Ilustrasi memanen bunga Kenanga| Foto by mynet.com

Asmarainjogja.id – Bunga kenanga, siapa yang tidak mengenal bunga ini. Warnanya yang menyerupai daun bila telah tua berwarna kuning tersebut,   sangat populer di kalangan orang-orang tertentu. Harumnya tidak sama dengan yang lain. Unik dan terkesan penuh misteri.

Bernama latin cananga adorata masuk dalam kelompok tanaman annoanceace bisa tumbuh cepat di dalam tanah yang banyak mengandung zat asam.

Selain itu mengandung minyak cukup tinggi juga terdapat senyawa-senyawa lain, antara lain:  Senyawa alami Serta Pinen, Senyawa alami Sadrol,  Senyawa alami Linalool, Senyawa alami Kadinen, Senyawa alami Eugenol, Senyawa alami Bensin Asetat, Senyawa alami Geraniol, Senyawa alami Farnesol, dan Senyawa alami Asam Benzoat.

Hijab

 

Dan keunikan tanaman bunga kenanga dapat dilihat berikut ini:

1. Digunakan dalam Upacara Adat

Di masyarakat Jawa banyak digunakan untuk ritual upacara adat misalnya, acara siraman bagi kedua calon mempelai pria dan wanita yang akan melangsungkan pernikahan. Bunga kenanga dicampur dengan beberapa bunga lain seperti melati, mawar, magnolia dan bunga-bunga lain. Lengkap pula dengan air yang diambil dari tujuh sumur yang berbeda. Dikenal dengan nama ‘’Air Bunga Setaman’’.

2. Untuk Campuran Kosmetik

Dikenal pada zaman dahulu kala sebagai campuran untuk mempercantik kulit tubuh dan wajah. Tentu penggunaannya tetap bersama bunga lain. Aromanya   memikat hati para putri kerajaan untuk dicampurkan dalam perawatan badan. Bisa mandi ataupun luluran tubuh. Bahkan sekarang banyak industri kosmetik juga menggunakan bunga kenanga sebagai salah satu campuran bahannya.

3. Mengobati Penyakit Bronchitis

Digunakan untuk penderita penyakit bronchitis. Cara merebus beberapa bunga kenanga dengan segelas air, hingga tersisa setengahnya. Kemudian diminum secara rutin pagi dan sore hari.

4. Sebagai Obat Malaria

Caranya adalah mengeringkan bunga kenanga beberapa buah kemudian diseduh dengan air panas. Dibuat semacam teh kemudian diminum secara teratur sampai sembuh.

5. Untuk Obat Sesak Napas

Caranya siapkan segenggam bunga kenanga kemudian direbus bersama segelas air dan gula. Sisakan menjadi setengah saring dan dinginkan. Lalu diminum rutin pada waktu sore dan saat pagi hari tiba.

6. Digunakan sebagai aroma terapi

Mempunyai fungsi sebagai anti depresi, antiseptic, meningkatkan gairah, hypotensiv dan sedative. Aroma bunga kenanga dipercaya dapat menurunkan kadar tekanan darah, dan menurunkan debaran detak jantung dengan cara membuat seseorang rileks.

7. Sebagai Media Meditasi Atau Yoga

Penggunaannya jika sudah berupa minyak, di mana bunga kenanga terlebih dahulu dibuat semacam ekstrak. Diyakini dapat memperkuat chakra sacral yang terdapat di bagian sekitar perut. Pemijatan ringan menggunakan minyak tersebut secara teratur, dipercaya dapat membantu masalah kesuburan dan impotent bagi orgam reproduksi.

Di samping itu aromanya yang bersifat sensual dapat menstimulasi pikiran untuk lebih kreatif. Bagi wanita inner beautynya bisa memancar sempurna dengan tampil feminin. Akan tetapi tidak boleh berlebih dalam pemakainnya, sebab bisa membuat perut mual, karena aroma wanginya yang sangat menyengat hidung.

8. Merawat Kulit Kering

Kandungan senyawa alami di dalam bunga kenanga seperti asam benzoat, farnesol, dan bensin asetat. Zat-zat itu merupakan bahan dasar dalam pembuatan sabun kesehatan dan kecantikan. Dapat mengatasi masalah kult kering salah satunya.

9. Mencegah Bau Badan

Caranya   ambilllah bunga kenanga sebanyak 20 gram campur dengan gula batu secukupnya. Kemudian rebus dengan dua gelas air menjadi segelas saja. Dinginkan lalu saring dan diminum secara tertatur.

10. Membantu Proses Penyembuhan Penyakit Kuning

Caranya ambil 4 kuntum bunga kenanga cuci bersih, kemudian diseduh dengan air panas. Tunggu sampai dingin baru diminumkan pada si penderita. Tiga kali sehari dengan ukuran minum 1/3 gelas.

11. Mengobati Sakit Kepala

Caranya dengan direbus bersama jahe dengan takaran masing-masing sebanyak 20 gram. Air dua gelas hingga menyisakan segelas. Diminum selagi masih hangat.

12. Mempunyai Mitos Unik

Meski cantik dan harum serta memiliki segudang manfaat bagi manusia dalam bidang kesehatan dan kecantikan, namun bunga kenanga juga mempunyai mitos-mitos aneh seputar klenik. Percaya atau tidak inilah beberapa contoh yang sampai sekarang masih diyakini banyak orang.

a. Menurut ilmu feng-shui jika bunga ditanam di depan rumah akan menebarkan aura negatif. Teutama bila daun terlihat sangat rimbun, dipercaya akan menyebabkan energi negatif. Hal ini disebabakan dari rimbunnya pohon tersebut yang menebarkan hawa dingin dan tidak bergairah dalam hidup. Di samping juga dipercaya sebagai tempat berkumpulnya mahluk halus.

b. Namun versi lain menyebutkan justru bisa mengentengkan jodoh penghuninya dan ada juga yang mengatakan jauh jodoh. Benar atau tidaknya terserah kepercayaan kamu masing-masing.

Bunga kenanga memang cantik dan unik. Memiliki beragam kisah menarik. Telah ada sejak beratus tahun lamanya. Menyimpan berbagai kisah dari berbagai kepercayaan.

Tentu semua berpaling dari kamu, mengambil manfaat ataukah mempercaya mitos. Bunga yang relatif mudah ditanam dan dirawat ini merupakan komoditas berharga. Jika kamu mampu mengembangkan sebagai ladang bisnis akan sukses. Bukankah telah disebutkan di atas bahwa dari sekian banyak kegunaan bunga tersebut adalah untuk kecantikan.

Industri atau perusahaan yang bergerak dalam bidang usaha tersebut sangat membutuhkan pasokan bahan baku, disebabkan bunga kenanga merupakan salah satu sumber bahan komsetiik mereka. Lalu mengapa kamu tidak mencoba ambil bagian. Dengan menjadi pengusaha bunga kenanga. [Siti Rohayi]


Hijab

Baca juga:

Mengulik Fakta Unik di Balik Pesona Bunga Melati, Nomer 7 Bikin Merinding!

Nikmat Sehat Tidak Bisa Dibeli dengan Apapun

Tips Agar Wajah Terhindar dari Jerawat Saat Menstruasi

Selain Karang Gigi, Inilah Penyebab Bau Mulut yang Tidak Disadari

Tips Sehat Mengatasi Disminore pada Saat Menstruasi

Ternyata Gigi Berlubang Dapat Menular, Ini Buktinya!



Komentar Untuk artikel Ini (0)

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas