Mahasiswa dan Nelayang berdemo di depan Kantor Menko Maritim Jakarta | Foto Tempo

Asmarainjogja.id – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan melanjutkan proyek Reklamasi yang sempat dihentikan sementara beberapa bulan lalu. Penghentian proyek Reklamasi itu tertuang dalam: SK.354/Menlhk/Setjen/Kum.9/5/2016.

Namun sejak diangkatnya Luhut Binsar menggantikan Rizal Ramli yang kerap menolak Reklamasi. Luhut sebagai penggantinya memutuskan untuk melanjutkan reklamasi dengan beberapa alasan, seperti yang dilansir dari Kompas.

"Karena kalau tidak dilanjutkan, yang sudah dibuat dari zaman Pak Soeharto itu, Jakarta setiap tahun turun 7,5 cm. Itu giant sea wall-nya

"Dari hasil penelitian, 2 meter di bawahnya air asin dan sisanya di atas, air yang bisa diproses jadi air minum. 45 meter kubik per detik akan bisa dipompa dasarnya. Kira-kira setara 40 persen kebutuhan air kita,"

"Ini masalah teknik profesional. Tidak ada alasan untuk tidak meneruskan. Kalau ada masalah PLN, itu dikaji. Bisa rekayasa engineering. Temperatur air bisa dipertahankan antara 29-30 derajat celsius,"

Maraknya penolakan atas alasan Luhut tersebut, membuat seluruh BEM di Indonesia geram atas sikap Luhut yang dinilai pro pengembang.

Koordinator Seluruh BEM Indonesia sekaligus Ketua BEM Universitas Jakarta Bagus Tito Wibisono menyatakan menolak dengan tegas Reklamasi Teluk Jakarta dilanjutkan, “Karena urgensi dan peruntukan dari reklamasi Teluk Jakarta ini bukan untuk rakyat kecil,” ucap Bagus dalam keterangan resminya, Selasa, 13 September 2016, tulis Tempo dalam beritanya.

Bagus juga menyatkan bahwa Seluruh BEM Indonesia memberika mosi tidak percaya kepada Luhut Binsar Panjaitan. Luhut Binsar juga dinilai terindikasi legalisasi proyek Reklamasi yang telah dibatalkan.

“Demikian sikap Aliansi BEM Seluruh Indonesia yang berdiri di tempat rakyat berdiri. Hidup mahasiswa, hidup rakyat Indonesia!” kata Bagus. [Asmara Dewo]



Komentar Untuk artikel Ini (0)

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas