Ilustrasi ayam kecap | Istockfoto

Asmarainjogja.id – Salah satu penyebab mengapa anak kos sering hidup boros, adalah soal budget yang dikeluarkan setiap hari untuk makan. Semua orang tahu membeli makanan di warung relatif mahal dan belum tentu terjamin kesehatannya. Memasak sendiri pilihan praktis, di samping lebih hemat juga melatih kesabaran dan dapat mengembangkan potensi lain pada dirimu.

Siapa tahu dari sering rajinnya mengolah menu masakan, suatu saat kamu   bisa jadi pengusaha makanan atau chef handal dengan bayaran selangit. Kamu tidak bisa meramal masa depanmu, bukan?

Dan di bawah ini ada contoh menu masakan yang bisa dicoba.

1. Sambal 

Cobalah sesuaikan dengan waktu luang dan ketersediaan barang yang ada di kulkas. Opsi berupa menu dari sayuran, tahu dan tempe, telur, ayam, daging hingga mie telor.

Sambal merupakan menu yang wajib ada, sebab pelengkap makan nasi ini dapat membangkitkan nafsu makan, jadi kamu harus menyediakan ini di dalam kulkas, ya? Sediakan cabai, bawang merah dan putih, terasi, tomat, kemiri yang digoreng terlebih dahulu, dan beberapa udang kering atau teri kering.

Cara membuat sambal, kamu rebus cabai, tomat, bawang merah dan putih serta kemiri, setelah itu blender dan tumis, masukkan terasi, sedikit asam jawa, gula garam dan bubuk kaldu ayam, tambahkan sedikit air beberapa sendok, aduk-aduk hingga meresap, cicipi dan angkat segera, Jika kamu menginginkan lebih gurih, bisa kamu tambahkan udang kering atau teri yang sudah terlebih dahulu digoreng dan diikutsertakan dihaluskan bersama bumbu-bumbu tadi.

Sambal ini terbilang sangat praktis, berguna untuk macam-macam manfaat, misalnya saat ingin menggoreng nasi di pagi buat sarapan, kamu tinggal menambahkan di bumbu bawang merah dan putih yang sebelumnya telah kamu tumis. Untuk campuran bumbu sayur asam juga bisa, dimakan langsung dengan lauk tempe tahu goreng dan sayur bening, juga tak kalah nikmat, dan sebagainya.

2. Rendang

Lebih hemat, bahan yang dibutuhkan yaitu daging, santan instan, bawang merah dan putih, cabai, jahe kunyit, lengkuas, batang sereh, daun kunyit, asam jawa, gula garam dan bubuk kaldu. Cara memasaknya adalah haluskan semua bumbu lalu tumis, masukkan daging yang telah dipotong mengikuti serat, kemudian aneka bumbu lain, setelah agak empuk masukkan santan berikut garam, gula, asam jawa, dan bubuk kaldu, cicipi tunggu matang sempurna dan angkat. Daging bisa juga diganti dengan ayam, seafood juga boleh bila suka.


Hijab

Resep lain bola-bola daging, adapun cara memasaknya adalah hancurkan daging lalu tambahkan lada, bawang putih yang telah dihaluskan dan telur, aduk jadi satu dan bentuk bola-bola kecil dan goreng sampai matang, tumis bumbu seperti bawang bombay cincang, bawang putih iris dan jahe parut hingga harum, tambahkan lada bubuk, air secukupnya, saus tomat, gula, garam dan bubuk kaldu, cicipi. Masukkan bola daging aduk dan angkat segera. Sama seperti resep rendang, daging boleh diganti dengan bakso, seafood atau ayam cincang.

Tumis daging dan sayuran juga bisa, caranya cincang daging, iris buncis dan wortel, tumis bawang bombay, bawang putih dan jahe yang sudah terlebih dahulu dihaluskan, kemudian masukkan daging tunggu sampai setengah matang baru sayuran, bumbui lada, kecap manis dan asin, saus tiram, aduk gula garam dan bubuk kaldu jangan lupa, cicipi dan angkat segera. Resep ini bisa kamu aplikasikan pada menu bahan lain, boleh ganti ayam yang juga telah dicincang sebelumnya, atau bakso, dan jenis seafood, semua cocok masuk ke resep ini.

3. Serundeng Atau Dendeng Ragi

Ini juga nikmat disantap dengan sepiring nasi panas pagi hari saat sarapan dan sangat praktis. Serundeng ini bisa udang, daging atau ayam yang sebelumnya telah dicincang terlebih dahulu. Bahan yang dibutuhkan kelapa parut setengah tua, dikira-kira, ya, dengan bahan lauk, untuk setengah butir kelapa lauk sekilo.Bumbunya bawang merah dan putih, kemiri, ketumbar bubuk, kunyit jahe, laos, daun salam, batang sereh, asam jawa, gula merah, gula pasir, garam dan bubuk kaldu.

Untuk memasak yang dicampur daging atau ayam bumbu bisa langsung dicampur sekalian dan tambahkan air, aduk terus sampai air mengering. Tapi bila menggunakan seafood, bumbu dan parutan harus dimatangkan hingga setengah layu, setelah itu seefood masuk, tunggu sampai air mengering lalu angkat. Khusus bila ayam yang dipakai, ayam bisa dipotong beberapa bagian atau dapat pula direbus dahulu dan disuwir-suwir kecil dicampur kelapa, bumbu dan air, direbus setelah agak mengering air diaduk-aduk hingga matang.

4. Menu Olahan Telur

Telur bisa dimasak macam variasi, dan untuk masak praktis, ada beberapa resep berikut ini.

a. Telur Orak-Arik

Caranya tumis buncis, wortel hingga layu dengan bawang putih cincang, tambahkan lada bubuk, bubuhi garam dan sedikit gula, kecap asin dan bubuk kaldu tambahkan sedikit air. Setelah sayuran layu masukkan telur dan aduk-aduk, cicipi dan angkat.

b. Endog Gendeng

Semacam telur dadar, hanya dalam adonan ditambahkan sedikit tepung terigu dan air, bumbui garam, bawang putih cincang, bubuk kaldu, dan irisan daun bawang atau daun kucai, dadar tebal-tebal di wajan teflon.

5. Menu Memasak Ayam 

a. Opor Ayam

Bahan yang dibutuhkan daging : ayam, santan instan, bawang merah dan putih, kunyit, jahe, daun salam, lengkuas serta batang serai. Cara memasaknya adalah tumis bumbu hingga harum, masukkan ayam dan santan, bumbui gula garam serta bubuk kaldu, tambahkan bahan bumbu lain, cicipi lalu angkat.

b. Ayam Kecap

Bahan yang dibutuhkan daging ayam berserta bumbu pendukung, cara membuatnya adalah tumis bawang bombay, merah dan putih, masukkan ayam. Setelah ayam lunak tambahkan kecap manis dan asin, lada bubuk, gula garam, saus tiram, serta bubuk kaldu dan sedikit air. Aduk rata kemudian cicpi, angkat

c. Bakso Ayam

Campur sekilo ayam cincang, 75 ons tepung kanji, 50 gram tepung bakso, bawang merah dan putih, bawang goreng, lada bubuk, gula garam dan bubuk kaldu, dan satu butir telur. Giling dan bentuk bulat masukkan ke dalam air mendidih, angkat dan kukus selama kurang lebih 30 menit, setelah dingin letakkan di frezzer, bakso ini bisa bertahan satu bulan lamanya, dan dimasak seperlunya.

6. Olahan Tahu dan Tempe

a. Setup Tahu Dan Tempe

Goreng tahu atau tempe hingga kering yang sebelumya sudah dipotong bentuk kotak-kotak kecil sisihkan, iris tipis tomat dan daun bawang, wortel potong bentuk kotak sisihkan. Tumis jahe, bawang bombay dan bawang putih cincang, masukkan wortel dan tahu, setelah layu tambahkan air, masukkan gula garam, kecap manis asin dan bubuk kaldu, cicipi, sebelum diangkat masukkan tomat dan daun bawang.

b. Perkedel

Cara membuatnya adalah campur tahu atau tempe, tambahkan bawang putih, lada, garam serta bubuk kaldu, lalu telur kocok, bentuklah bulat, pipihkan lalu goreng.

7. Olahan Ikan

Pilih yang praktis, ya?

a. Asem-asem

Cara masaknya adalah tumis bawang merah dan putih, kunyit dan jahe serta cabai, masukkan ikan tambahkan air, masukkan gula garam, bubuk kaldu, lengkuas, batang sereh, dan asam. Cicipi lalu tambahkan potongan tomat sebelum diangkat. Ikan bisa diganti daging atau  ayam.

Hijab

b. Ikan Masak Acar Kuning

Cara memasakny adalah siapkan ikan bersihkan dan goreng, tumis bawang merah putih, kunyit jahe yang sebelumnya telah dihaluskan, tambahkan kemiri tumbuk, masukkan air masak hingga mendidih, setelah itu ikan, bumbui garam gula dan bubuk kaldu, cicipi. Terakhir sebelum diangkat tambahkan irisan bawang merah mentah, cabai dan tomat serta sedikit kucuran cuka.

c. Pindang Bandeng

Semua jenis ikan bisa diguakan, cara memasaknya adalah bersihkan ikan dan cuci, sisihkan, tumis bawang merah putih dan cabai. Setelah itu masukkan jahe dan kunyit yang telah digeprek terlebih dahulu, terus air, setelah mendidih masukan ikan dan tunggu sampai lunak sembari bumbui garam, gula, kecap asin, asam, bubuk kaldu, jangan lupa juga daun jeruk, daun salam, batang sereh dan lengkuas. Cicipi dan hidangkan panas-panas.

8. Olahan Sayuran

Bisa sup, sayur bening, sayur asam, aneka tumis dan sayur santan. Cara memaskanya direbus seperti sup, sayur bening dan sayur asam, hanya membutuhkan beberapa bumbu. Untuk sup, bawang merah dan putih plus jahe, semua dihaluskan dan ditumis, masukan air, lalu sayuran. Setelah itu lada bubuk, garam gula masuk terakhir bubuk kaldu.

Untuk sayur bening hanya irisan bawang merah tanpa ditumis dan sedikit temu kunci geprek, gula garam serta bubuk kaldu, sedang sayur asam bawang merah dan putih, cabai, tomat dan sedikit asam jawa, dimasak bersama air, setelah mendidih masukan sayuran, gula garam dan bubuk kaldu, cicipi sebelum kamu angkat.

Sayuran santan, tumis bawang merah putih, cabai, jahe, kemiri yang telah dihaluskan terlebih dahulu. Kemudian masukan santan, setelah mendidih sayuran masuk, bubuhi dengan lada, daun salam, lengkuas. Masukan garam gula da bubuk kaldu, cicipi sebelum angkat.

8. Olahan Mie

Menu ini bisa dibuat beragam, tapi lebih praktis akan ditulis yang mudah.

a. Mie Goreng

Cara memasaknya, rendam mie lalu tiriskan baluri sedikt minyak, tumis bawang merah dan putih hingga harum masukkan sayuran dan tambahkan sedikit air. Setelah lunak masukan mie, bumbui lada bubuk, garam gula dan bubuk kaldu, sedikit kecap manis, aduk rata, cicpi sebelum diangkat

b. Soto Mie Santan

Siapkan bumbu instan, tumis bawang merah putih dan jahe yang sudah dihaluskan, masukkan air, santan instan dan bumbu soto, lada bubuk, daun jeruk, lengkuas, kunyit bubuk, daun salam, garam gula serta bubuk kaldu. Setelah mendidih masukan mie, cicpi dan hidangkan panas-panas, ya?

Jika ingin membuat bumbu soto alami begini resepnya, haluskan bawang merah putih, jahe kunyit, lengkuas dan daun jeruk, batang pangkal sereh, blender semua, baru nanti dicampur bumbu lain seperti keterangan di atas.

Berikut ukuran bahan untuk semua resep, bisa dikalikan bahan sesuai kebutuhan.

Untuk seperempat kilo ikan, ayam atau daging bumbu yang ditambahkan 2 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, jahe kunyit masing-masing 1cm, lengkuas dan batang sereh 3cm, daun jeruk 3 lembar, 2 lembar daun salam. Minyak yang digunakan untuk menumis 2 sendok makan, santan instan sebungkus, gula 1 sendok makan, garam setengah sendok makan, 1 sendok teh bubuk kaldu.

Untuk ukuran rasa manis asam, tergantung seleramu, bumbu bisa meracik sendiri atau beli yang sudah jadi. [Siti Royani]

Baca juga:

Cara Makan Seafood yang Lezat, Hemat, dan Puas di Pantai Depok Yogyakarta

Tahu Serasi, Kuliner Khas Bandungan yang Menggugah Selera

Lezatnya Sate Kelinci Khas Bandungan

Mencicip Makanan Khas Patuk di Festival Kuliner 1001 Sompil



Komentar Untuk artikel Ini (0)

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas