Gunungan di Grebeg Maulud Nabi Muhammad SAW, Kraton Yogyakarta | Foto Asmarainjogja, Asmara Dewo

Asmarainjogja.id – Sejak pagi warga dan pengunjung sudah memadati Kraton Yogyakarta, mereka sangat antusias menyaksikan grebeg maulud nabi yang digelar setiap setahun sekali, tepatnya pada hari maulid Nabi Muhammad SAW, Senin (12/12/2016).

Acara budaya grebeg maulud nabi ini dimulai sejak pukul 10:00 sampai pukul 12:00 wib.

Upacara Grebeg Maulud Nabi ini dipimpin oleh Gusti Bendoro Pangeran Haryo (GBPH) Prabukusumo, adik Sultan Hamengku Buwono X.

Gusti Bendoro Pangeran Haryo (GBPH) Prabukusumo

Gusti Bendoro Pangeran Haryo (GBPH) Prabukusumo | Foto Asmarainjogja, Asmara Dewo

Ada 10 bregada (pasukan) yang tergabung dari Kesultanan Yogyakarta dan Pura Pakualaman. Para bregada dengan seragam lengkap prajurit membawa senjata dan  musik keluar dari kraton. Warga yang menyaksikan pun tampak berdesak-desakan, sesekali pihak pengamanan teriak-teriak menertibkan. Alunan musik seperti terompet, seruling, gendang, dan derap kaki prajurit mantap iring-iringan ke Alun-alun Utara.

Pasukan kuda dan gajah juga tampak mengiringi prosesi acara paling meriah di antara acara grebeg lainnya.

Baca juga:

Tarian Talang Kencono dan Katon Bagaskara Semarakkan Festival Gunung Sewu

Dua Atraksi Paling Mendebarkan di Pasar Sekaten Yogyakarta

Asyik dan Ngeri Nonton Pacu Kuda di Yogyakarta, Satu Kuda Mengamuk Ganas

Tak lama kemudian 7 gunungan yang begitu besar dipikul oleh para abdi dalem,dan dikawal dengan bregada menuju Masjid Gedhe Kauman dan Pura Pakualaman. Panitia upacara mengumumkan, tak berapa lama tiba di Masjid Agung Kauman, gunungan itu pun habis direbut para warga, sebelum didoakan oleh para abdi dalem.

Menurut kepercayaan warga Yogyakarta, apapun yang didapat dari gunungan itu, entah itu sayur, buah, adalah sebuah keberkahan. Maka tak heran dalam tempo singkat, gunungan itu pun habis dalam sekejap. [Asmara Dewo]

Tonton videonya:

 



Komentar Untuk artikel Ini (0)

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas