Ilustrasi buah | Istockfoto

Asmarainjogja.id – Apa kamu ingin melakukan perjalanan saat ini? Entah itu pergi liburan atau untuk kepentingan lain, dan berniat melakukan perjalanan dalam kendaraan. Pasti sangat menyenangkan dan persiapan untuk melakukan keberangkatan tersebut sudah diatur sedemikian rupa, sehingga tidak ada yang terlewat sedikitpun, semua masuk rapi dalam kopor yang hendak dibawa.

By the way, apa saja yang kamu bawa? Membawa bahan makanan adalah bisa jadi salah satu yang harus ada. Di samping aneka permen, coklat, roti, kue kering dan camilan hingga yang sedikit mengenyangkan seperti arem-arem nasi atau roti tawar juga masuk di dalamnya, buah juga termasuk.

Tapi tahukah kamu, bahwa tidak semua jenis buah-buahan segar itu dapat kamu bawa, sebab aroma yang keluar dari tubuh buah tersebut dipercaya bisa memicu rasa mual dan muntah selama dalam perjalanan.

1. Durian

Kalau kamu termasuk penyuka buah beraroma tajam ini, sebaiknya tahan saja dulu acara menyantapnya, sebab bau yang dikeluarkan oleh buah berduri ini bila bertemu dengan gas mesin acap kali menimbulkan rasa mual, atau dengan kata lain ia pemicu rasa mual.

2. Nangka

Buah ini hampir sama dengan durian, juga beraroma menyengat hidung, sebaiknya juga jangan kamu konsumsi selama dalam perjalanan

3. Apel

Meski terlihat sepele aroma dari buah yang bila kamu gigit ini menimbulkan sensasi tersendiri, namun faktanya aroma dalam buah apel juga kurang bagus tercium oleh hidung, untuk orang tertentu bisa menyebabkan mual di perut.

4. Pisang

Jangan menganggap remeh buah ini, karena untuk jenis pisang jenis lain misalnya pisang ambon, juga mengeluarakan aroma yang kurang sedap bila terhirup.


Hijab

 

5. Semangka

Tampak segar dan menggiurkan sebab mengandung air tinggi, tapi mengonsumsi semangka dapat menyebabkan perut kembung.

Tapi kamu jangan cemas, meski beberapa dilarang dibawa, tapi aneka buah ini dapat jadi alternatif buat ngemil selama di mobil atau di pesawat.

1. Jeruk

Aromanya sangat khas dan menggiurkan, walaupun terdapat kulit yang harus dibuang, tapi wangi dari buah jeruk ini dipercaya mampu mengatasi rasa mual ingin muntah saat naik kendaraan. Sebagai terapi sementara, usai muntah jangan makan yang beraroma menyengat seperti makan telur rebus yang berbau amis.

2. Salak

Salak juga bagus bila kamu bawa sebagai bekal, buahnya agak keras dan sedikit mengeluarkan aroma tersendiri, buah ini penangkal rasa mual bukan pemicu.

3. Siwalan

Buah yang masih satu marga dengan buah kolang-kaling ini, juga dipercaya mampu mengobati perut mual. Airnya yang keluar dari buah saat dibelah, menimbulkan sensasi tersendiri bila disantap saat dalam perjalanan.

4. Anggur

Bentuknya mungil praktis dan cara memakannyapun tidak ribet. Rasa segarnya juga bisa menangkal rasa mual.

5. Duku

Mirip dengan buah anggur dengan aroma khas, buah duku juga bukan pemicu rasa mual perut.

6. Kesemek

Buah ini tekstur dagingnya menyerupai buah apel juga mengeluarkan aroma khas, boleh kamu makan selama perjalanan.

7. Melon

Masih kerabat dengan buah semangka yang berair, namun meski sama-sama berair dan ada aroma menyengat, masih rancu dibedakan. Ada yang merasa nyaman dikonsumsi selama perjalanan dan ada pula yang tidak. Solusinya kamu sendiri yang membedakan. Jika tidak masalah boleh dimakan, akan tetapi jika merasa mual sebaiknya jangan!

8. Pepaya

Mempunyai kandungan air cukup banyak seperti semangka dan melon, tapi pepaya aman dikonsumsi selama dalam perjalanan.

Di samping buah-buah di atas tadi buah dondong atau nenas juga bagus untuk ikut serta kalian bawa, buat rujak buah atau setup, nikmat disantap saat berada dalam perjalanan.

Mengonsumsi buah-buahan segar memang sangat bagus dilakukan, tapi pastikan lambungmu merasa nyaman. Buah yang diuraikan di atas tak selamanya cocok untuk semua orang. Ada yang nikmat menyantap semua buah dan baik-baik saja, tapi ada juga yang tidak. Jadi tergantung dirimu  dalam memilih. Jangan sampai karena makan buah, perutmu yang semula adem malah ingin muntah sebab mual. Dan bila sudah terlanjur muntah, tentunya menggangu perjalanan kamu, jadi hati-hati, ya?

Hijab

 

Bila merasa kurang kenyang, ada roti selai, biskuit hingga arem-arem yang mengenyangkan, atau jika mau yang ringan bisa ngemil kue kering atau camilan. Sedapat mungkin perutmu harus terus terisi jangan sampai kosong tak ada makanan yang masuk ke tubuh, sebab bisa memicu perut mual dan kurang enak badan saat telah sampai di tempat tujuan.

Memang perjalanan yang menyenangkan selalu menjadi impian semua orang, tapi apa jadinya bila kamu beberapa menit di dalam mobil, tiba-tiba perut terasa mual, sebab menghirup aroma buah   tertentu, bukankah ini juga sangat menganggu. Selagi bisa hindarilah dan jangan kamu masukkan ke dalam tas. Sediakan pula selalu beberapa kantong plastik jika sewaktu-waktu kamu merasa mual dan muntah secara mendadak.

Cara mengantisipasi rasa mual dengan meminum obat mual, minimal satu jam sebelum kendaraan berangkat, gunanya untuk mencegah mabuk. Tak boleh ketinggalan juga minyak angin dan balsem hangat untuk mengoles bagian tengkuk, kening dan perut, jika perut sudah mulai merasakan mual. Berusahalah rilek dan dengarkan alunan musik lembut melalui earphone, bila mengantuk tidurlah! Buat dirimu merasa santai selama dalam kendaraan.

Selamat mencoba dan semoga perjalananmu menyenangkan dan nyaman. [Siti Royani]

Baca juga:

7 Tips Berwisata Aman Meski Sedang Musim Hujan

9 Alternatif Wisata Ini Menarik Dikunjungi di Musim Hujan

Pantai Banyu Tibo, Sensai Air Terjun dan Serunya Berenang Dihantam Ombak

Petualangan Kami di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Keindahan Waduk Wadaslintang dari Bukit Windusari Erorejo



Komentar Untuk artikel Ini (0)

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas