Ilustrasi mode pakaian | Foto Istimewa

Asmarainjogja.id – Setiap orang tentu mendambakan penampilan yang sempurna atau paling tidak enak dipandang mata. Memakai sesuatu, seperti pakaian, sepatu, asesoris, dan lain sebagainya pada tubuh sendiri bukan melulu untuk kepentingan pribadi. Tapi juga kepada hubungan sosial dengan orang di sekitar kamu.

Dalam hidup kamu tidak dapat berbuat seenakanya sendiri, dengan memakai sesuatu yang tak pantas dan tak sesuai. Bila tidak ingin ditertawakan dan jadi bahan pergunjingan teman, maka sebaiknya kamu perhatikan hal-hal berikut ini:

1] Usia

Usia pengaruh utama yang sering dilihat banyak orang untuk kali pertama saat memandang. Mereka akan mengeluarkan komentar manis atau pedas tergantung apa yang kamu kenakan kala itu. Jika tak mau jadi bahan pembicaraan, sepantasnyalah yang kamu kenakan sesuai usiamu jangan berlebih.


Hijab

 

2] Warna Kulit

Ini adalah faktor kedua dari karakter tubuh yang harus kamu perhatikan. Biasanya ini terjadi saat hendak memillih warna pakaian dan memulas  wajah untuk berhias. Dengan memerhatikan warna kulit, kamu dapat memilih warna yang cocok dan sesuai. Sedang bagian wajah ditambah alat kecantikan yang tidak merusak kesehatan kulit. Misalnya kamu tergoda untuk membeli sebuah krim pemutih tapi kosmetik itu mengandung bahan yang sangat berbahaya, apa nekad hendak kamu pakai juga?

3] Bentuk anatomi tubuh

Ini termasuk dari ujung kepala hingga kaki, bentuk wajah, badan, serta tinggi. Kamu tak sembarangan bisa memakai apapun untuk tubuh. Seperti yang bertubuh gemu, tiba-tiba harus memakai baju ketat dan pas badan, hingga lekuk tubuh terlihat tidak sopan, menonjolkan daerah-daerah tertentu, apa orang tidak mentertawakanmu?

Tergiur model baju yang sedang trend, kamu mempermalukan dirimu sendiri. Ini juga bisa berlaku untuk siapa saja, entah itu pria atau wanita. Seperti pada pria, untuk kamu yang bertubuh pendek, apa mungkin kamu memanjangkan rambut alias gondrong dan berantakan? Tentu tidak, karena memang tidak cocok.

4] Menyesuaikan Kebutuhan Sehari-hari

Ini bisa terjadi apakah kamu hendak berpergian atau berdiam diri di rumah, tentu apa yang kita kenakan harus tepat. Terjadi pada baju yang akan kita kenakan. Ke pesta tidak mungkin kamu berpakaian ala kadarnya, bukan? Setidaknya meski kamu penyuka kesederhanaan, akan tetapi kamu harus tetap menghormati orang yang mengundang dengan memilih gaun yang sesuai dalam kebutuhan pesta tersebut.

5] Status Pendidikan

Apakah kamu saat ini masih berstatus sebagai pelajar dan mahasiswa? Tentu hal ini kamu tidak bisa sembarangan mengkuti mode yang berlaku, misalnya dengan potongan rambutmu saat hendak sekolah, atau kamu yang masih kuliah, biarpun bebas mengenakan baju, tapi kamu tetap harus memerhatikan faktor seperti warna kulit dan anatomi tubuh kamu bukan? Agar tidak terlihat aneh di mata semua teman-teman.

6] Status Pekerjaan

Untuk orang-orang dengan jenis pekerjaan tertentu, terkadang penampilan menjadi faktor utama berhasilnya sebuah bisnis. Seperti yang terjadi pada mereka yang berprofesi pengacara, salesman, dan resepsionis. Setiap hari selalu dituntut untuk selalu tampil chic dan bercahaya, pasti akan berhubungan dengan potongan rambut rapi, make up sempurna dan pakaian yang menarik bukan? Mereka tidak bisa sembarangan mengganti mode penampilan tanpa memperhitungkan terlebih dahulu apa profesi pekerjaanya saat itu.

7] Status Hubungan

Ini terjadi pada apakah kamu berstatus sebagai ibu rumahtangga yang notabene adalah seorang ibu, atau bisa jadi kamu adalah seorang lelaki yang tengah memasuki usai dewasa dan sudah selayaknya membina rumahtangga dengan seorang wanita. Dalam hal ini tentu tidak bisa sembarangan mengenakan style baju atau gaya rambut yang tidak sesuai. Semua tentu mengikuti aturan norma yang berlaku dalam masyarakat, jika tak ingin orang mengaggapmu aneh sebab mengenakan sesuatu yang tidak pantas kamu kenakan.

8] Status Sosial

Di orang-orang yang mengaku dirinya sebagai orang dengan status sosial lebih tinggi dalam masyarakat selalu berpikir tentang penampilan. Sebab apa yang mereka kenakan secara otomatis mencerminkan kedudukannya. Seperti saat sedang berkumpul dan menghadiri sebuah acara penting, dapatkah dengan mengenakan pakaian bebas, bila tak ingin dipandang rendah oleh yang melihat? Dari asesories yang dikenakan pun harus tampak berkelas dan elegan.

9] Adat istiadat

Dalam hubungan bermasyarakat, adat istiadat juga berpegaruh besar, seperti untuk mereka yang berprofesi sebagai guru atau tenaga pendidik, para ulama dan tokoh masyarakat serta kepala suku. Mereka ini adalah orang –orang yang sangat disegani di lingkungannya. Apalagi jika kamu sendiri juga masuk dalam bagian ini meski masih berstatus sebagai siswa dan siswi, namun kepribadianmu sudah mulai kamu atur bukan? Sedemikan rupa sehingga kamu tak bakal merendahkan status dan kedudukanmu sendiri di lingkungan.

Mengikuti trend mode itu sah-sah saja selama tidak melupakan apa yang ada pada dirimu, sebab juga sangat penting agar kita mendapat penghargaan lebih dari orang lain. Namun sebelum melakukan hendaknya kamu juga mempertimbangkan hal-hal di atas tadi yang telah diuraikan, supaya kamu tidak terlihat aneh, sehingga menimbulkan kesan pribadi buruk.

Tentu semua merupakan pilihan dan kembali ke pribadi masing-masing yang menilai. Meski kamu nyaman dengan yang dipakai, tapi jangan lupakan orang yang akan memandangmu. Penampilan itu dilihat oleh banyak orang bukan untuk dirimu sendiri, sebab penampilan terlebih dahulu yang dinilai, kemudian karakter. [Siti Rohayi]

Hijab

Baca juga:

Lima Jenis Hijab yang Populer Dipakai Muslimah Indonesia

9 Hal yang Perlu Diperhatikan Agar Nyaman Berhijab 

10 Tips Praktis Tetap Wangi dan Segar Meski Berpenampilan Sederhana 

Biar Penampilan Cantik, Empat Jenis Eyeliner Ini Bagus dan Murah

Mengaplikasikan Liquid Liner Spesial bagi Pemula

Tiga Buah Ini Bisa Mencerahkan Kulit Sekitar Siku dan Lutut Secara Alami 

Cara Memanjangkan Bulu Mata Secara Alami 

Cara Mudah Membersihkan Dapur dalam Waktu Singkat



Komentar Untuk artikel Ini (0)

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas