp. 

Kekurangan grup Whatsapp adalah pesan terdahulu tidak bisa dilihat anggota grup yang baru masuk.  Sehingga pesan-pesan penting terdahulu harus dikirim kembali. 

Namun begitu Whatsapp tetap keren dan sangat membantu.  Apalagi dengan adanya fitur voice call dan video call.  Membuat kita selalu terhubung dengan prospek dan pelanggan. 

5. Fanspage Manajer

FP Manajer membantu kita mengatur postingan di fanpage Facebook.  Karena kegunaan fanpage salah satunya ialah sebagai toko untuk kita meng-upload stok barang serta berbagi hal positif lewat tulisan dan gambar yang inspiratif. 

Di aplikasi ini juga postingan bisa dijadwal sesuai keinginan kita.  Selain itu bisa mengetahui suka terbaru, likes di postingan, dan notifikasi lain dengan cepat lewat aplikasi ini. 

6. Photogrid

Aplikasi yang satu ini juga berfungsi untuk mengedit foto. Bagi kita yang sudah aktif berjualan online, sudah banyak orderan yang datang aplikasi ini bisa digunakan untuk menyusun foto testimoni. 

Selain itu juga bisa untuk menggabungkan foto sisa stok yang tersedia ketika barang sudah mulai sold out. 

7. Telegram

Aplikasi Telegram sangat bermanfaat bagi semua pembisnis online baik pemula maupun yang sudah kelas kakap. 

Kelebihan dari aplikasi ini ialah bisa menyimpan pesan tersemat di dalam grup, sehingga tidak perlu mengulang-ulang informasi yang penting ketika ada anggota yang baru masuk.

Selain itu, bagi pemula bisa belajar banyak materi-materi bisnis dari para mentor baik yang gratis maupun yang memungut biaya. 

Aplikasi ini juga membantu kita untuk mengembangkan team penjualan. Mudah digunakan untuk menyimpan atau menyampaikan materi bisnis, juga upload stok. 

8. Messenger

Saat ini aplikasi Facebook tidak memungkinkan kita melihat pesan sehingga harus mendownload lagi aplikasi messenger.  

Namun hal itu sepadan dengan kegunaannya.  Karena walau bagaimana, para pembisnis online pemula sering mendapatkan orderan dari aplikasi ini. 

Selain juga untuk mendekatkan diri dengan calon pembeli.  Sehingga ketika sudah kenal dekat maka akan lebih terpercaya. 

9. Shoppee

Ini adalah salah satu di antara banyaknya aplikasi Marketplace.  Banyak pembisnil online pemula yang suka menggunakan Shoppee karena bisa mendapatkan gratis ongkos pengiriman dengan syarat dan ketentuan. 

Hal ini tentu saja berpihak kepada para pembisnis online pemula yang perlu banyak melakukan pendekatan, promosi dan mengenalkan bisnisnya dengan para calon pembeli sehingga bisnisnya bisa lebih maju. 

Namun begitu masih banyak juga Marketplace lain dengan segala kelebihan dan kekurangannya. 

10. Carousell

Carousell merupakan tempat jual beli juga.  Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan ramah pengguna yang gaptek. 

Di dalam aplikasi ini kita bisa menjual semua barang, mulai dari barang dagangan sampai barang-barang preloved. Jika kita punya stok barang yang sulit keluar, dan sudah lewat masanya bisa dijual di aplikasi ini. 

Kita juga bisa menjual barang-barang pribadi yang tak terpakai. 

Nah demikian adalah sepuluh aplikasi Android yang bisa membantu mengembangkan bisnis online sobat jika masih pemula. 

Sebenarnya masih ada banyak lagi aplikasi yang bisa digunakan untuk berbisnis online.  Semoga kegiatan online kita semakin bermanfaat dan bisa menggemukkan pundi-pundi rupiah, ya, Sobat? [Arwen Candra Tatiano]


Hijab

 

Baca juga:

Lima Profesi Ini Bantu Ibu Zaman Now Berpenghasilan Hanya dari Rumah

7 Ide Bisnis Cerdas yang Bisa Kamu Garap di Kampung

Untuk Mahasiswa dan Pelajar, 10 Ide Bisnis Ini Tidak Mengganggu Belajar Kamu

Raksasa Tumbang, Pemain Cilik Mulai Terbang



Komentar Untuk artikel Ini (0)

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas