Ilustrasi memakai eyeliner | Istockfoto

Asmarainjogja.id -- Eyeliner menjadi salah satu perangkat make up yang penting. Bila kamu menyukai make up, maka kamu pasti memiliki koleksi eyeliner meskipun hanya satu atau dua.

Penggunaan eyeliner yang tepat dapat membuat tampilan kita cantik. Selain itu eyeliner bisa mempercantik bahkan mengoreksi bentuk mata dengan teknik yang baik tentunya.

Jenis eyeliner bermacam-macam sesuai dengan cara dan tujuan pemakaiannya. Berikut ini adalah beberapa jenis eyeliner yang harus kamu miliki untuk mempercantik mata.

1. Pensil Eyeliner

Pensil Eyeliner adalah eyeliner berbentuk pensil yang menjadi must have beauty item hampir semua pecinta make up. Mulai dari yang newbie maupun yang sudah profesional, bahkan MUA (make up artist.) Bentuknya kokoh membuatnya mudah dibawa kemana-mana.

Apabila sudah agak lama digunakan bisa diraut seperti halnya pensil biasa.  Agar hasil yang didapatkan sesuai harapan. Penggunaan eyeliner jenis ini tergolong mudah sehingga biasanya pemula akan memilih eyeliner jenis ini.

Tapi jangan salah, karena kegunaanya yang special maka banyak beauty vlogger yang juga suka dengan pensil eyeliner. Kelebihannya adalah bisa diaplikasikan di area dalam kelopak mata yaitu waterline dan untuk tightlining di bagian dalam kelopak mata atas yang mana hal ini tidak bisa menggunakan eyeliner jenis lain, eyeliner pensil yang kokoh adalah Pixy Contoh Eyeliner Pencil yang dijual seharga Rp.30.000.

Selain itu, beberapa orang juga menggunakan eyeliner pensil untuk menggambar alis. Ini membuat penghematan, yaitu hemat uang dan hemat tempat. Eyeliner pensil juga tersedia dalam berbagai warna selain hitam. Misalnya Pixy Line and Shadow yang tersedia bermacam-macam warna yang dijual sekitar Rp.30.000 per batang.

Ada juga yang berwarna nude, atau warna kulit yang sangat cocok diaplikasikan di waterline, seperti Rimmel Scandaleyes Nude yang bisa didapatkan dengan harga sekitar Rp.80.000. Mengaplikasikan warna nude di waterline dipercaya membuat penampilan terlihat awet muda dan tidak palsu layaknya menggunakan eyeliner putih.Tapi itu semua tergantung pilihan Sobat, ya.

Kegunaan lain dari pensil eyeliner adalah untuk base eyeshadow, biasanya pensil berwarna putih yang diratakan di kelopak mata sebelum memakai eyeshadow warna-warni. Ini membantu warna eyeshadow lebih tampak. Eyeliner pensil berwarna sendiri  bisa juga digunakan sebagai eyeshadow atau perona mata.

Selain itu juga terdapat matic eyeliner. Sebenarnya eyeliner jenis ini sama dengan eyeliner pensil. Hanya saja lebih praktis karena tidak perlu diraut.

Biasanya badan pensil ini terbuat dari plastik dengan isi di dalamnya yang akan keluar ketika kita memutarnya seperti lipstick

Kegunaannya pun sama dengan pensil eyeliner biasa. Hanya saja karena tidak diraut, maka semakin digunakan akan semakin tumpul isi pensilnya. Namun tidak repot karena tidak perlu meraut, jadi ketika dibawa kemana-mana tidak perlu membawa rautan tidak, seperti eyeliner pensil biasa yang kadang-kadang patah sehingga harus disediakan perautnya juga.  Misalnya Viva Perfect Shape Matic Liner yang bisa didapat dengan harga sekitar Rp.40.000.

Banyak sekali pilihan dan warna serta kegunaan pensil eyeliner ya, Sobat?


Hijab

 

2. Pen Eyeliner

Pen eyeliner bentuknya seperti spidol. Berbeda dengan pensil eyeliner yang bertekstur creamy dan kokoh, pen eyeliner lebih basah. Persis seperti spidol dengan ujung aplikator yang runcing dan tipis. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pengguna menggambar garis yang sempurna. Ketebalan garisnya sendiri bisa diatur dengan mengaplikasikan ulang.

Eyeliner jenis ini cocok sekali untuk pemula yang ingin belajar membuat winged liner. Karena body-nya yang kokoh dan aplikator yang tidak lentur, hal itu membantunya meluncur lancar ketika diaplikasikan.

Namun jangan coba-coba menggunakan pen eyeliner di kelopak mata bawah ya, Sobat. Karena tintanya yang basah justru akan mudah meleber kemana-mana.

Untuk ketahanannya sendiri Sobat bisa pilih apakah perlu menggunakan pen eyeliner yang waterproof. Namun bila masih pemula, karena ditakutkan akan tercoret Sobat boleh pilih eyeliner pen yang tidak waterproof dan tidak mahal seperti Mizzu perfect wear eyeliner pen. Harganya sangat terjangkau yaitu di bawah lima puluh ribuan saja loh sobat.

Sediakan cotton bud yang dibasahi dengan make up remover ketika menggambar winged liner, Sobat. Sehingga ketika tercoret atau tidak lurus bisa langsung dihapus menggunakan cotton bud. Karena cotton bud kecil, kita tidak perlu menghapus seluruh garis yang kita buat, cukup di bagian yang perlu saja.

Nah, dengan pen eyeliner ini pasti sobat semakin mahir membuat winged liner yang klasik.

3. Liquid Liner

Liquid eyeliner adalah eyeliner berbentuk cair. Biasanya dalam kemasan juga sudah disertai dengan kuas aplikatornya sekaligus yang menyatu dengan tutupnya. Isi dari eyeliner ini lebih cair dari eyeliner pen.

Karena teksturnya cair, maka perlu keahlian khusus dalam mengaplikasikannya. Namun hal itu bukan sulit apabila sudah terbiasa. Latihan dan latihan terus akan membuat pemakainya semakin jago.

Garis yang dihasilkan dari eyeliner ini pun sangat cantik dan berwarna pekat. Biasanya berwarna hitam atau abu-abu. Untuk warna hitam sendiri terdapat dua tampilan yaitu matte yang terkesan kering dan glossy yang berkilau.

Liquid eyeliner glossy sangat cocok digunakan untuk acara di malam hari. Karena akan mengesankan tampilan yang glamor meskipun riasan wajah sederhana saja. Sedangkan di siang hari sebaiknya menggunakan eyeliner yang matte saja.

4. Gel Eyeliner

Gel eyeliner mirip dengan Liquid eyeliner, akan tetapi formulanya lebih pekat dan kental. Biasanya gel eyeliner dikemas di dalam wadah yang kokoh dan digunakan dengan kuas khusus yang harus selalu dibersihkan setiap kali selesai dipakai. Karena apabila tidak dibersihkan, maka sisa produk yang menempel di kuas akan mengering dan membuat kuas tidak menghasilkan garis yang maksimal.

Hijab

 

Gel eyeliner ini sangat cantik apabila diaplikasikan di kelopak mata hingga ke luar. Sangat cocok untuk membuat Arabic liner yang dramatis. Untuk membuat Arabic liner atau riasan mata Arabic yang dramatis, Sobat hanya perlu menggambar garis luar dengan pen eyeliner lalu mengisi bagian dalamnya dengan gel eyeliner ini.

Sebaiknya bila menggunakan gel eyeliner, jangan membiarkan kemasan terbuka terlalu lama karena itu bisa mengakibatkan produk di dalamnya mengering dan menggumpal ketika digunakan. Teman-teman bisa memiih produk gel eyeliner dari Pixy Cosmerics dengan harga di bawah Rp. 50.000 atau merk Wardah.

Bagaimana? Kira-kira eyeliner mana yang jadi andalan dan kesayangan Sobat? [Arwen Candra Tatiano]

Baca juga:

Mengaplikasikan Liquid Liner Spesial bagi Pemula

Tiga Buah Ini Bisa Mencerahkan Kulit Sekitar Siku dan Lutut Secara Alami 

Cara Memanjangkan Bulu Mata Secara Alami 

Cara Mudah Membersihkan Dapur dalam Waktu Singkat



Komentar Untuk artikel Ini (0)

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas