Ilustrasi backpacker | Shutterstock

Asmarainjogja.id – Melancong bagi kamu yang memilih menjadi berwisata ala backpaper,   memang dituntut harus pandai-pandai memperhitungkan dana yang ada, jika tak ingin acara menjadi kacau di tengah perjalanan. Semua memang perlu direncanakan dari awal sebelum waktu keberangkatan tiba. Salah satunya adalah tentang bekal yang harus dibawa.

Jika mau sedikit lebih hemat, aktifitas belanja makanan di luar, seharusnya ditiadakan dan diganti dengan membawa bekal sendiri dari rumah. Sedikit ribet memang, tapi demi suksesnya wisatamu dan tenang pikiran, tak ada salahnya dicoba. Daripada jajan yang terkadang mahal dan menguras isi kantong.

Nah, inilah yang semestinya kamu bawa saat traveling:

1] Beras

Sangat sekali diperlukan dan jangan lupakan ini. Jika hotel atau penginapanmu dilengkapi pantry dapat dimanfaatkan sebaik mungkin. Oleh karena itu alangkah baiknya saat menjadwalkan hotel tempat menginap, kamu mencari yang menydiakan fasilitas tersebut. Agar nantinya memudahkanmu dalam mengolah bahan makanan mentah untuk dimasak di sana.

Hijab

 

2] Sambal

Siapa sih yang tak suka sambal? Rasanya semua orang menyukai, rasanya yang pedas dapat membangkitkan nafsu seseorang untuk makan yang tadinya tidak berselera menyentuh makanan. Sediakan di kopormu, pilih sambal instan yang sudah terlebih dahulu kamu buat di rumah.

3] Rendang

Sangat praktis dan ekonomis, satu kemasan ada lauk daging dan sambal. Untuk lebih hemat, kamu bisa memasak sendiri di dapur, tidak usah membeli. Jika beli siap santap harganya mahal.

4] Abon

Hampir sama dengan rendang, lauk tersebut juga sangat awet dan tahan lama. Masaklah sendiri dan tidak usah membeli yang siap saji. Dendeng ini tidak harus berasal dari daging sapi, akan tetapi daging ayam juga bisa. Dapat kamu potong-potong dan dicampur dengan kelapa parut atau populer dikenal dengan nama dendeng ragi. Atau dapat juga daging ayam yang terlebih dahulu disuwir-suwir,   dimasak secara terpisah sebelum dicampur dengan bumbu.

5] Sarden

Lauk instan yang juga sangat praktis dan mudah sekali dibawa. Kamu bisa membawa sebanyak mungkin sebatas keperluanmu sepanjang waktu liburan. Jika ingin lain, bisa ditambahkan aneka bumbu yang sebelumnya telah ditumis, dan dicampur dengan daging sarden.

6] Mie Instan

Meski ini terdengar kurang bagus bagi kesehatan, tapi untukmu bisa jadi alternatif salah satu menu bahan pangan yang wajib ada dalam kopormu. Praktis dan mudah dibuat. Seperti nasi, ia juga mengenyangkan.

7] Sereal

Minuman yang berfungsi sebagai pengganjal perut lapar sementara. Disarankan saat mengonsumsi ini, juga harus ditambahkan dengan sedikit susu dan madu. Serta jangan lupa sertakan camilan seperti roti tawar atau biskuit basah misalnya bolu, supaya perut lebih terasa kenyang.

8] Outmeal

Sangat dianjurkan daripada harus memakan mie instan yang kurang bagus bagi kesehatan tubuh. Campur outmeal dengan sedikit susu atau madu, lalu sebagai selingan dapat ditambahkan dengan makan buah seperti jeruk atau anggur, lebih menyehatkan.

9] Roti

Sama seperti nasi dan mie instan, bahan makanan satu ini juga cukup mengenyangkan. Kamu bisa membawa roti jenis tawar atau yang berisi selai, semuanya bagus untuk dibawa. Berbentuk bolu manis itu juga lebih baik.

10] Selai

Pasangan roti tawar, jadi jangan sampai lupa. Selai bermacam-macam varian rasa, bisa dipilih sesuai selera.

11] Keripik

Makanan ringan yang bisa kamu makan di sela-sela waktu santai selama masa liburan. Sambil duduk di tepi pantai menikmati pemandangan, atau saat acara rehat santai diteras penginapan. Semua cocok dinikmati.

12] Biskuit

Bisa berupa kue kering buatan pabrik dapat juga buatan lokal. Tapi bila kamu pandai membuat kue kering tak ada salahnya membuat sendiri sebelum pergi, itu lebih hemat.

13] Permen

Ringan dan terkesan praktis. Bila mulutmu terasa asam dan kurang enak selama dalam perjalanan tingal mengunyah. Atau saat perut terasa kembung juga bisa. Karena itu pilih jenis permen beroma mint, jahe dan ramuan tertentu penolak masuk angin. Hindari permen beraroma buah tertentu yang dapat memicu rasa mual dan ingin muntah, seperti permen rasa buah durian atau strawberry.

14] Cokelat

Dari sekian bahan makanan yang dianjurkan cokelat sangat direkomendasikan sekali untuk kamu bawa. Sebab sifat menenangkan yang didapat dari bahan yang terkandung dalam coklat sangat bagus untuk hati dan perasaan. Memberi efek rilek dan nyaman bagi si pemakan.

15] Buah

Sebagai pencuci mulut dan juga untuk memberi efek menyegarkan tubuh, sebagai salah satu dari sekian jenis bahan makanan yang harus ada dalam setiap kopor backpaper. Pilih buah yang memberi efek nyaman di lambung dan tidak menimbulkan rasa mual. Seperti jeruk,   pilihlah yang berasa manis bukan asam, anggur, pear, salak atau duku. Pisang boleh tapi pilih juga yang tidak beraroma menyengat, misalnya pisang raja atau pisang pipit. Dua jenis pisang ini bisa dimakan mentah atau direbus.

15 Bahan makanan di atas tadi memang dianjurkan untuk kamu dibawa. Bisa memilih sesuai tipe dan keperluan serta dana yang ada. Tapi disarankan jika bisa memasak, alangkah baiknya bila dimasak sendiri di rumah, sebelum berangkat. Ini lebih hemat dan tidak membebankan isi dompetmu. Dengan begitu bisa kamu pergunakan untuk kepentingan yang lainnya.

Memilih menjadi wisatawan ala backpaper memang pilihan. Namun demi kebaikanmu, sebaiknya berhati-hatilah dalam pengeluaran, supaya nanti di tempat tujuan wisata, kamu tidak terlantar sebab kehabisan dana akomodasi. [Siti Rohayi]


Hijab

 

Baca juga:

8 Museum Paling Menarik di Yogyakarta, Jangan Sampai Kelewatan Jika Liburan di Sini!

Buah yang Dilarang dan Dianjurkan dalam Perjalanan

7 Tips Berwisata Aman Meski Sedang Musim Hujan

9 Alternatif Wisata Ini Menarik Dikunjungi di Musim Hujan

Pantai Banyu Tibo, Sensai Air Terjun dan Serunya Berenang Dihantam Ombak

Petualangan Kami di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru



Komentar Untuk artikel Ini (0)

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas