Sunset di Bukit Kosakora | Foto Asmarainjogja, Asmara Dewo

Asmarainjogja.id – Mencari pantai yang sesuai dengan selera traveler muda tentu tidak muda. Cukup banyak traveler yang jauh-jauh ke objek wisata berakhir dengan kekecewaan. Hal ini bisa saja karena faktor minimnya informasi sebelum liburan, dan kedua memang asal-asalan menentukan objek wisata tersebut.

Misalnya ke pantai, pantai tidak semua berpasir landai, atau juga bisa dijadikan tempat asyik berenang. Tapi ada pula pantai yang asyik untuk camping, mungkin karena areanya mendukung. Dan terlebih lagi di sana bisa melihat sunset atau sunrise. Biasanya yang suka camping selalu menunggu momentum untuk melihat keindahan sang surya itu.

Nah, di Yogyakarta sendiri, salah satu pantai yang umumnya direkomendasikan untuk camping dan melihat sunset adalah Pantai Ngerumput dan Bukitkosakora. Wisata ini acapkali dikunjungi oleh traveler muda yang memang benar-benar berfokus pada liburan yang sesuai dengan karakternya. Misalnya pengunjung yang tidak terlalu suka keramaian, liburan yang menguji adrenalin, dan wisata yang unik. Jika traveler muda ingin mencari pantai sesuai karakternya, mungkin Pantai Ngerumput adalah jawabannya.

Pantai Ngerumput salah satu pantai yang dilengkapi bukit indah bernama Kosakora. Paduan keelokan pantai dan bukit menyatu di wisata yang terletak di Desa Ngestiharjo, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunungkidul itu semakin menarik perhatian traveler. Pantai ini juga salah satu pantai yang direkomendasikan untuk bercamping ria.

Bibir pantai ini terbilang sangat luas, pasir putih yang luas menjorok ke daratan sampai puluhan meter. Meski namanya belum terlalu populer, keindahan Pantai Ngerumput tak kalah dengan pantai-pantai indah di Gunungkidul lainnya, seperti Pantai Indrayanti, Pantai Baron, Pantai Kukup, atau juga Pantai Sepanjang.

Pantai Ngerumput

Pantai Ngerumput berlatar Bukit Kosakora | Foto Asmarainjogja, Rizka Wahyuni

Karena namanya yang belum populer itu pula membuat traveler, khususnya kaum muda semakin penasaran akan keindahan wisata yang satu ini. Apalagi melihat sunset di Bukit Kosakora yang sering bertebaran di media sosial, tentu saja semakin memancing netizen yang hobi traveling untuk menjajalnya.

Nah, biaya masuk ke Pantai Ngerumuput hanya dikutip Rp 10.000 per orang. Tiket itu juga sudah termasuk pantai yang berdekatan dengan Pantai Ngerumput. Harga tiket ini tentunya sangat murah. Dan untuk sampai ke lokasi pantai, pengunjung harus berjalan kaki sekitar 1 km. Perbukitan dan perkebunan milik warga menjadi pemandangan sepanjang jalan. Karena tidak ada pepohonan rindang, pengunjung harus siap-siap kepanasan dibakar terik matahari.

Pantai ini semakin dilirik oleh traveler yang gemar camping, pemilik warung di sana juga menyediakan sewa tenda dom, biayanya per orang Rp 15.000. Ini tentu tawaran kepada traveler yang tidak mau repot-repot membawa perlengakapan camping dari rumah.

Nah, saking luasnya pasir yang menjorok ke darat, pihak pengelola juga membuat lapangan bola volley. Permain bola pantai ini pun dimanfaatkan traveler untuk berolahraga sambil bermain. Dan pada musim liburan, biasanya berjejer tenda-tenda berdiri di atas pasir putih. Mereka camping tepat di bibir pantai. Memang camping di pantai itu berbeda dengan camping di gunung atau di hutan. Yang paling membedakannya adalah nada alam yang berbicara, deburan ombak menjadi pengantar tidur.

Hijab

Ketika sang surya tenggelam, inilah moment terbaik menikmati sunset di Bukit Kosakora. Pengunjung dikenakan biaya kebersihan dan perawatan Rp 2.000 per orang. Akses pendakiannya juga tidak terlalu sulit, tapi cukup membuat napas terengah-terengah.

Jalan yang sudah dibuat ala kadarnya dan dipagari dengan bambu mempermudah sampai di puncak. Dari atas ketinggian itu pula keindahan Pantai Ngerumput semakin sempurna terlihat.

Bukit Kosakora

Melihat sunset dari puncak Bukit Kosakora | Foto Asmarainjogja, Asmara Dewo

Selain untuk menyaksikan sunset, di Bukit Kosakora ini juga dijadikan lokasi camping. Uniknya bendera merah-putih cukup banyak berkibar di atas bukit ini, bisa dilihat di tepi jurang bukit. Pengunjung pun memanfaatkan latar belakang keindahan pantai dan rasa nasionalisme dengan berfoto.

Areanya yang cukup luas juga membuat betah di atas puncak, terlebih lagi ada warung di sana. Menunggu matahari tenggelam pasti lebih asyik bersantap makanan atau minuman kesukaan, sembari bercerita dengan pemilik warung yang begitu ramah. Sampai ketika hari benar-benar petang, waktu yang ditunggu pun tiba, raja siang kembali ke peraduannya. Saat itulah pengunjung bisa menyaksikan sunset yang sangat indah dari Bukit Kosakora. [Asmara Dewo]

Lihat videonya!

Baca juga:

Pantai Greweng, Surganya Lokasi Camping di Gunungkidul

Elok dan Menantangnya Pantai Siung

Pantai Cemara Sewu, Sunset dan Segala Keindahannya

Duh, Baru Tahu Sunset Indah di Bukit Lintang Sewu

Garangnya Offroad dan Semakin Ramainya Wisatawan di Tebing Breksi



Komentar Untuk artikel Ini (0)

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas