Tong setan dan Omba Asmara | Foto asmrainjogja, Rizka Wahyuni

Asmarainjogja.id – Pasar Sekaten merupakan acara tahunan yang diselanggarakan oleh pemerintahan Yogyakarta untuk menyambut maulid Nabi Muhamamad SAW. Acara sekaten digelar sudah dimulai sejak dulu kala, di zaman Mataram Islam. Dan untuk mengikuti perkembangan zaman, maka wahana permainan dan berbagai hiburan turut pula disertakan.

Selain itu berbagai wisata kuliner juga patut untuk dicicipi bagi Anda yang hobi berinteraksi dengan makanan dan minuman. Mulai dari telur kerak asli Betawi, sampai es cream pelangi yang lagi ngehits. Itu ukuran esnya super jumbo. Dan makannya cocoknya beramai-ramai.

Es pelangi

Es Pelangi | Foto asmarainjogj, Asmara Dewo

Bagi Anda yang ingin membawa si buah hati juga tak perlu risau, ada banyak sekali wahana permainan anak-anak yang sangat mengasyikkan. Dan berdirinya ratusan stan-stan bagi para penjual turut menyemarakaan Pasar Sekaten. Semua ada dijual di sana, namun tentu saja, seperti biasa yang dijual di pasar malam.

Bagi yang berkunjung setiap di akhir pekan, siap-siap berjubel di antara lautan manusia. Sungguh, betul-betul ramai jika di malam Minggu. Macet total, dan berdesak-desakan.

Pasar sekaten

Di keramaian pasar Sekaten | Foto asmarainjogja, Asmara Dewo

Baca juga:

Asyik dan Ngeri Nonton Pacu Kuda di Yogyakarta, Satu Kuda Mengamuk Ganas

Ini Alasannya Kota Yogyakarta Dikunjungi dari Berbagai Kalangan

14 Tarian Semarakkan HUT Yogyakarta ke-260

Pasar Sekaten ini diadakan di Alun-alun lor, di depan Keraton Yogyakarta. Dimulai pada tanggal 18 November sampai 11 Desember 2016. Bagi Anda yang sedang berkunjung ke Kota Gudeg ini sangat disayangkan jika melewatkan acara tahunan tersebut.

Nah, yang cukup mendebarkan melihat hiburan di sana adalah tong stand atau tong setan dan omba asmara. Tong setan adalah atraksi motor yang mengelilingi tong yang berukuran raksasa dengan sangat lihai. Tentu saja ini dilakukan oleh orang-orang yang ahli di bidang tersebut. Biasanya motor yang digunakan motor yang memiliki kecepatan tinggi dan sangat sehat.

Tong setan

Biker tong setan | Foto asmarainjogja, Rizka Wahyuni

Sebelum menujukkan atraksi tersebut, biker itu menggeber-nggeber motornya, membuat nyaring melenting suaranya sampai ke luar. Setelah penonton mulai ramai di atas. Si biker tadi pun mulai menunjukkan skill yang bertentangan dengan maut tersebut. Berputar-putar ke arah jarum jam, tanpa rasa takut, bahkan melepaskan tangan dan menyapa para penonton dengan tersenyum manis.

Penonton yang terharu, cemas, senang, campur aduk dibuat si biker. Tak jarang pula penonton yang bermurah hati mengeluarkan beberapa rupiah dari kantongnya, lalu dengan cepat si biker menyambarnya. Sangat seru menonton tong setan ini. Oh ya, untuk tiket masuknya hanya Rp. 8.000 per orang. Durasi atraksi yang membuat jantung hampir copot itu sekitar 10 menit. Cukup puas.

Jangan lupa siapkan kamera terbaik Anda untuk mengabadikan atraksi tong setan. Sebab ini permainan musiman, dan biasanya juga ada di pasar malam. Bila perlu divideokan, itu lebih kreatif lagi.

Nah, yang kedua adalah omba asmara. Omba asmara ini merupakan wahana permainan yang dilakukan secara manual, tanpa mesin sama sekali. Nah, para crew omba asmara akan memutar untuk mendorong wahana itu. Bahkan para crew tersebut sambil bersalto-salto di udara sambil tangannya masih memegang besi. Dan itu sungguh mendebarkan penonton. Dan riuh decak kagum ribut sepanjang atraksi omba asmara.

Obak asmara

Obak asmara | Foto asmarainjogja, Asmara Dewo

Permainan ini diiringi musik house dan lampu disko, sesekali para crew tampak berjoged santai dengan peluh keringat membanjiri tubuhnya. Atraksi ini berdurasi sekitar 12 menit, yang ditutup dengan para crew memanjat wahana sampai dipuncak, lalu menembakkan kembang api ke langit malam. Tiket untuk merasakan sensasi omba asmara hanya Rp.8.000 per orang.  [Asmara Dewo]

 

Lihat atraksi tong setan:

Atraksi omba asmara

 



Komentar Untuk artikel Ini (0)

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas