Ilsutrasi karyawan baru | Foto Shutterstock

Asmarainjogja.id – Apakah kamu saat ini sedang berkerja di tempat, di mana masih berstatus sebagai karyawan baru, Nah,   bagaimana rasanya? Pasti punya kecanggungan tersendiri, ya? Secara   belum terbiasa. Tapi sebagai orang baru, sebaiknya tahu diri dan tidak melakukan hal-hal berikut ini.

Sebagai seoarang karyawan baru, tentu reputasimu tengah dipertaruhkan, akankah bisa terus diterima untuk tetap berkerja lagi ataukah tidak. Tidak saja bagaimana menjaga hubunganmu dengan bos, tapi juga keharmonisan dengan sesama rekan kerja, semua perlu kamu perhatikan bila ingin merasa tenang dan nyaman di suasana baru tersebut.

1] Cuek

Sebagai seorang karyawan baru, alangkah baiknya jika sifat cuek dan tidak perduli dengan lingkungan di sekitar ini tidak kamu pelihara. Bila ingin cepat mendapatkan teman, jagalah sikap. Jangan arogan dan sombong hingga menyebabkan orang malas mengenal dirimu.

2] Tidak Ramah

Tidak ramah itu sangat tidak memberimu kebaikan, sebab setiap kali orang akan sebal, melihatmu dengan tampang galak dan dingin. Berlakulah lembut dan sopan serta perlihatkan wajah ramah dengan selalu menunjukkan senyum. Di tempat kerja baru itu penuh dengan tantangan, tak selalu dapat menerima kehadiran orang baru sebab akan dianggap sebagai saingan, jadi berhati-hatilah.

Hijab

 

3] Pelit

Sifat yang paling tidak disukai oleh semua orang, menjadi orang serakah tanpa memedulikan perasaan orang lain di sekitar. Mencerminkan orang yang benar-benar tak punya perasaan. Misalnya, kamu membawa makanan di tempat kerja, sanggup menelan jika teman-temanmu memandangi dengan ekspresi ingin sekali meminta tetapi segan. Hal lain bisa terjadi ketika salah satu dari teman kamu meminjam barang, dan kamu tidak mengijinkannya.

4] Suka Meminjam Barang

Sikap ini juga menyebalkan, bila kamu meminjam hanya sekali dua kali tak mengapa. Namun apa jadinya bila setiap hari kamu meminjam, padahal alat itu sama pentingnya sebagai penunjang kerjamu dan juga temanmu. Bagaimana perasaan dia? Jangan jadi orang yang tak tahu malu, modal kerja tidak punya, bisanya mengandalkan pinjaman orang lain.

5] Bermental Gratisan

Tidak pantas dan sangat memalukan sekali. Jangan jadi orang yang bermental orang tak punya, sebab kamu bukan fakir miskin terlantar yang dipelihara negara. Jangan jadi orang nekad, selalu ingin mengharap mendapat perlakuan lebih dari orang lain. Untuk menambah rekatnya sebuah pertemanan tidak ada salahnya sekali-kali kamu mengeluarkan modal, bukannya selalu minta diberi gratisan.

6] Tidak Tepat Waktu

Datang atang terlambat, di tempat kerja selalu santai, dan tidak disiplin. Ritme kerja yang sangat buruk sekali. Di samping akan segera dipecat, predikat sebagai orang tak tahu diri dan tak tahu malu juga akan kamu dapatkan. Bagaimana kamu merasa nyaman dengan mempertahankan sifat buruk ini?

7] Malu Bertanya dan Sok Tahu

Jika merasa mendapat tugas yang sama sekali belum paham dan jelas, kamu berusaha mengerjakannya sendiri, tidak mau bertanya ulang pada atasan perihal tugas yang dimaksud, atau bertanya pada teman yang lebih berpengalaman. Asal dikerjakan sehingga menyebabkan berantakan. Perusahaan tidak hanya merugi dan kamu juga akan mendapat predikat buruk di mata bos dan teman.

8] Mudah Mengeluh

Kamu baru saja diberikan sebuah tugas baru, tapi belum mengetahui cara kerjanya dan kamu sudah terlebih dahulu mengeluh. Bukannya kamu antusias menerima tanggungjawab itu dengan berusaha menyelesaikan, tapi yang terjadi kamu malah terus-terusan menggerutu pada teman barumu hingga terdengar atasan. Apa itu baik? Tentu tidak!

9] Malas Belajar

Terkait nomer 8 kamu menjadi orang pemalas dan tidak belajar dengan hal-hal baru, seperti melakukan inovasi di tempat kerja. Kamu hanya sanggup stuck di satu sisi, sementara yang lain dan notabene pegawai lama sangat bersemangat mempelajari. Tidak peduli seberapa sulit dan berat tugas yang dibebankan pada mereka, dengan penuh rasa tanggungjawab berusaha menyelesaikannya.

10] Suka Bergosip

Dan terakhir adalah suka bergosip, entah siapa yang kamu gosipkan. Bisa jadi bos atau teman kerja sendiri. Gosip itu sangat tidak enak dan semua orang membencinya. Jangan jadi orang egois, dengan semau mulut terbuka menyebar fitnah. Bila tak ingin mendapat masalah apapun dalam hidup, maka jagalah sikap dan tiadakan ucapan buruk. Pepatah mengatakan, mulutmu harimaumu, jadi jaga itu   bila tak mau celaka.

Hal-hal di atas adalah siftat-sifat yang seharusnya tidak perlu ada pada dirimu. Kamu bukan anak kecil lagi yang berharap semua orang dapat memaklumi dan memahami sifat burukmu. Ingatlah mencari pekerjaan pada jaman sekarang ini sangat sulit. Sementara kamu sudah bagus dengan mendapatkan posisi nyaman di sana, tapi kurang bersyukur.

Memang tiada yang mudah di dunia ini, bila kamu tak mau diperlakukan sebagai orang biasa dan pegawai, berpikirlah cerdas untuk mencari jalan keluar terbaik. Jangan terus-terusan merendahkan harga dirimu di mata orang. Hargailah dirimu, sebab jika bukan kamu siapa lagi yang akan melakukan?


Hijab

 

Jadi bagaimana dengan pendapatmu? Semua pilihan tentu ada di tangan. Sekadar saran, jika pekerjaan saat ini hanya batu loncatan saja, berusahalah menerima dan pikirkan masak-masak. Jika sampai dikeluarkan dari tempat kerja, bukankah kamu akan merugi?

Tidak berkerja dan mendapat label buruk sebagai pengangguran di tengah-tengah masyarakat. Di samping itu kebutuhan pribadimu, akankah selalu meminta pada kedua orangtua? Sementara telah banyak yang sudah diperjuangkan untukmu selama masih menuntut ilmu dulu. [Siti Royani]

Baca juga:

9 Hal yang Perlu Diperhatikan Agar Nyaman Berhijab

Untuk Kamu yang Terpaksa Bekerja, Ingat 8 Hal Penting Ini!

Si Penantang Sejati

Perjuangan Gadis Traveler Menjadi Mahasiswi Magister UGM

Merekalah Orang yang Paling Ikhlas Menyayangimu

Masih Anak-anak Bekerja Pakai Otot, Sudah Dewasa Pakai Otak

Hamba yang Memikirkan Surganya Saja

Maaf, Mak, Lebaran Ini Aku Tak Pulang

 



Komentar Untuk artikel Ini (0)

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas