Ilustrasi produk baru | Foto Bigstock

Asmarainjogja.id – Apakah Anda siap memperkenalkan produk baru di tengah-tengah masyarakat? Sementara produk tersebut mungkin asing bagi mereka. Jika Anda siap dan berani inilah peluang terbesar di dunia bisnis. Sebab banyak juga pebisnis itu hanya ikut-ikutan, ketika pebisnis lain sudah sukses atas produknya, pebisnis lain pun ikut menciptakan produk yang hampir sama. Memang setiap produk selalu ada pasarnya, hanya saja peluang lebih besar tentunya milik sang pelopor.

Nah, untuk menciptakan pasar juga tidak mudah, awalnya tentulah ditolak di sana-sini, masyarakat tentu tidak ingin mengambil risiko produk baru. Hanya saja ketika lambat laun produk itu mulai diterima masyarakat luas, maka produknya akan kebanjiran orderan. Sehingga dampak ini membuatnya menjadi pebisnis besar dan sukses.

Kalau saya bilang, inilah kunci utama pebisnis besar itu, yakni bisa mencipatkan produk baru, dan berani menciptakan pasarnya. Saya selalu berpikir, produk apa yang belum ada di Indonesia. Jika suatu hari nanti peluang itu ada, dan modal mendukung, maka tanpa pikir-pikir lagi akan membuat terobosan baru di dunia bisnis.

Untuk sekarang sebenarnya sudah muncul ide bisnis itu, hanya saja modal belum mendukung, jadi saya tahan dulu, mungkin beberapa bulan atau tahun lagi. Untuk saat ini fokus ke bisnis yang sedang dikembangkan, sembari menyusun strategi pemasarannya dan membumikan personal branding.

Pertanyaannya kenapa harus repot-repot menciptakan produk baru yang belum ada di pasar? Sementara yang sudah ada saja belum digarap sepenuhnya? Dan terlebih lagi banyak juga perusahaan yang gagal atas produk barunya.

Jawabannya sederhana, seperti yang sudah disinggung di awal, jika kita menciptakan produk baru dan bisa diterima oleh masyarakat. Maka perusahaan kita akan menjadi legenda di bumi bisnis Indonesia. Lihatlah perusahaan air minum mineral Aqua, dialah sang pelopor dan sekaligus sang legenda di dunia bisnis air minum mineral. Bahkan masyarakat kita, atau malah kita sendiri jika ingin membeli air minum mineral, kita bertanya seperti ini: “Ada Aqua?”.

Dan terkadang pedagang itu mengambilkan brand lain, bukan Aqua. Padahal yang kita minta adalah Aqua. Inilah kesuksesan Aqua, mampu menanamkan brandnya di masyarakat Indonesia. Jika ingin membeli air minum mineral selalu ingat Aqua. Nah, sekarang ada berapa banyak perusahaan air minum mineral yang mengekor ke Aqua? Tak terhitung lagi. Mulai dari kelas perusahaan nasional, sampai yang dari kelas lokal.

Sebuah bisnis yang pada masanya dianggap sebelah mata, sebuah terobosan terbaru yang dianggap tidak mungkin laku. Sebab apa? Karena setiap rumah sudah pasti ada air minum, yaitu air putih, yang kita minum sehari-hari. Jadi tidak perlu harus beli di luar air minum mineral lagi. Memang benar, hanya saja ketika kita di luar rumah, mungkin di tempat bekerja, di perjalanan, tentu kita butuh air minum. Nah, di sanalah pemasaran air mineral itu mulai dilirik dan dibutuhkan.

Manusia modern semakin hari hidupnya ingin selalu cepat, tidak mau repot, dan lain sebagainya yang menyusahkan. Termasuk membawa air minum dari rumah. Sebenarnya apa, sih, susahnya membawa air minum dari rumah? Tapi lihatlah orang-orang di sekitar kita lebih suka beli minum di luar. Dampaknya adalah perusahaan air minum mineral semakin laris manis, karena budaya masyarakatnya sendiri.

Aqua juga merambah ke rumah-rumah, mereka memenuhi kebutuhan keluarga yang tidak mau repot lagi memasak air minum. Maka hadirlah galon air Aqua, di rumah-rumah Indonesia, di kos-kosan mahasiswa dan pekerja. Klop sudah, di luar pasar air mineralnya dapat, di rumah juga dapat. Terobosan-terobosan terbaru mengantarkan perusahaannya semakin besar, dan terus membesar.

Inila salah satu contoh perusahaan dengan menciptakan produk baru di masanya, dan menciptakan pasarnya sendiri. Kita lihat sekarang bagaimana besarnya perusahaan Aqua sekarang. Begitu menakjubkan. Dari ujung ke ujung Indonesia semua terjamah dengan air minum mineral dengan brand Aqua, juga sudah dikenal di kancah internasional. Soal keuntungan perusahaan, sudahlah jangan ditanya lagi, hahaha. Nanti kita tidak bisa tidur mengingat angkanya.

Pertanyaannya sekarang adalah produk apa yang akan Anda ciptakan? Oh ya, jangan keliru pula, produk di sini bisa barang dan jasa. Maka produk jasa juga berpeluang besar di bidangnya.

Lalu bagaimana pula untuk mencari ide produk baru itu sendiri? Sebenarnya untuk mencari idenya itu mudah saja, tinggal dilihat produk apa yang belum ada di negara kita. Jika belum ada, maka garap segera! Setelah idenya muncul, mulailah mempelajari cara memproduksinya. Jika tidak paham bagaimana memproduksinya, hal ini bisa menggunakan jasa orang lain. Intinya jangan mudah menyerah, yang penting Anda-lah sang pelopor di bisnis tersebut.

Dan tahap berikutnya adalah menciptakan pasar produk Anda. Inilah sebenarnya tantangan terberat itu, bisakah produk Anda diterima masyarakat? Jika di awal banyak menerima penolakan, itu hal yang biasa. Toh, Aqua perusahaan besar tersebut awalnya juga ditolak di mana-mana. Jangan berkecil hati. Kuncinya adalah fokus kepada konsumen yang menerima saja, yang menolak abaikan saja dulu.

Ini hal yang sangat penting, jika 1 konsumen sudah menerima, maka yang lain akan ikut-ikutan. Percayalah! Pada umumnya manusia itu suka yang ikut-ikutan, dan tidak mau menjadi orang yang pertama. Bukankah kita sering mendengar ucapan seperti ini: “Biarkan saja dia dulu!”. Padahal sebaiknya adalah: “Kita harus yang pertama.”. [Asmara Dewo]

Baca juga:

Memahami Segmen Pasar untuk Menggeliatkan Penjualan

Pentingnya Inovasi Produk Terbaru di Bisnis

Reseller, Ini Manfaat Kalau Memakai Foto Produk yang Bagus

Menciptakan Marketer Otomatis ala Starbucks dan Mirota Kampus

Artikel bisnis saya juga dimuat di Islampos, silahkan dibaca:

Bisnisnya Dulu Dijalankan, Modal Belakangan 

Berikutnya di Situs Kumparan:

Kemarahan dan Air Mata di Bisnis

padusi

Komentar Untuk artikel Ini (0)

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas