Ilustrasi mendaki gunung | Foto Getty Image

Asmarainjogja.id – Setiap manusia dilahirkan dengan keunikan masing-masing. Setiap orang pastilah berbeda dengan yang lain. Termasuk juga dengan hobi yang disenangi. Hobi itu sendiri tidak lepas dari faktor lingkungan, yang terus menuntut mereka apa yang ada pada lingkungannya.

Selain itu hobi seseorang juga dipengaruhi oleh faktor internal atau disebut juga faktor yang timbul dari dalam diri seseorang. Hobi yang sekarang lagi ngetren adalah hobi mendaki gunung. Banyak sekali kita lihat sekarang bermunculannya penggiat alam.

Mulai dari kalangan anak sekolahan, mahasiswa, bahkan orang yang sudah tua, masih menyukai hobi yang satu ini. Mendaki gunung adalah termasuk olahraga untuk melatih fisik. Tidak heran orang yang menyukai hobi ini memiliki fisik yang cukup kuat dan tangguh.

Coba tanyakan pada mereka yang hobi sekali mendaki gunung atau yang pernah mendaki gunung! Pasti jawaban mereka sama. Ada kebahagiaan tersendiri saat melakukan perjalanan yang cukup menantang. Rasa ingin kembali lagi dan terus ingin mengulang lagi, meski masih tetap mendaki tujuan yang sama. Tidak ada pernah ada rasa bosan bagi mereka yang paham betul apa yang sebenarnya hakikat mendaki gunung.

Berikut ini adalah 5 pelajaran paling berharga saat kamu mendaki gunung:

1. Timbulnya rasa solidaritas

Saat mendaki gunung, tentunya tidak hanya berjalan mulus saja. Pasti ada saja rintangan dan hambatan yang terjadi saat perjalanan. Mulai dari cuaca buruk, kehabisan bekal, atau ada salah satu dari teman yang mengalami cidera ringan atau berat.

Biasanya rasa kemanusian akan timbul sendiri akan memupuk menjadi rasa solidaritas. Memang tidak semua orang akan bisa merasakan rasa solidaritas. Maka saat mendaki gunung kamu akan paham apa itu solidaritas dan arti saling tolong menolong.

2. Menilai karakter seseorang

Kamu pasti sering mendengar pernyataan seperti ini: “jika kamu ingin tahu bagaimana karakter sahabatmu, ajaklah mendaki gunung!”. Memang benar jika kamu ingin mengetahui bagaimana sifat asli seseorang maka ajaklah mendaki gunung.

Biasanya sifat asli seseorang akan muncul saat situasi terburuk. Maka kamu akan bisa menilai teman-temanmu. Mana yang benar-benar teman dan mana yang hanya teman palsu.

3. Melatih ketahanan fisik dan mental

Saat mendaki gunung tentunya, menguras tenaga dan kekuatan fisik. Perjalanan yang memakan waktu berjam-jam, bahkan ada yang selama berhari-hari untuk melakukan pendakian. Tak jarang dengan orang yang hobi mendaki gunung memiliki ketahan fisik yang bagus dan mampu bertahan cukup lama.

Mendaki gunung juga memicu adrenalin. Hal-hal yang cukup berbahaya tentu dilewati. Karena itulah mental seorang pendaki teruji, tidak penakut, pantang menyerah, dan tetap semangat.

4. Mengerti apa itu sebuah perjuangan 

Bukankah saat mendaki gunung, yang terlintas di pikiran kita adalah puncaknya yang begitu indah. Dari puncaknya yang tertinggi melihat hamparan ciptaan Tuhan yang begitu indah. Untuk mencapai itu semua. Kamu tentunya perlu berjuangan untuk bisa sampai ke puncak gunung.

Maka dengan mendaki gunung kamu akan paham arti sebuah perjuangan. Sama halnya dengan sebuah perjuangan dalam hidup dan menggapai cita-cita.

5. Bersyukur atas keindahan alam yang diciptakan Tuhan

Dengan mendaki gunung kita akan selalu bersyukur atas ciptaan Tuhan yang begitu indah. Rasa untuk mencintai alam dan lingkungan. Seperti tidak membuang sampah sembarangan dan tidak mengotori sungai.

Bagi para pendaki moment yang sangat ditunggu-tunggu adalah menikmati lembutnya cahaya sunrise yang menerpa wajah atau menyaksikan si bundar orange kembali keperaduan, lalu meninggalkan semburat di atap bumi.

Nah, itulah 5 pelajaran paling berharga yang bisa kamu ambil saat mendaki gunung. Semoga tetap semangat mendaki, dan bagi yang belum pernah, mulailah menyatu dengan alam. Sungguh, di mendaki gunung ada banyak sekali yang bisa kamu dapat, selain 5 poin di atas. [Rizka Wahyumi]

Baca juga:

Ingin Tahu Karakter Sahabatmu? Ajaklah Mendaki Gunung!

5 Hobi Pembentuk Karakter Positif Bagi Sahabat Muda

7 Hal yang Membahagiakan Liburan Kamu di Rumah

Yuk, ikut andil ramaikan Twitter Asmara In Jogja:   



Komentar Untuk artikel Ini (0)

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas