Sunset di Bukit Lintang Sewu | Foto asmarainjogja, Asmara Dewo

Asmarainjogja.id – Hai, Guys, kalau saya bilang wisata di Yogyakarta itu tidak ada matinya, kamu percaya, nggak? Saya sendiri yang sudah menetap di Yogyakarta bertahun-tahun selalu takjub akan wisata di bumi kesultanan ini. Bagaimana tidak? Selalu saja ada spot-spot cantik yang baru dikelola. Tak heran para wisatawan melabeli Yogyakarta sebagai surganya tempat wisata.

Dan kali ini saya akan berbagi secuil cerita seru saat menunggu beduk sembari menatap sunset di Lintang Sewu. Kamu sudah pernah dengar belum? Kalau belum pas banget, kamu tinggal lanjutkan baca petualangan kami yang sangat rugi bila diabaikan. Serius. Paling tidak wisata yang satu ini bisa dijadikan alternatif liburan kamu saat di Yogyakarta. Atau juga bagi kamu orang Yogyakarta sendiri, jangan-jangan belum tahu ada wisata Lintang Sewu yang sedang populer ini? Iya apa iya? Hahaha.

Sore itu kami baru pulang dari Bukit Panguk, setelah sepakat kami terus melanjutkan wisata berikutnya. Karena melihat iklan spanduk Lintang Sewu yang berukuran raksasa, maka tanpa pikir panjang lagi kami mencari lokasinya. Tanya sebentar dengan warga, setelah dapat petunjuk arah, kami pun langsung melaju ke Lintang Sewu. Aihhh, tiba di sana pengunjung hanya beberapa orang, sepi banget, guys. Tapi bagus, deh, untuk pengambilan foto memang harus sepi, bila perlu sesepi kuburan, hahaha.

Sepi karena saat ramadhan, coba kalau bulan biasa, wuihh, pasti rame, banget. Mengingat di sana itu ada spot kece badai untuk berfoto, selfie oke, wefie, cuma iseng-iseng foto apalagi. Pokoknya nggak bakalan menyesal kalau sudah berkunjung ke sini. Saya tanya dulu, nih, apakah kamu suka menatap sunset? Dan apakah kamu satu di antara jutaan traveler yang selalu merindukan matahari terbenam? Kalau, iya, Lintang Sewu adalah jawaban segala gundah gulana di hati kamu.

Biar kamu mudah cari jejaknya, Lintang Sewu ini berada di Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Kalau pernah ke Hutan Pinus Mangunan tinggal ikuti saja terus jalan tersebut sampai jumpa wisata Bukit Lintang Sewu. Jaraknya juga tidak terlalu jauh, hanya beberapa kilo meter saja. Dan yang tak kalah penting lagi adalah tiket masuknya yang wow banget, cuma Rp 2.000. Parkir motor Rp 2.000, mobil Rp 4.000, sedangkan bus Rp 20.000. Haihhhh… memang top wisata Lintang Sewu ini, sudahlah pemandangannya cetar membahana, murah pula tiketnya. Siapa juga yang nolak, ya, kan?

Lintang sewu

Rizka Wahyuni di antara Pura Lintang Sewu | Foto asmarainjogja, Asmara Dewo

Sampai di pintu rimba, kami langsung mengeksplore apa saja yang ada di depan, namun tujuan kami adalah spot utama, yakni dua pura yang ada di atas bukit. Pihak pengelola wisata menyebutnya puncak tugu. Terserah, deh, apa mau disebutin, tugu kek, tower kek, tongkat bumi kek, yang penting bagi kami itu bangunan mirip pura seperti di candi-candi. Eksotis full.

Surya belum menyentuh garis horizon, kami masih sempat mengobrol ngalur ngidul di sana. Ada, sih, pengunjung lainnya, tapi jauh dari kami. Selain itu ada juga anak-anak warga sekitar yang membunyikan mercon, duh… itu anak-anak buat jantung mau copot saja. Untungnya pengelola langsung menegur para bocah. Suasana pun kembali tenang, damai, nyaman, benar-benar menyatu dengan alam. Sepanjang mata jauh memandang hamparan hijau terlihat elok di atas perbukitan.

Di atas bukit ini ada hutan kayu putih. Iseng saya coba memetik beberapa pucuk daunnya, saya coba oles-oles di tangan, hasilnya panas, hahaha. Persis seperti minyak kayu putih. Kalau masuk angin di sini berarti tinggal oles-oles saja, tuh, daunnya! Perut kembung pun langsung kempes. Wah. Kok jadi macam iklan begini.

Pura ini dikelilingi bermacam-macam bunga yang cantik dan dipagari kayu dengan kokoh, tepat di ujung pura terdapat gardu pandang. Nah, di sanalah biasanya para wisatawan mengabadikan foto kerennya yang berlatar gunung. Saya tidak tahu pasti apakah Gunung Merapi atau bukan? Sebab saat kami di sana gunungnya tertutup awan. Kamu bisa chek sendiri, deh, kalau di sini. Yang pastinya foto di antara kedua pura dengan latar gunung itu keren abis, Guys.

Sunset di Lintang Sewu

Sempurnanya sunset di Lintang Sewu | Foto asmarainjogja, Asmara Dewo

Waktu berputar tanpa terasa, sang surya kembali ke peraduan. Inilah moment yang kami tunggu-tunggu, sunset sang obat alam pelepas rindu traveler seperti kami. Kerinduan menatap matahari terbenam kami saksikan di sini, di Bukit Lintang Sewu. Perlahan ia menggelayut ditelan langit barat keemasan. Awan gemawan mulai tampak gelap, cuaca tampak hening. Semakin sepi.

Detik-detik jatuhnya raja siang begitu menakjubkan terlihat, seakan kami tak rela hilang begitu saja dari hadapan kami. Oh, alamku sayang, beri kami waktu beberapa waktu lagi agar kami puas menatap ciptaaan Allah SWT yang begitu indah. Alam tak bisa dibujuk dirayu, ia berputar sesuai porosnya. Siang berganti malam. Di saat petang itu pun waktu menunjukkan tanda-tanda berbuka puasa. Tak mau terbuai keindahan yang tak abadi, kami segera bergegas pulang.

Tapak Buto di Lintang Sewu

Tapak Buto di Lintang Sewu | Foto asmarainjogja, Asmara Dewo

Namun sebelumnya kami sempat mengabadikan Tapak Buto, gardu pandang yang tak kalah keren. Sebuah tapak raksasa yang dibuat dari papan yang menopang di batang pohon. Cukup eksostis juga kalau kamu mau berfoto di sana. Kalau ingin menatap pemandangan lebih seru sebenarnya, ya, di Tapak Buto ini, lebih elok dan jelas.

Rumah Tawon Lintang Sewu

Rumah Tawon di Lintang Sewu | Foto asmarainjogja, Asmara Dewo

Selain itu di sekitar bukit tersebut juga adar rumah tawon. Nah, rumah tawon itu dibuat dari reranting dan batang pohon. Biasanya juga para wisatawan tak mau ketinggalan mengambil foto di sini. Uniknya lagi berbagai bentuk rumah tawon ada di sana, seperti bentuk bundar, love, dan lain sebagainya.

Waktu benar-benar tak bisa dinego lagi, hari semakin gelap. detik-detik berbuka puasa sudah tiba, kami keluar dari Bukit Lintang Sewu yang menyuguhkan sunset yang sangat indah. Duh, rugi sekali rasanya kenapa baru sekarang sempat kami kunjungi. [Asmara Dewo]

Traveling ini disponsori oleh  Padusi Hijab.

Baca juga: 

Garangnya Offroad dan Semakin Ramainya Wisatawan di Tebing Breksi

Modal 2 Ribu, di Sini Bisa Berfoto Seperti Jack and Rose di Film Titanic

Serunya di Rumah Hobbit Seribu Batu Songgo Langit



Komentar Untuk artikel Ini (0)

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas