Ilsutrasi menginap di rumah orang | Gettyimage

Asmarainjogja.id – Suatu saat pasti kamu akan mendapatkan kesempatan bertamu di rumah orang, entah itu saudara, kerabat atau teman. Jika lebih dari sehari ujungnya bisa jadi menginap. Lazimnya bertamu tiga hari tapi jika kamu punya keperluan tertentu bisa juga lebih. Nah, supaya kamu tak mau dikatakan orang yang tak diri selama bermukim di sana, sebaiknya kamu baca hal berikut ini:

1] Bersihkan Kamar Sendiri

Pagi saat kamu terbangun, segeralah bersihkan tempat tidur dan seluruh ruangan. Meski tidak terbiasa melakukan semua ini, sebab ada asisten rumahtangga di keluargamu, namun di rumah orang janga malas. Apalagi bila kamu adalah seorang anak perempuan, mengerjakan perkerjaan rumah tangga itu kewajiban. Walaupun saat ini tempatmu bertamu masih terikat hubungan saudara atau kerabat, tetap saja tidak boleh sembarangan bertindak. Tahu diri sedikit, jangan apa-apa minta dilayani oleh tuan rumah, karena itu sungguh tidak baik.


Hijab

 

2] Jangan Mandi Terlalu Lama

Saat kamu ada keperluan membasuh tubuh atau yang lain di kamar mandi, janganlah berlama-lama. Apalagi jika itu pada waktu pagi dan kamar mandi yang dipakai hanya itu satu-satunya. Alangkah baiknya bila kamu ingin nyaman mandi, bangunlah lebih awal dari yang lain. Di samping itu tanyakan pada pemilik rumah, tentang siapa saja yang belum mandi. Sebab di sana bukan rumahmu yang bebas melakukan apa saja. Ingat kamu seorang tamu.

3] Ikut Membantu Pekerjaan Tuan Rumah

Satu hal yang harus kamu ingat adalah jadi orang jangan pemalas! Jangan berpangku tangan dengan melihat dan membiarkan sang tuan berkerja sendiri. Jangan seenaknya, tahunya tinggal beres saja. Apa saja yang mereka kerjakan, berusahalah membantunya sedapat mungkin, dengan mengerjakan yang dapat kamu lakukan.

Jika kamu seorang anak perempuan maka membantu memasak di dapur itu baik, walaupun tidak bisa memasak, minimal membersihkan sayuran atau menyiapkan peralatan dapur yang hendak digunakan. Dan bila kamu seorang lelaki cobalah ikut membersihkan atap rumah atau membetulkan genting bocor, membantu membantu gas elpji saat akan dipakai. Berpastisipasi membantu dengan hal ringan dan sederhana itu sangat berharga sekali di mata mereka, sebagai tanda kalau kamu orang yang peduli.

4] Hargai Masakan yang Dihidangkan

Saat tuan rumah menyajikan makanan untukmu berusahalah untuk memakannya, meski rasanya kurang enak di lidah, tapi kamu harus makan. Berusahalah menyenangkan hatinya dengan mengambil makanan. Jika tak menyukai masakan yang dihidangkan di meja makan, ambillah sedikit dan cobalah menelan. Jangan mencela apalagi membandingkan rasa makanan itu dengan hasil masakan ibumu di rumah, sebab bisa menyinggung perasaan.

5] Selalu Meminta Izin saat Ingin Memakai Peralatan

Meskipun saat kali pertama datang tuan rumah pernah mengatakan anggaplah sebagai rumahmu sendiri, bukan berarti kamu bebas melakukan hal dengan seenak hati, tetap sebagai tamu harus tahu diri. Walaupun kamu bertamu di rumah saudaramu sendiri meminta ijin itu perlu bila hendak memakai atau menggunakan peralatan yang ada di sana.

Misalnya saat hendak menyalakan televisi, menghidupkan kipas angin, atau menghidupkan mesin cuci atau yang lain. Jangan merasa benar dan bisa jika kamu  memang tak tahu apa-apa, dan satu lagi jika ada anak kecil atau orang yang sudah lanjut usia,, menghidupan televisi atau kipas angin sering membuat mereka tidak nyaman, dan memakai peralatan tanpa tahu apa-apa di samping rusak juga merugikan tuan rumah.

6] Isi bensin Jika Membawa Kendaraan

Bila suatu ketika hendak membawa kendaraan keluar rumah selalu isi bensinnya, jangan sampai pergi penuh pulang kosong. Jangan cuek dan tak peduli memakai tanpa mau mengisi bensin sesudahnya, itu tidak baik. Toh, bisa jadi keesokannya harinya kamu juga memakai kendaraan itu lagi. Jadi tidak ada salahnya kamu mengisi bensin. Jangan pelit hanya untuk isi bensin!

7] Membawa oleh-oleh

Jangan pergi bertamu di rumah orang dengan tangan kosong, meski sangat sederhana sekali yang kamu bawa setidaknya bawalah. Tak peduli seberapa besar dan jumlahnya, hadiah atau oleh-oleh yang dibawa, bagi tuan rumah itu sudah membahagiakan hati. Itu tandanya ia dihargai dan merasa diperhatikan. Dan jangan pelit bila di sana juga ada anak kecil. Memberi uang jajan atau uang saku saat pergi ke sekolah. Sekali waktu kamu juga boleh mentraktir mereka bila punya dana lebih di kantong.

Hijab

 

8] Jika Hendak Pulang Bicaralah Terlebih Dahulu

Bila kamu hendak merencanakan ingin pulang hal baik yang harus kamu lakukan adalah memberitahu sang tuan rumah. Jangan buat hati mereka kecewa dengan pulang mendadak. Bukan bermaksud hendak mengharap diberikan sesuatu untuk dibawa pulang, tapi dengan mengatakan terlebih dahulu siapa tahu mereka akan memberimu sesuatu. Jadi menyenangkan bukan?

9] Meminta Maaf dan Ucapkan Terima Kasih

Jangan lupakan ini yang satu ini! Saat kamu hendak melangkah pergi, mintalah maaf dan ucapkan terima kasih. Sebab kedatanganmu di sana setidaknya sedikit banyak telah merepotkan mereka dalam banyak hal, karenanya mengucapkan dua kata ajaib itu harus mau kamu lakukan. Memberi kesan kamu orang yang pantas dihormati sebab mampu menjaga sikap selama ada di sana. Agar hanya kenangan manis yang kamu tinggalkan dirindukan mereka.

Pokoknya kamu harus berusaha menjadi pribadi menyenangkan dan tahu batasan orang bertamu di rumah orang. Jangan menjadi orang egois dan acuh terhadap lingkungan sekitar. Biarpun masih terikat hubungan saudara tetap saja bersikap baik itu penting, apalagi bila bertamu di rumah teman. [Siti Royani]

Baca juga:

Memahami Traveler yang Menginspirasi Masyarakat

Nasib Pertanyaan Usil Bagi si Lajang

Membandingkan Gaya Hidup Syahrini, Anniesa Hasibuan, dan Bill Gates

Jangan Sampai Menyesal, Ini 5 Penyebab Sahabat Menjauh

Selfie Bersama Artis, Biar Pamer di Medsos?



Komentar Untuk artikel Ini (0)

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas