Ilustrasi programmer | Shutterstock

Asmarainjogja.id – Banyak orang berpendapat hidup di kampung tak menjanjikan apa-apa untuk masa depan yang baik, apalagi bila letaknya sangat pedalaman sekali, di mana jalur transportrasi sulit dijangkau. Jika kamu adalah orang yang salah satunya berpendapat demikian, itu tidak benar. Sebab ide bisnis dan profesi pekerjaan berikut faktanya dapat kamu tekuni selama ada niat untuk mengubah nasib, tak ada yang tak mungkin di dunia ini.

Yuk, simak ide bisnis cerdas ini yang bisa kamu garap di kampung:

1] Menekuni Bisnis Online

Jika masih bisa terjangkau dengan jaringan iternet, menekuni bisnis online jawabannya. Ada banyak yang bisa kamu tekuni dari ide satu ini, misalnya: reseller, droshipper, atau affiliasi marketing. Kamu bisa menjadikannya sebagai kerja sampingaan sembari melakoni pekerjaan utama di kampung. Bisa dikerjakan selepas pulang dari sawah atau kebun mengurus tanaman dan hewan peliharaan. Jika kamu tekun bukan tidak mungkin bisa berkembang dua-duanya. Hanya bermodal gadged dan jaringan internet saja.

2] Menjadi Penulis dan Blogger

Jangan anggap ramah profesi pekerjaan satu ini, meski kelihatannya seperti pengangguran, tapi tahukah kamu di era generasi milenial seperti sekarang ini, prospek pekerjaan tersebut sangat bagus dan cukup menjanjikan masa depan cerah. Perkembangan media on line sangat pesat sekali, belum lagi gaya marketing baru untuk perusahaan-perusahaan besar yang menyewa jasa penulis mempromosikan produknya.

Dengan bayaran fantastis pula untuk seseorang penulis biografi sang publik figur atau dikenal sebagai ghostwritter, adalah peluang-peluang bagus yang sangat sayang sekali bila kamu lewatkan. Menjadi penulis media, penyewa jasa menulis konten, blogger, penulis buku atau novel, semua itu dapat kamu tekuni. Asal pandai merangkai kata, punya perangkat gadged di rumah dan jaringan internet lancar, profesi menulis bisa dikerjakan di kampung.


Hijab

 

3] Menekuni Bidang Pemrograman

Di masa yang akan datang bidang pekerjaan ini sangat menggiurkan dan banyak dicari dan dibutuhkan orang, apalagi perusahaan-perusahaan besar saling berlomba mencari tenaga ahli bidang IT ini dengan bayaran besar. Jika kamu merasa bisa menguasai bisang satu itu, kamu bisa mencobanya di kampung selama terkoneksi dengan interet guna membangun klien jarak jauh.

4] Warung Sembako

Kalau ide bisnis satu ini jangan kamu tanyakan lagi prospeknya ke depan, meski keuntungan relatif kecil, akan tetapi bila dikalikan jumlahnya banyak. Termasuk kebutuhan primer manusia, jadi   dijamin laku dan dicari orang setiap hari.

5] Bisnis Camilan Dan Kue Kering

Yang ini khusus untukmu yang suka dan hobi memasak kue. Biasanya, sih, perempuan, tapi tak menutup kemungkinan kamu yang laki-laki juga dapat mengerjakannya. Jangan pandang sebelah mata tentang bisnis ini, meski kamu hidup di kampung dengan segala keterbatasan yang ada, bukan berarti kamu harus menyerah dan putus asa.

Jika kamu merasa kampungmu sangat sulit diakses dari luar masalah transportrasi, kamu bisa memasarkan lewat jaringan internet bukan? Atau juga dapat menitipkan di warung dan toko yang tak jauh dari tempat tinggalmu, pada pedagang sayur keliling, kantin di sekolah, dan di pasar.

6] Bisnis Konveksi

Bidang bisnis satu ini tak terpengaruh di mana kamu tinggal dan apakah terakses jaringan intenet atau trasportrasi, ia akan tetap bisa berjalan lancar selama kamu berusaha menekuni. Jika hasil karyamu bagus, orang pun akan datang melirik dan membeli barangmu, tak masalah berada di mana usaha berdiri. Jenis-jenis produk ini sangat beragam, misalnya: konveski baju muslim, celana, jas, hijab, tas, dompet, sepatu hingga assesories lain. Pemasaran bisa lewat offline maupun online.

7] Berternak hewan

Menjadi peternak kambing, sapi, ayam, bebek, menthok, angsa, ikan lele atau hewan ternak lain, adalah bisnis yang bisa kamu jalankan selama kamu hidup dan bertempat tinggal di kampung. Tak perlu cemas dengan cara pemasarannya. Bukankah sekarang sudah bisa melalui internet. Hasil dari peternakanmu tak harus kamu pasarkan lewat offline saja, tapi melalui online juga sangat bagus. Kamu tinggal mengunggah hewan-hewan ternakmu dan pasang harga di sana, dan tunggu orang-orang yang membutuhkan, pasti akan datang ke rumahmu untuk membeli.

8] Budi Daya Tanaman

Budi daya tanaman ini tak hanya meliputi jenis tanaman hias saja, jenis tanaman sayuran juga termasuk seperti: lombok, tomat, cabai, terong dan lain-lain juga bisa. Jika kamu tergolong orang yang telaten dan sabar, mengerjakan ide bisnis ini sangat cocok. Sama seperti usaha konveksi, berternak, hasil dari usaha ini pun bisa dipasarkan melalui jaringan intenet.

Hijab

 

Setelah kamu baca semua ide bisnis dan pekerjaan di atas, bagaimana sekarang pendapatmu? Masihkah kamu memberi alasan bahwa tinggal dan hidup di kampung itu selalu identik dengan kemiskinan dan tak bisa mengembangkan potensi diri. Hanya si pemalaslah yang memberi alasan,   sebab tidak mau berkerja!

Hidup di kota memang jalan keluar terbaik untuk mengembangkan potensi diri, tapi hidup di kampung juga tak kalah indah, jika punya bekal pengetahuan dan keterampilan seperti yang sudah dijelaskan di atas, tak ada salahnya dicoba. Jangan membandingkan dengan orang yang bermukim di sana, sebab faktanya bila tak bisa menundukkan kejam dan sadisnya sebuah persaingan, memilih hidup di kampung untuk menekuni bisnis tentu lebih baik. Jadi Semangatlah! [Siti Royani]

Baca juga:

Untuk Mahasiswa dan Pelajar, 10 Ide Bisnis Ini Tidak Mengganggu Belajar Kamu

Raksasa Tumbang, Pemain Cilik Mulai Terbang

Trik Ilmu Marketing Diskon Gila-gilaan

Diskon Besar-besaran Apa Tidak Rugi?

Ini Alasannya Menjadi Marketer Solusi Bagi Pengangguran



Komentar Untuk artikel Ini (0)

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas