Ilustrasi memakai hijab yang tepat | Foto Travela Hijab

Asmarainjogja.id – Menutup aurat bagi muslimah adalah kewajiban yang harus diatati tanpa alasan apapun. Membuat wanita terlindungi kehormatannya juga menjadikanya pribadi anggun dan memesona bagi pemakainya. Namun alam Indonesia yang tropis seringkali menimbulkan permasalahan tersendiri, belum lagi padatnya aktivitas yang dikerjakan oleh perempuan berkerja atau melakukan kegiatan di luar ruangan. Sedikit banyak tentu berpengauruh pada soal kenyamanan, meskipun mereka tak pernah mengungkapakan ini secara nyata.

Termasuk bisa jadi kamu mungkin salah satunya? Menggunakan hijab tak harus mengurangi kebebasan dan kenyamananmu bergerak bukan? Berikut ini adalah hal yang harus diperhatikan, agar merasa nyaman mengenakan hijab dalam menjalani hari meski kepalamu tertutup rapat.

1] Pemilihan Bahan yang Tepat

Ini faktor utama yang kali pertama harus kamu perhitungkan, kain yang tidak menyerap keringat, terkesan gerah dan cenderung membatasi ruang gerakmu yang berjiwa muda, setidaknya jangan pernah kamu sentuh dan lirik. Kain yang terbuat dari katun, terkesan ringan dan simpel sangat cocok untuk kamu pilih.


Hijab

 

2] Memilih Warna yang  Aman

Kamu harus tahu bahwa tak semua warna aman buat tubuhmu, pada jenis-jenis tertentu ada kecenderungan warna justru menyerap panas dan sinar matahari bila dipakai siang hari saat kamu berada di luar ruangan. Warna hitam misalnya sangat tak sesuai dikenakan pada siang hari.  Atau warna putih putih, sebab keduanya sama-sama membuat kepala terasa berat atas pantulan cahaya yang datang pada sisi hijab yang dikenakan.

Alangkah bagus jika mengambil warna alam yang terkesan nyaman seperti : biru laut atau toscha, hijau lumut, coklat tanah atau merah maroon kalem. Di samping bersifat natural juga netral dan dapat kamu kombinasikan dengan atasan dan terusan baju dengan warna senada.

3] Pehatikan Tipe Wajah

Wajah wanita berbeda karakter, ada yang lebar, tirus, persegi, oval, hinggga lonjong, dan semua itu pasti mengikuti dengan bentuk kepala manusia. Pilih hijab yang benar-benar sesuai benar dengan tipe wajah, jangan terlalu lebar juga tidak sempit.

4] Sesuaikan Dengan Warna Kulit

Tentu sama seperti saat memilih fashion lain di tubuh, warna kulit juga menjadi salah satu pemicu seseorang apakah pantas atau tidak menggenakan sesuatu. Karena warna kulit manusia itu berbeda, maka kamu harus berhati-hati dalam memilih warna hijabmu.

4] Postur Tubuh

Sama seperti tipe wajah dan warna kulit, postur tubuh wanita juga berbeda-beda, ada yang gemuk, langsing, pendek, tinggi, lebar atau kombinasi. Penting dan wajib harus kamu perhatikan, sehingga kamu dapat menyesuaikan dengan potongan bahan hijab yang hendak kamu kenakan. Jangan sampai hijbamu tidak sesuai dengan anatomi tubuhmu.

5] Tipe Bentuk Wajah

Harus juga kamu ketahui wajah itu juga berbeda, seperti : bentuk bulat, lonjong. Jadi menyesuaikan bentuk hijab juga penting. Jangan kesempitan dan melebar tak tentu arah, semua diperhatikan.

6] Acara yang Diadakan

Tentang acara ataukah suasana saat kamu mengenakan hijab juga berpengaruh. Misal apakah acara resmi atau tidak, dengan memerhatikan penampilan saat acara diadakan tentu kamu akan terlihat labih nyaman bukan?

7] Tempat

Hijab untuk dikenakan dalam ruang  dengan yang dipakai di luar ruangan tentu berbeda terutama soal desain. Ada pada pemilihan bahan, jenis dan kenyamanan saat dipakai, dan kamu dapat memilihnya sesuai kebutuhan.

8] Waktu Menggenakan

Waktu ada pagi, siang, sore dan malam, penggunaaan hijabpun sama. Idealnya harus fleksibel artinya dapat menyesuaikan waktu saat dikenakan. Saat mana kamu merasa benar-benar merasa nyaman dan jadi diri sendiri.

9] Status dan Profesi Pekerjaan

Ada pada saat sekarang ini, apaka kamu berstatus sebagai apakah pelajar, mahasiswa atau berkerja. Hijab yang hendak kamu pakai setidaknya mewakili pribadimu, jangan sembarangan. Sebab citra kepribadianmu akan jadi taruhan.

10] Model

Model yang nyaman dikenakan dengan memerhatikan aspek kepantasan sesuai keadaan dan sebaganinya. Cari yang paling merasa kamu benar-benar cocok dan punya nilai lebih di mata orang yang melihatmu. Jangan tergiur dengan mode di mana kamu belum tentu merasa nyaman saat mengenakannya.

11] Harga

Meski model bagus , dan kamu sangat tertarik untuk membelinya, tapi dalam hidup kebutuhanmu bukan semata soal mengikuti trend fashoin hijab yang berlangsung bukan? Bila merasa sudah banyak di almari kenapa harus membeli lagi, asal kreatif hijab-hijab itu masih layak digunakan.

Meski pada dasarnya hakikat sebuah hijab adalah menetapi kewajiban, namun tidak menutup kemungkinan pula bahwa, dengan berhijab pun juga harus menimbulkan rasa aman serta nyaman bagi si pemakai, dan tidak ribet saat dipakai.

Hijab

 

Di dunia fashion hijab, kita mengenal ragam model dengan beragam tipe bahan. Seyogyanya kamu dapat memilah-milah bahan yang pantas dan cocok dikenakan dengan yang tidak. Bahan yang terbuat dari katun ringan dan menyerap keringat serta tidak menimbulkan bau, bagus jadi alternatif pilihanmu.

Dan dengan jenis pakaian yang terbagi menjadi dua bagian yaitu bagian atas untuk blouse atau kemeja, dan bagian bawah untuk rok, kulot atau celana. Sedapat mungkin pilih ukuran longgar tapi tidak melebar namun juga tidak ketat, dengan menunjukkan lekuk tubuh kamu. Kamu bisa memadu-madankan dengan warna-warna yang sesuai dengan karakter dan pribadimu, dengan tidak mengenyampingkan aturan syar’i.

Nah, kamu sudah berani untuk tampil beda dengan fashion hijab yang kamu pakai nanti? [Siti Royani]

Baca juga:

10 Tips Praktis Tetap Wangi dan Segar Meski Berpenampilan Sederhana 

Biar Penampilan Cantik, Empat Jenis Eyeliner Ini Bagus dan Murah

Mengaplikasikan Liquid Liner Spesial bagi Pemula

Tiga Buah Ini Bisa Mencerahkan Kulit Sekitar Siku dan Lutut Secara Alami 

Cara Memanjangkan Bulu Mata Secara Alami 

Cara Mudah Membersihkan Dapur dalam Waktu Singkat



Komentar Untuk artikel Ini (0)

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas