Foto Ilustrasi Flickr

Asmarainjogja.id-Liburan hal yang sangat dinantikan oleh setiap orang, tak terkecuali sahabat muda. Yang mana waktu liburan itu sudah dipersiapkan jauh-jauh hari sebelumnya.

Namun, tidak setiap orang bisa menikmati liburan di luar rumah. Dari faktor eksternal sampai faktor internal membuat liburan seseorang hanya bisa dilewati di rumah saja.

Liburan yang gagal karena faktor eksternal bisa jadi karena: cuaca buruk, perubahan jadwal agenda, batalnya liburan, ada yang tidak bisa ikut, dan berbagai faktor lainnya di luar kuasa kamu.

Dan gagal liburan faktor internal, karena sesuatu yang terjadi pada kamu sendiri, misalnya: mendadak sakit, tiba-tiba tidak mendapat izin orangtua, management keuangan liburan yang salah, mendadak berubah bad mood, dan lain sebagainya.

Nah, untuk tidak melewati hari libur  yang sia-sia berlalu begitu saja, banyak berbagai cara yang bisa dilakukan  saat liburan di rumah. Selain menyenangkan, juga bisa bermanfaat untuk orang lain.

Berikut cara mengisi liburan di rumah yang menyenangkan:

1. Mendekorasi Kamar

Mendekorasi kamar mungkin cukup asing bagi kamu yang tidak biasa melakukannya. Tapi bagi yang sudah biasa tentu saja ini suatu kegiatan yang dilakukannya berulang-ulang.

Kamar yang bersih, rapi, nyaman, dan mempunyai seni, tentu tidak akan dimiliki oleh orang-orang yang tidak mempunyai hobi dekorasi. Padahal, kalau kamu mempunyai seni bisa dituangkan untuk memperindah kamar kamu.

Waktu liburan di rumah, kamu bisa mendekorasi kamar sesuai selera. Bila kamu adalah seorang perempuan, kamu bisa menghiasi dinding-dinding kamar dengan motif bunga atau boneka. Dan temukan ide-ide cemerlang lainnya untuk mendekorasi kamar kamu sendiri.

Bentuklah kamar kamu yang indah dan nyaman, jadikan istana yang membuat kamu betah untuk selalu berada di kamar.

2. Menanam Bunga atau Pohon

Liburan menanam bunga atau pohon itu sungguh menyenangkan. Selain memperindah rumah, kamu juga turut menjadi penduduk bumi yang menjaga kesehatan dan kelestarian alam.

Kalau kamu cewek sepatutnya suka dengan bunga, dan menjadikan kegiatan menanam bunga setiap minggunya. Bukankah bunga itu lambang dari seorang wanita? Apa jadinya kalau cewek tidak suka bunga?

Perlu diketahui pula, kegiatan ini bukan hanya untuk kaum cewek saja, bagi kamu yang cowok juga baik dalam kegiatan menanam bunga.

Lalu bagaimana jika suka bunga, tapi tidak suka menanamnya. Kalau tidak suka, mulailah menyukainya, cobalah tanam bunga kesukaanmu kamu, dan rawatlah selalu, sampai kuntum-kuntum bunganya mulai merekah.

Jika masanya sudah berbunga, kamu akan sangat senang, juga ada kepuasan tersendiri, karena sudah menumbuhkan tumbuhan yang begitu indah.

Selain menanam bunga di pekarangan rumah, kamu juga bisa menanam pohon. Pohon itu sangat berguna untuk mencegah polusi udara. Apalagi rumah kamu di kota, polusi udara yang kotor mengganggu kesehatan dan ketidaknyamanan alam sekitar.

Kesempatan liburan di rumah, ini bisa kamu habiskan dengan menanam bunga atau pohon. Jika kamu mulai saat ini, maka kamu sudah tercatat menjadi penduduk bumi yang menjaga dan melestarikan keberlangsungan makhluk hidup.

3. Memasak

Memasak adalah kebiasaan yang memang patut bisa dilakukan. Tidak selamanya kamu harus mengandalkan orangtua untuk menyajikan setiap makanan di depan kamu.

Kalau kamu tidak tinggal dengan orangtua, misalnya indekos, memasak berarti suatu kewajiban yang tidak bisa ditawar-tawar lagi. Sebab, makan di luar itu cukup boros, dan itu mengurangi uang saku setiap harinya.

Pada saat liburan adalah waku yang tepat bagi kamu untuk belajar memasak atau mencoba resep baru. Memasak sangat berkaitan dengan bangsa cewek, kalau kamu cewek tidak bisa memasak, maka siap-siaplah suatu hari nanti diejek suami kamu.

Cowok juga tidak ada salahnya belajar memasak, karena ada pada masanya kamu harus terampil memasak menggantikan istri di dapur.

4. Menyalurkan Hobi atau Bakat

Kebiasaan ini dimiliki oleh orang-orang yang memang kesehariannya tidak terlepas dari hobinya, misalnya: membaca, menulis, menggambar, melukis, menjahit, dan lain-lain.

Pada saat liburan sekarang, kamu bisa lebih menggali lagi potensi yang ada. Kamu tidak akan pernah tahu suatu hari nanti berprofesi sebagai apa? Jika sekarang sudah mempunyai bakat, bisa jadi itulah profesi kamu di masa depan.

Jika teman-teman kamu melakukan liburan di luar, kamu bisa menghasilkan sebuah karya di rumah. Dan itu pada waktu  liburan di rumah, bukankah itu hebat, sahabat muda?

5. Camping di Rumah

Bagi yang hobi berpetualang, atau kegiatan out door lainnya, kegiatan ini sudah menyatu pada dirinya. Memang alam selalu mengundang manusia untuk memeluknya, keindahannya menghipnotis bagi siapa saja yang mulai mendekatinya.

Dan saat teman-teman kamu mengisi liburannya di alam bebas, sementara kamu tidak bisa ikut, kamu bisa camping di halaman rumah atau di belakang rumah.

Apalagi di rumah kamu itu banyak pepohonannya, itu akan menambah keseruan lagi saat camping di rumah. Kamu bisa melakukan kegiatan ini dengan cara mengajak  teman-teman kamu, atau juga melakukannya dengan anggota keluarga saja.

Mengitari api unggun dan memanggang daging kesukaan kamu saat bulan cerah bertabur bintang, lalu tidur pulas di tenda. Bukankah nuansanya tidak jauh berbeda dengan teman-teman kamu yang di luar sana?

6. Berfilsafat di Kamar

Yang satu ini cukup unik, dan juga sangat asing tentunya bagi teman-teman yang tidak biasa dengan dunia filsafat. Namun begitu, bukan berarti kamu tidak bisa mencobanya, karena ilmu filsafat ini sangat penting saat kamu sudah mulai matang dalam kehidupan.

Menjadi seorang filsuf ini sangat langka, terutama di Indonesia sendiri. Orang awam mengatakan berfilsafat itu hanya-orang yang mempunyai kecerdasan di luar batas manusia umumya, nalar yang kuat, juga imajinasi tingkat tinggi.

Memang ada benarnya, tapi  bukan berarti kamu tidak bisa berfilsafat dan menuangkan buah hasil pemikiran kamu sendiri. Setiap orang bisa berfilsafat dan menuangkannya dalam bentuk tulisan.

Kita tidak tahu suatu hari nanti, jika kita mempunyai konsep sekarang, di kemudian hari konsep yang kita tulis bisa berguna untuk masyarakat, negara, bahkan juga agama.

Nah, saat liburan ini kamu bisa mencari gagasan-gagasan yang baru di kamar, guna untuk kepentingan orang banyak, dan yang pastinya untuk kamu sendiri.

7. Bersama Orangtua dan Keluarga

Jika kamu adalah orang yang super sibuk, enam hari dihabiskan dengan aktivitas tanpa  jeda. Pada saat kamu libur ini adalah waktu yang sangat tepat untuk berkumpul dengan keluarga.

Sekalipun kamu adalah orang yang sukses  dalam karir, atau juga betapa kaya rayanya harta kamu dalam bisnis, namun jika tidak dekat dengan orangtua itu akan terasa hambar dalam hidup.

Harus diingat, kamu sukses dalam karir dan bisnis, itu tidak terlepas dari doa-doa dan dukungan orangtua dan keluarga. Kamu tidak boleh melupakan itu! Walaupun tidak terlibat secara langsung dalam  aktivitas kamu dalam keseharian.

Nah, saat liburan ini kamu bisa menghabiskan waktu liburan bersama mereka. Terutama orangtua kita yang sudah mulai menua, beliau tentunya sangat merindukan untuk kumpul keluarga seperti saat kamu masih kecil.

Tak ada kebahagiaan yang bisa mengalahkan kebahagiaan bersama orangtua dan keluarga, sekalipun  kaki kamu sejauh melangkah ke sudut dunia sekalipun. Jadi, gunakanlah liburan hari ini bersama mereka.

Penulis: Asmara Dewo

loading...




Komentar Untuk artikel Ini (0)

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas