Ilustrasi pria pendek memilih jas yang tepat | Istockfoto

Asmarainjogja.id – Memiliki tubuh pendek bagi sebagian orang memang sangat mempengaruhi penampilan, tidak hanya wanita kaum priapun sama. Bagi kaum adam, justru beban mentalnya lebih berat bila dibandingan dengan mereka yang perempuan. Belum lagi ditambah masalah lain, di mana setiap membeli celana panjang harus pergi ke tukang jahit untuk memotong bagian bawah supaya lebih nyaman dipakai.

Sedikit agak ribet memang, kala si pria bertubuh pendek ini berusaha memperbaiki penampilannya dalam berbusana. Tapi buat kamu yang merasa bertubuh demikian ingin tampil beda, beberapa tips di bawah ini sekiranya dapat memberimu solusi.

1] Potongan Rambut

Hindari memelihara rambut panjang atau gondrong hingga menutupi area leher, sebab akan mengesankan pendekmu di mata orang yang melihat. Di samping itu kesan jorok dan tidak rapi juga bisa terpancar dengan jelas. Potongan rambut pendek naik ke atas seperti spike paling tepat, ini membuat leher telihat lurus dan jenjang.

Hijab

 

2] Jangan Salah Memilih Motif Baju

Untuk memilih motif baju yang dikenakan, pilih garis vertikal atau calk stripe dan herringbone akan terlihat panjang. Jangan memakai baju motif gingharm serta stripehorisontal atau lurus ke samping, terlihat tinggi tapi ke samping alias pendek bukan tinggi ke atas yang terlihat tinggi memanjang. Hindari juga menggunakan motif kotak sebab akan mengesankan tubuh menjadi lebih lebar.

3] Hindari Memakai Kaos Dan Krah Baju Berbentuk Bulat

Kamu harus menghindari itu, sebab akan mengesankan tubuhmu semakin pendek dan bulat. Pilih kaos berbentuk V-neck akan membantu tubuh bagian atas terlihat lebih jenjang. Untuk bagian kemeja kamu dapat mengenakan model krah tinggi dan tidak terlalu lebar.

4] Jas

Jas, sebaiknya kamu menghindari blazer atau cardigan dengan jumlah kancing lebih dari tiga, sebab ini akan membuat tubuh bagian atas terlihat kurang jenjang dan tidak jelas terlihat. Pakailah kancing satu atau dua saja, jenis single breasted dan jas jangan terlalu panjang, usahakan untuk jatuh tepat di atas bokong. Letak kancing juga harus berada di atas pusar jangan di bawah tubuh sebab akan terlihat tenggelam.

5] Dasi

Jangan memakai dasi kupu-kupu. Dasi panjang yang jatuh tepat di atas ikat pinggang itu sangat disarankan, dengan bentuk tidak terlalu lebar. Penggunakan dasi ini  hanya untuk acara menghadiri penting saja atau saat kamu berkerja di kantor.

6] Baju Longgar

Baju longgar sedapat mungkin jangan pernah kamu sentuh sebab akan semakin menenggelamkan postur tubuhmu yang sudah pendek. Apalagi jika panjangnya di bawah pinggul. Pakai baju slimfit atau pas badan dan panjang baju jatuh tepat di pinggul.

7] Hindari Warna Kontras

Tubuh pendek kurang bagus mengenakan baju yang berwarna cerah.  Warna-warna seperti merah, kuning, dan oranye hanya akan memberi kesan tubuhmu  bervolume. Ambiillah jenis warna earth tone atau warna tanah seperti : hitam, coklat, navy akan memperlihatkan tubuhmu semakin tinggi.

8] Celana

Jangan memakai celana terlalu tinggi apalagi sampai menyentuh bagian atas pinggang, karena akan terlihat pendek. Celana di atas pinggul dengan jahitan jatuh tepat di atas sepatu, sehingga kaos kaki tertutup secara rapat, dirimu akan terlihat panjang. Jangan juga melipat bagian bawah dengan kata lain tidak boleh ada lekukan sama sekali. Serta jangan pilih celana lipatan, tapi pilih jenis celana biasa, ini akan terlihat tubuh lebih jenjang.

9] Hindari Memakai Pakaian Tebal

Jangan memakai pakaian jenis sweater, hoodie dan jaket, kecuali pas musim dingin dan itupun kamu berada di dalam rumah tidak keluar. Pilihlah tipe kain jenis tipis sedang dan ringan, misalnya katun, poliyester, dan jersey itu bagus. Dan satu lagi bila kamu suka, dapat memakai warna hitam akan menambah panjang tubuhmu.

10] Sepatu

Tidak mengenakan sepatu beralas kaki pendek seperti sandal, sepatu slip on dan sneakers. Akan lebih bagus jika kamu memakai sepatu jenis boots.

Dianugerahi Tuhan tubuh pendek memang gampang-gampang susah. Akan tetapi jika kamu tahu caranya mengenakan busana yang baik, yang kurang dari tubuhmu tadi tak akan terlihat jelas. Sadari keadaan tubuh, saat matamu mulai melihat model baju baru. Kemudian warna kulit dan berapa usia serta dalam rangka kamu mengenakan busana tersebut. Itu pengetahuan mendasar seseorang sebelum mengikuti trend  mode.

Di bawah ini ada beberapa tips singkat terkait body language dan bisa coba terapkan sebelum berbusana :

1. Jagalah posisimu saat berjalan maupun berdiri, yaitu dengan tidak membungkuk. Harus tegap dan pandangan lurus ke depan namun jangan terkesan kaku, tetaplah santai dengan berbagai gaya apapun.

2. Seperti sudah dijelaskan pada poin pertama di atas, rambutmu harus tetap pendek dan rapi.

3. Sedapat mungkin meski dirimu sibuk, sempatkanlah untuk berolahraga secara rutin dan teratur. Kamu dapat menitik-beratkan pada latihan bagian otot bahu.

Pengetahuan yang cukup tentang karakter pribadimu juga penting sekali sebagai penunjang penampilan. Disadari atau tidak, tubuh memiliki tubuh pendek bagi sebagian orang menjadi salah satu masalah besar seseoarang. Sebab itu sangat penting mengenali keadaan tubuh sendiri.

Penampilan memang utama, sebab itu yang pertama kali dilihat orang pada dirimu. Milikilah pengetahuan cukup tentang cara berbusana yang baik, dengan mengenali karakter pribadimu. Jangan asal mengenakan pakaian, tapi kamu sendiri merasa kurang nyaman saat mengenakannya. [Siti Royani]


Hijab

 

Baca juga:

Agar Tidak Jadi Korban Mode, 9 Hal Ini Harus Kamu Ingat!

Lima Jenis Hijab yang Populer Dipakai Muslimah Indonesia

9 Hal yang Perlu Diperhatikan Agar Nyaman Berhijab

10 Tips Praktis Tetap Wangi dan Segar Meski Berpenampilan Sederhana

Membandingkan Gaya Hidup Syahrini, Anniesa Hasibuan, dan Bill Gates

Produk-produk Kecantikan Legendaris Warisan Ibu untuk Putrinya

Biar Penampilan Cantik, Empat Jenis Eyeliner Ini Bagus dan Murah

 



Komentar Untuk artikel Ini (0)

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas