Gereja Ayam di Bukit Punthuk Setumbu

Asmarainjogja.id-Kepala bangunan itu masih terlihat jelas dari Nirwana Sunrise Borobudur.  Sebuah bangunan seperti ayam yang kini ramai diperbincangkan di media sosial. Setelah mengakhiri cerita di golden sunrise, kami pun menapaki jalan menuju bangunan  itu yang sempat diliput oleh media Internasional.

Kami harus melewati jalan yang licin sedikit terjal yang dinaungi pepohonan yang begitu rindang. Sinar mentari pagi terasa lembut memberikan energi agar kami tetap kuat melangkah. Ya, pagi itu petualangan yang cukup seru di Bukit Punthuk Setumbu.

Belakangan ini Bukit Rema  ramai dikunjungi, terutama dari wisatawan domestik. Rasa penasaran yang menggebu pada wisawatan tersebut karena film Ada Apa Dengan Cinta 2 (AADC2). Sekuel dari film AADC tersebut melanjutkan kisah cerita Rangga dan Cinta yang ditemukan kembali di Bukit Rhema, Gereja Ayam.

“Sebenarnya bangunan ini bentuknya merpati, Mas, bukan Ayam. Karena menurut agama Kristen merpati merupakan lambang dari kedamaian,” ujar guide yang ada di sana pada kami, Jumat (10/6/2016).

Sebuah bangunan yang cukup unik dan fantastis di tengah hutan dan puncak bukit ini memang memberi nuansa traveling yang sedikit berbeda. Biaya masuk ke sini Rp 10.000 untuk wisatawan lokal, sedangkan wisatawan mancanegara dikenakan Rp 15.000. Gereja Ayam ini dibangun sejak tahun 1989 oleh Daniel Alamsjah, tapi tahun 2000 terhenti, dan sampai sekarang tak kunjung usai.

Gereja Ayam, Andai jadi gereja betulan, inilah gereja yang paling imut di Indonesia | Foto AIJ

“Gereja ini nggak selesai karena ditentang warga sini, warga di sini kan mayoritas Muslim jadi nggak setuju ada pembangunan gereja. Jadi sekarang jadi rumah doa aja, Mas, sekaligus tempat rehabilitasi,” lanjut Guide itu lagi pada kami.

Di meja dekat pintu masuk ada kartu nama di sana, tertulis Panti Rehabilitasi Betesda. Membina orang-orang: 1. Gangguan jiwa 2. Kecanduan Narkoba 3. Kenakalan remaja.

Di rumah doa ini pengunjung yang mau berfoto di atas mahkota harus sabar antri, setiap pengunjung dikasi waktu 5 atau 10 menit di atas. Karena jumlah pengunjung dibatasi untuk bisa menikmati keindahan perbukitan Menoreh, golden sunrise, dan Candi Borobudur dalam selimut kabut.

Dari candi Borobudur sendiri menuju ke Gereja Ayam jaraknya berkisar 2,5 km. Lokasinya berada di Desa Kembanglimus, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Dan rute menuju Gereja Ayam juga mudah. Kalau dari Depan Candi Borobodur, di sebelah kiri terdapat Hotel Manohara. Nah, ikuti jalan tersebut sampai di persimpangan. Lalu belok ke kanan ikuti tanda plang menuju Bukit Rhema.[]

Penulis:  Asmara Dewo 

asmara dewoBaca juga:  Nirwana Sunrise Borobudur di Bukit Punthuk Setumbu

Lihat Matahari Tenggelam dengan Cara Sempurna di Bukit Paralayang

Candi Mendut yang dihuni 3 Arca Budha Terbesar

Yuk, gabung di Media Sosial kami!  Google+  Fanpage  Facebook  Twitter  YouTube

 








Custom Search




Komentar Untuk artikel Ini (0)

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas