Ilustrasi daun kemangi | Foto Istimewa

Asmarainjogja.id – Kamu tahu pasti tahu kemangi bukan? Tanaman dengan daun kecil meruncing dan terkadang bundar sekitar 4 sampai 5 cm, ini populer di kalangan para pecinta kuliner. Sebagai penambah selera makan  itu ternyata punya segudang manfaat. Termasuk dalam golongan tanaman perdu dengan tinggi bisa mencapai satu meter. Beraroma khas seperti lime, meski harum rasanya tetap pahit, daunnya berwarna hijau muda segar dengan biji bunga putih dan keungunan.

Di Inggris dikenal dengan nama basil, sedang Yunani kuno bernama basileus yang artinya royal atau raja dianggap sakral dalam tradisi. Sedang di negara India sendiri tanaman tersebut dipercaya lambang kemurahan hati. Selain juga digunakan untuk tambahan pasta dalam kuliner mereka.

Bila di Inggris lain lagi. Tumbuhan yang masih dalam satu keluarga lamiaceace atau mint dan bernama latin ocimum basilicum, banyak digunakan untuk minyak wangi, pengharum saat mandi dan obat-obatan. Yang unik di Italia dianggap simbol cinta.


Hijab

 

Dan khasiat lain dari daun kemangi adalah sebagai berikut:

1] Untuk Ritual

Di India kemangi digunakan untuk bermacam ritual baik secara mistis maupun ritual suci. Sebagai alat membersihkan diri serta pengobatan murni. Negara dengan penganut kepercayaan Budha dan Hindu itu telah lama memanfaatkan tanaman ini.

2] Dapat Mencegah Bau Badan

Kemangi dipercaya sebagaian orang dapat mencegah bau badan. Caranya adalah dengan mengonsumsinya mentah. Bisa dibuat jus atau dimakan bersama nasi hangat, lauk serta sambal. Jika kamu rutin melakukan ini, bau bada pasti hilang.




3] Untuk Mencegah Bau Mulut

Bau mulut yang kurang sedap dan menganggu pergaulan juga dapat diobati dengan kemangi. Caranya ambil daun kemangi, bunga berserta akarnya, cuci bersih. Lalu seduhlah dengan air panas. Dapat ditambahkan dengan gula atau madu. Diminum sebelum melakukan aktfitas setiap pagi

4] Sebagai Anti Inflamasi

Daun kemangi bagi tubuh bisa berfungsi sebagai anti inflamasi, yaitu menyembuhkan luka yang membengkak dan nyeri sendi. Caranya   dengan menumbuk daun lalu dibalurkan ke tempat bagian tubuh yang terasa sakit.

5] Sebagai Pelengkap Masakan

Sangat populer di banyak warung makan dan para ibu rumah tangga sebagai pelengkap masakan. Untuk menambah selera, banyak dipakai untuk memasak pepes ikan, garang asem, asem-asem ikan. Disajikan lengkap bersama lalapan lain seperti kol dan mentimun, lalu sambal berserta ikan atau lauk lain. Di daerah Minangkabau banyak digunakan untuk tambahan memasak gulai ikan dan asam padeh atau asam pedas.

6] Untuk Campuran Minuman

Keunikan lain dari kemangi bijinya dapat dibuat untuk campuran minuman dingin. Dipercaya mampu meredakan panas dalam. Caranya biji kemangi dijemur sampa kering lalu diayak buang sampah kulitnya yang halus. Kemudian rendam dengan air dingin selama beberapa jam sampai mengembang sempurna seperti telur kodok. Setelah itu campur ke dalam aneka buah yang sudah diiris terlebih dahulu, masukkan sirup sedikit air matang dan es batu.

7] Mengobati Penyakit Kulit

Penyakit kulit seperti panu misalnya dapat pula disembuhkan dengan daun kemangi. Caranya sangat mudah yaitu ambillah beberapa genggam daunnya kemudian dicuci hingga bersih. Selanjutnya diberi sedikit air campuran kapur sirih kemudian dibalurkan ke bagian kulit yang terinfeksi.  Dilakukan sehari dua kali secara rutin.

8] Mengobati Sariawan

Sariawan yang menganggu mulut saat berbicara dan saat makan juga dapat sembuh dengan daun kemangi. Caranya ambiilah daun kemangi sebanyak kira-kira 50 helai atau satu genggam tangan. Cuci bersih dan kunyahlah selama dua atau tiga menit. Setelah halus telan dan langasung minum air hangat. Lakukan rutin tiga kali dalam sehari.

9] Mengusir Rasa Mual Juga Flu

Caranya ambil daun kemangi tersebut, kemudian bersihkan dan jemur hingga kering. Setelah itu seduhlah bersama air panas layaknya sedang membuat teh kemudian airnya diminum dua kali dalam sehari.




10] Meningkatkan Kesuburan Pria

Bagi kaum pria yang sedang bermasalah tentang kesuburannya dapat mencoba metode ramuan kemangi. Sebab di dalam tanaman tersebut mengandung senyawa sineol dan zat arginin yang dipercaya dapat memperbaiki kualitas sperma dalam tubuh. Hal lainnya adalah bisa meluruhkan gas dalam perut, melancarkan keluarnya darah haid, menghilangkan panas dalam, memperlancar ASI dan lain-lain. Caranya rebus daun kemangi secukupnya dengan dua gelas air, selama kurang lebih limabelas menit. Minum setengah gelas setiap hari sebanyak dua kali.

11] Menjaga Kesehatan Organ Jantung

Daun kemangi mengandung magnesium dan betakaroten yang berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung. Magnesium merupakan mineral yang dibutuhkan oleh organ jantung. Kemangi juga kaya akan antioksidan yang berperan dalam menjaga kesehatan jantung. Menurut beberapa penilitian daun kemangi dapat melindungi tubuh dari radikal bebas dan  hal tersebut berbahaya bagi organ-organ tubuh.

Itulah beberapa hal menarik dan khasiat dari daun kemangi. Selain yang disebutkan di atas masih banyak lagi fungsinya. Antara lain sebagai obat penghilang ketombe bila dicampur dengan minyak kelapa lalu dioleskan ke kepala, untuk mencegah kulit kusam ditambah dengan sedikit madu diusapkan ke kulit, dan sebagainya.

Oleh karena banyak sekali kegunaan yang bisa diambil tidak ada salahnya bila di pekarangan rumah menanam jenis tumbuhan wangi tersebut. Selain dapat membuat nyaman dan asri juga bisa banyak khasiatnya. Seperti yang telah dijelaskan dalam artikel ini. [Siti Royani]

Hijab

Baca juga:

12 Fakta Unik Bunga Kenanga, Kamu Bakal Penasaran

Mengulik Fakta Unik di Balik Pesona Bunga Melati, Nomer 7 Bikin Merinding!

Nikmat Sehat Tidak Bisa Dibeli dengan Apapun

Tips Agar Wajah Terhindar dari Jerawat Saat Menstruasi

Selain Karang Gigi, Inilah Penyebab Bau Mulut yang Tidak Disadari

Tips Sehat Mengatasi Disminore pada Saat Menstruasi

Ternyata Gigi Berlubang Dapat Menular, Ini Buktinya!


style="display:block"
data-ad-format="fluid"
data-ad-layout-key="-6u+cj+3m+y-34"
data-ad-client="ca-pub-6494373068136966"
data-ad-slot="4792202110">



Komentar Untuk artikel Ini (0)

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas