Benteng Vredeburg | Foto Viva.co.id

Asmarainjogja. Id – Museum adalah sebuah bangunan bersejarah tempo dulu, di mana di dalamnya terdapat benda-benda peninggalan. Salah satu destinasi wisata yang sangat menarik dan patut kamu kunjungi. Bukan hanya tentang ingatan yang akan membawamu kembali menyusuri kenangan indah saat itu, akan tetapi wawasan dan pengetahuan juga akan semakin bertambah luas.

Di kota Yogyakarta, misalnya terkenal dengan berbagi jenis museum menarik dan pantas kamu jadikan sebagai alternatif destinasi wisatamu.

1] Museum Vredeburg

Museum ini dibangun oleh Sri Sultan Hamengku Buwono 1 pada tahun 1760, atas permintaan Nicolas Harting pada jaman Belanda, oleh sebab itu gaya arsitek bangunannya mengadopsi dari negara tersebut. Destinasi tersebut bernilai sejarah pada jaman Belanda dan Jepang. Beralamat di Jalan Ahmad Yani nomer 6 tepat di depan gedung Agung, di sekitar Titik 0 Yogyakarta.

2] Museum Affandi

Bangunan kuno dulunya rumah tingggal sang maestro lukis terkenal Idonesia, setelah wafat oleh pemerintah setempat dialihfungsikan sebagai salah satu tempat bersejarah yang dilindungi, dan telah dibuka untuk umum. Berkunjung  ke sana kamu akan mendapati sejumlah lukisan hasil karyanya semasa masih hidup. Museum ini terletak di Jalan Laksda Adi Sutjipto 167 Yogyakarta.


Hijab

 

3] Museum Batik

Beralamat di Jalan Dr. Sutomo nomer 13 Bausasran, Danurejo, DIY 55211. Merupakan museum yang kali pertama didirikan di atas lahan seluas 400 m2, dengan prakarsa pemiliknya yang bernama Hadi Nugroho bersama sang istri Dewi, sekaligus dijadikan tempat kediamannya. Pada 12 MEI 1977 diresmikan oleh kanwil Daerah Istimewa Yogyakarta. Dalam museum tersebut terdapat: 500 lembar kain batik tulis, 560 kain batik cap, 35 wajan, 124 cantik, dan bahan pewarna.

Koleksinya terdiri dari: kain batik Yogyakarta, Solo, Pekalongan, dan lain-lain. Motif juga beragam, seperti: motif pesisir pinggiran, terang bulan, esuk sore. Pada tahun 2000 pernah mendapat rekor MURI atas ‘’Sulaman Terpanjang’’ berukuran 90 x 400 cm2, dan pada tahun 2001 juga kembali mendapat penghargaan lagi, sebagai pemrakarsa berdirinya museum batik untuk kali pertama di Indonesia.

4] Museum Monumen Jogja Kembali (Monjali)

Ada di Jalan Lingkar   (Ringroad) Utara, Kelurahan Sariharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman. Museum  ini berbentuk monumen yang menyerupai gunung atau piramid bernilai sejarah perjuangan negara Republik Indonesia. Monjali terdiri dari 3 lantai dan dilengkapi dengan perpustakaan serta ruang serba guna.

Di pintu masuk terdapat 422 nama pahlawan yang gugur saat membela negara. Di sana juga tersusun benda-benda bersejarah pada tahun 1945–1949. Ada juga tandu dan dokar yang semasa perjuangan Panglima Jendral Besar Sudirman digunakan. Menariknya dari museum tersebut, setiap acara tahun baru Imlek, taman di area itu disulap menjadi taman lampion yang sangat indah.

5] Museum Wayang Pekayon

Berlamat di Jalan Raya Yogyakarta-Wonosari KM 7 nomer 277 Bantul. Menilik dari namanya museum ini memang tempat diletakkannya aneka wayang, sama seperti museum yang berada di Jakarta, di sini juga mempunyai jenis wayang. Dan di antaranya adalah: wayang Purwa, wayang Madya yang menceritakan tentang era pasca pertempuran Baratayudha, wayang klithik mengisahkan Damar Wulan dan Minak Jinggo, wayang gedhog bertutur kisah Candrakirana, dan wayang-wayang lain.

6] Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala

Bermarkas di kompleks pangkalan udara Adi Suctjipto Yogyakarta . Di museum tersebut menyimpan sejumlah foto tokoh-tokoh tempo dulu serta diorama peristiwa sejarah. Terdapat beberapa pesawat tempur pada jaman Perang Dunia 2 seperti: pesawat PB X-5 [Catalina], Replika Pesawat WEL-1 RI-X. Pesawat A6 M5 Zero Zen buatan Jepang, pesawat pembom B 25 Mitchell, B 26 Invander dan helikopter 360 buatan Amerika Serikat.

7] Museum 3D [ De Mata Trick Eye Museum]

Ada di Jalan Veteran, Pandean Umbulharjo di area Basement Gedung Umar Kayam, XT Square. Meninjau dari namanya memang di sini tempatnya sangat menarik dengan pemandangan 3D yang menggoda mata, yaitu pemandangan yang seolah menipu. Di sana terdapat lukisan bermacam-macam antara lain: lukisan dari alam, tokoh wayang, superhero dan sebagainya. Fasilitas juga lengkap ada: ruang ac, radio, mall, kafe, toko souvenir, toilet dan lapangan parkir luas.

8] Museum Merapi

Berlokasi di daerah perbukitan yang dikelilingi ngarai yang merupakan tempat aliran pembelokan  lava, sehingga aman dan tepat terletak di Jalan Kaliurang KM 22 Banteng, Hargobinangun, Pake, Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta 55582.

Museum tersebut tertata sangat rapi dan bersih, dengan berbagai ruangan antara lain: ruang simulasi gempa, ruang konferensi, ruang dokumentasi, ruang audio visual [mini teater], kafe atau mini restoran, ruang penelitian dan pengamatan Gunung Merapi khusus peneliti, ruang pengamatan untuk pengunjung, open teater, musholla, toilet dan sebagainya.

Berkunjung ke sana kamu akan disuguhi pemandangan yang sangat menarik, tentang segala sesuatu yang berhubungan tentang gunung Merapi, seperti: volcano teater, bisa menonton film yang mengisahkan Gunung Merapi dan aktifitasnya vulkaniknya serta peristiwa erupsi yang menghancurkan area sekitar lereng.   

Hijab

 

Itu tadi beberapa tempat museum di Yogyakarta sebagai destinasi wisata yang sangat menarik untuk kamu kunjungi. Sebenarnya masih banyak lagi tempat-tempat lain yang juga tak kalah bagus. Tapi di sini hanya diuraikan dari yang paling sering dikunjungi dan dibicarakan oleh traveler. Nah, kalau berkunjung ke Yogyakarta, jangan lupa mampir ke sana, ya?! [Siti Royani]

Baca juga:

Buah yang Dilarang dan Dianjurkan dalam Perjalanan

7 Tips Berwisata Aman Meski Sedang Musim Hujan

9 Alternatif Wisata Ini Menarik Dikunjungi di Musim Hujan

Pantai Banyu Tibo, Sensai Air Terjun dan Serunya Berenang Dihantam Ombak

Petualangan Kami di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru



Komentar Untuk artikel Ini (0)

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas