Bunda Teresa dikultus jadi manusia suci oleh Paus Fransiskus | Foto via Guardian

Asmarainjogja.id – Hari Minggu, 4 September 2106, di hadapan ratusan ribu umat Katolik dari berbagai dunia menyaksikan pengkultusan  Bunda Teresa sebagai manusia  Suci oleh Paus Fransiscus.

Di bawah gambar  besar Bunda Teresa, Paus Fransiskus mengkultuskan bahwa Bunda Teresa adalah sosok manusia yang suci. Dan diperintahkan pula di setiap gereja di dunia menghormati dan mensucikannya.

“Setelah musyawarah, mencari nasihat dari banyak uskup, dan berdoa, kami menyatakan dan mendefinisikan beata (red: yang diberkati) Teresa dari Kalkuta menjadi suci. Dan kami mendaftarkan dirinya di antara orang-orang kudus, bahwa dia harus dihormati seperti itu di seluruh gereja,” ucap Paus Fransiscus di Lapangan Santo Petrus di Vatikan, seperti yang diwartakan oleh Guardian.

Bunda Teresa yang bernama lengkap Agnes Gonxha Bojaxhiu adalah seorang biarawati Katolik yang mengabdikan dirinya untuk kemanusiaan di Kalkuta, Benggala Barat, India.

Ia mendirikan misionaris Cinta Kasih, sebuah gerakan keagamaan yang bertujuan merawat orang miskin di dunia, pada tahun 1950 di India. Kemudian pada tahun 1979 Bunda Teresa memenangkan nobel perdamaian.

Keajaiban Bunda Teresa dalam penyembuhan penyakit kanker pada seorang wanita Monica Besra menimbulkan kontrovesi.

Ghosh Suaminya Monica Besra mengatakan kepada Time pada tahun 2002, “Istri saya sembuh oleh dokter dan bukan oleh mukjizat.”

Ia juga menyimpan video pengobatan istrinya oleh obat-obatan, bukan dari Bunda Teresa.

Namun Monica Besra mengklaim bahwa ia sembuh karena Bunda teresa.

“Saya mengambil obat dokter, muntah, dan mengalami banyak rasa sakit. Tapi ketika saya berdoa kepada Bunda Teresa dari hati saya, Ibu Teresa memberkati saya dan sekarang saya sehat,” katanya kepada CNN. “Seluruh desa dan saya sangat senang apabila Bunda Teresa menjadi orang suci,” tulis Tempo dalam beritanya. [Asmara Dewo]



Komentar Untuk artikel Ini (0)

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas