Ilustrasi stres | Foto Shutterstock

Asmarainjogja.id – Mungkin kamu saat ini sedang bingung ketika problema sedang menghampiri. Orang bijak bilang biasanya ini adalah sebuah ujian hidup. Namun tak bisa dipungkiri pula bahwa ketika ujian itu menghantam sangat berat menjalaninya.

Bahkan tak jarang pula karena tekanan bathin akibat dari masalah itu seseorang mengambil jalan hidup yang tragis, yaitu bunuh diri. Mengerikan sekali memang, tapi itu terjadi di tengah-tengah kehidupan manusia ini. Bukankah berita akhir-akhir ini banyak mengungkap kasus-kasus bunuh diri, mulai dari artis sampai masyarakat biasa.

Tapi beberapa tips berikut ini mungkin dapat membantu kamu menghadapinya:

1] Berusaha Tenang

Apapun yang terjadi saat ini sedapat mungkin berusahalah tenang dan tetaplah berpikir jernih. Jangan gegabah dengan bertindak yang tak sesuai dengan diri kamu, yang jika kamu sadari akan mengakibatkan penyesalan. Boleh  melampiaskan amarah, tapi lakukan dengan anggun dan cantik.


Hijab

 

2] Mencari Solusi Terbaik Secepatnya

Jangan membiarkan diri berlarut-larut dengan keadaan ini. Cepatlah bangkit dan berpikir cerdas mengatasi masalah. Jangan hanya duduk meratap menyesali keadaan buruk itu, sebab semua tak bisa mengurangi masalah. Kamu mau kecewa dan sedih atau tidak, faktanya masalah tetap terjadi dan ada. Menjadi tantangan dirimu   untuk segera dapat diselesaikan.

3] Ambil Sisi Positif Atas Peristiwa yang Terjadi

Kali pertama mendapat masalah kamu mungkin akan syok berat dan kaget, lalu setelah tersadar langsung berpikir tentang sesuatu. Mencari akar dari penyebab masalah. Tapi sebelum kamu melangkah lebih jauh, cobalah untuk menghindari pikiran negatif, dengan mengambil sisi positif dan mencari hikmah yang ada.

4] Jangan Mencari Kambing Hitam

Ini kurang pantas kamu lakukan mencari kambing hitam atas apa yang terjadi dengan orang-orang yang ada di sekitarmu. Seperti menyalahkan orangtua, saudara atau teman, bahkan orang spesial kamu. Sejenak mari berpikir jernih dan gunakan akal sehat. Apa gunanya menyalahkan mereka semua? Ini sangat tidak pantas dan tak perlu kamu lakukan. Masalah tetap tak terselasikan, tapi malah memicu persolalan baru. Hentikan dan kembalilah fokus dengan menangani masalahmu sekarang yang ada, biar tidak tambah runyam. Coba diam dan renungkan, masalah timbul bisa juga dipicu atas sikapmu selama ini yang kurang baik terhadap orang-orang di sekitar kamu, jadi sadarilah hal tersebut.

5] Cari dan Ambil Solusi Cepat

Seperti pekerjaan baik yang sedang kamu tunda, maka menyelesaikan suatu masalah juga sama. Kamu tak bisa membiarkan ini berlarut-larut terjadi dalam hidup. Sebab bisa mengganggu aktivitas. Jika sedang berkerja dapat mengacaukan kredibilitas kerjamu, dan jika masih menimba ilmu tidakkah ini juga berpengaruh pada mata pelajaran di sekolah atau kuliah?

6] Meminta Bantuan Orang yang Bisa Dipercaya

Manusia itu mahkluk sosial jadi tidak bisa hidup sendiri. Artinya dalam hidup kamu tak bisa mengerjakan semuanya sendiri, termasuk juga dalam mengatasi masalah. Nah, saat kamu merasa sudah tak mampu lagi menghadapinya, maka meminta bantuan orang di sekitar itu lebih baik. Cari dan temui orang yang hanya bisa kamu percaya menjaga rahasia, dan dapat memberi jalan keluar terbaik.

Ingat dalam hal ini kamu harus selektif benar dan jangan sampai salah orang, bisa-bisa bukan pikiran baik dan solusi tepat yang didapat, akan tetapi malah dirimu dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi, misalnya diajak melakukan perbuatan yang merugikan orang lain. Sebab pikiran yang tidak dalam keadaan baik seringkali memicu manusia untuk melakukan perbuatan di luar nalar. Jadi waspadalah!

7] Jangan Terlalu Menyesali Diri

Setelah masalah teratasi mungkin kamu akan kembali merenung tapi bukan hendak menyalahkan orang lain, tapi justru terlalu memvonis diri sendiri. Dan jika ini terjadi juga pada dirimu, sebaiknya berpikir jernih. Ingat manusia tidak ada yang sempurna, jadi alangkah baiknya kamu berhenti menyesali dan mengutuk dirimu sendiri. Menuntut   tampil sempurna dan tanpa cela.

8] Selalu Berhati-hati

Setelah mampu melewati semuanya tentu kamu tak boleh melupakan sesuatu, yaitu sikap berhati-hati. Dan satu lagi intropeksi diri itu penting dan harus dilakukan setiap saat, bukan saat masalah terjadi lagi baru menyadari. Berusahalah untuk tidak terjebak dan terjatuh dalam lubang yang sama. Manusia cerdas adalah manusia yang selalu ingat dan waspada terhadap sesuatu yang akan membahayakan dirinya.

9] Bersikap Wajar nan Tidak Berlebihan Menyikapinya

Semua orang pernah mengalami nasib yang sama meski dalam konteks yang berbeda. Kamu bisa meniru orang-orang tangguh dan belajar banyak dari mereka. Ambil trik dan gaya mereka dalam menyelesaikan masalah, dan tak perlu merasa malu dan rendah diri, tetaplah optimis bahwa kamu mampu melewati ini semua.

10] Berdoa

Berdoa itu penting sebab itu merupakan sumber kekuatan manusia di dunia. Penuhi hari dengan doa dan selalu tawakal serta rajin beribadah apapun agama dan kepercayaan kamu. Masalah terjadi sebagai penguji iman bukan untuk menyiksa dirimu, menganggap Tuhan tidak sayang. Seberapa besar kesabaranmu dalam menghadapi badai cobaan dalam hidup, bila mampu melewati di sanalah kamu akan naik kelas dan derajadmu juga bertambah.

Selama manusia hidup di dunia pasti akan tersandung masalah suatu saat nanti, entah berat ataukah ringan, sesuai kadar iman dan kekuatan masing-masing. Tugas kamu sebagai manusia adalah bersabar menghadapinya. Berusaha menyelesaikan dengan baik serta selalu untuk tidak bertindak gegabah lagi dengan mengulang kesalahan yang sama.

Dan satu yang tak boleh terlupa, yakni sayangi dirimu. Hargailah setiap apa yang datang padamu, meski terkadang itu tak pernah kamu harapkan dan kerap membuat gelisah. Serta selalu untuk berpikir positif, intropeksi diri dan tetaplah menjadi pribadi anggun meski sedang mengalami situasi tidak menyenangkan dalam hidup. Masalah ada untuk dihadapi bukan dijauhi. [Siti Rohayi]

Hijab

 

Baca juga:

10 Larangan Jika Kamu Karyawan Baru, Nomer 6 Sangat Memalukan!

Untuk Kamu yang Terpaksa Bekerja, Ingat 8 Hal Penting Ini!

Si Penantang Sejati

Perjuangan Gadis Traveler Menjadi Mahasiswi Magister UGM

Merekalah Orang yang Paling Ikhlas Menyayangimu

Merekalah Orang yang Paling Ikhlas Menyayangimu



Komentar Untuk artikel Ini (0)

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas