Rutinlah memeriksa gigi Anda (Ilustrasi) | Foto Flickr

Asmarainjogja.id-Gigi merupakan bagian terpenting dari tubuh manusia. Selain itu gigi merupakan bagian yang paling keras dari pada anggota tubuh lainnya. Alat pencernaan tubuh pertama kali adalah gigi dan termasuk alat pencernaan mekanik.

Makanan yang masuk ke dalam mulut akan di hancurkan terlebih dahulu oleh gigi, baik mencabik-cabik, melumatkan makanan setelah itu baru disalurkan lagi ke kerongkongan dan akhirnya sampai pada tahap selanjutnya.

Dewasa ini, banyak sekali masyarakat  yang masih menganggap tidak penting akan kesehatan gigi dan mulut. Mengenyampingkan tentang memelihara kesehatan gigi mereka. Sesungguhnya tindakan itu tidaklah tepat. Sebab kesehatan gigi sama pentingnya dengan kesehatan tubuh.

Contohnya saja masih banyak masyarakat Indonesia yang hanya menyikat gigi 1 kali sehari. Sebagaimana hasil Riset Kesehatan Dasar Tahun 2013 (RISKESDAS) menyebutkan ditemukan sebagian besar penduduk Indonesia menyikat gigi pada saat mandi pagi maupun mandi sore, (76,6%). Menyikat gigi dengan benar adalah setelah makan pagi dan sebelum tidur malam, untuk Indonesia ditemukan hanya 2,3 persen.

Masih rendahnya kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan gigi seperti menyikat gigi merupakan hal yang sangat memprihatinkan sekali.   Mimiliki gigi yang tetap sehat merupakan impian semua orang. Sebab jika ada salah satu gigi yang telah berlubang dan menimbulkan rasa sakit, maka apapun aktivitas yang kita lakukan akan terganggu. Baik itu pekerjaan kantor, disekolah, atau dimanapun berada.

Berikut adalah cara menjaga agar gigi tetap sehat :

1. Menyikat gigi minimal 2 kali sehari

Menyikat gigi adalah membersihkan permukaaan gigi dengan sikat dan menggunakan pasta. Dengan selalu menyikat gigi maka akan mengurangi dampak buruk yang akan di timbulkan, contohnya saja : gigi berlubang, karang gigi, dan bau mulut. Dengan menyikat gigi akan membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel pada permukaan gigi.

Jika sisa-sisa makanan tersebut menempel pada permukaan gigi dalam waktu lama, dapat menyebabkan penyumpukan plak gigi dan lama kelamaan akan mengakibatkan gigi berlubang. Sikatlah gigi minimal 2 kali sehari, yaitu pagi hari dan malam sebelum tidur.

2. Perbanyak konsumsi makanan yang berserat

Perbanyaklah memakan  makanan yang  berserat seperi buah-buhan dan sayur-sayuran yang kaya akan vitamin. Mengonsumsi makanan yang berserat sangat di anjurkan untuk menjaga kesehatan gigi.

Vitamin yang ada di dalam buah atau sayuran dapat membuat gigi lebih sehat dan terhindar dari penyakit gigi dan mulut seperti yang banyak di derita sebagian orang yaitu, sariawan atau bau mulut. Maka perbanyaklah mengonsumsi makanan yang berserat

3. Mengurangi makanan yang manis dan melekat

Makanan manis  sangat disukai oleh semua kalangan, baik itu anak-anak, remaja, orang dewasa, bakhan orang tua. Setiap olahan makanan yang ada beredar di masyarakat tak terlepas dari makanan manis, baik itu coklat, permen, es krim dan lain sebagainya.

Tidak   ada salahnya kita menyukai makanan yang manis, tapi lebih baik dikurangi dalam mengonsumsinya. Sebab makanan manis dan melekat sangat mudah menyebabkan gigi berlubang. Jika Anda sudah terlanjur sering mengonsumsinya tiap hari, maka rajin-rajinlah untuk membersihkan gigi  dengan menyikat gigi minimal 2 sehari.

4. Hindari meminum yang mengandung soda

Minuman yang mengandung soda memiliki rasa manis yang lebih banyak di bandingkan gula biasa. Minuman bersoda sangat gampang sekali menyebabkan gigi berlubang dan menyebabkan gigi lebih sensitive. Maka hindarilah minuman yang satu ini, jika Anda benar-benar ingin menjaga kesehatan gigi dan mulut

5. Periksalah gigi ke pelayanan kesehatan

Pemeriksaan gigi ke pelayanan kesehatan minimal satu kali dalam enam bulan. Pemeriksaan gigi merupakan pencegahan yang dapat dilakukan. Dengan memeriksakan ke dokter gigi atau pelayanan kesehatan, Anda bisa mengetahui bagaimana kondisi kesehatan gigi dengan lebih detail.

Dengan mengetahui bagaimana kesehatan  gigi, Anda bisa melakukan treatment apa yang akan dilakukan untuk pencegahan lebih lanjut. Seperti melakukan penumpatan gigi atau pembersihan karang gigi.

Demikianlah cara menjaga kesehatan gigi dan mulut. Gigi yang sehat akan selalu memancarkan senyuman yang tulus. Mulai dari sekarang selalu jaga kesehatan gigi dan mulut. Sebab gigi adalah mahkota indah dari bagian tubuh lain.[] 

Penulis: Rizka Wahyuni

Baca juga:  Kenapa Sih Gigi Kamu Berlubang?

Mengenal Bleaching pada Gigi








Custom Search




Komentar Untuk artikel Ini (0)

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas