Presiden Barrack Obama saat tiba di Bandara Internasional Xiaoshan Hangzou | Foto Reuter

Asmarainjogja.id – Tidak ada tangga turun yang disediakan dan karpet merah saat Barrack Obama mendarat di Bandara Internasional Xiaoshan Hangzou, Cina, (3/9/2016).

Orang nomor satu di Amerika Serikat tersebut terpaksa turun lewat pintu alternatif milik pesawat kepresidenan itu sendiri.

Sudah menjadi tradisi di dunia menyambut kepala negara dengan karpet merah dan disediakannya tangga setiap pemimpin negara yang turun dari pesawat. Namun penyambutan itu tidak dirasakan oleh obama saat kunjungannya   di KTT (Konfrensi Tingkat Tinggi) G20, yang saat ini digelar di Cina.

Bahkan tibanya Obama terjadi perseteruan antara staf kepresidenan dengan beberapa pejabat Cina. Ketika Pemerintahan Cina menyuruh pemisahan antara jurnalis dengan rombongan presiden saat memasuki gedung bandara.

“Ini negara kami! Ini Bandara kami!” teriak salah satu pejabat Cina ketika rombongan kepresidenan tak mau dipisahkan, tulis suara.com dalam beritanya.

Puncak penghinaan saat Susan Rice penasihat keamanan gedung putih   juga dipaksa harus berpisah dari Obama. Sempat bersitegang, namun Pasukan Pengamanan AS menengahi.

“Mereka tidak tahu konsekwensi atas perbuatannya,” jawab Rice saat ditanya wartawan atas keributan tersebut.

Sambutan pemerintah Cina terhadap Jokowi

Sambutan pemerintah Cina terhadap Jokowi di Bandara  Internasional Xiaoshan Hangzou (2/9/2016) | Foto via Okezone

Mungkin hanya Obama yang sambutannya seperti itu, tidak ada tangga turun yang disediakan, dan karpet merah. Bahkan Presiden Indonesia Joko Widodo dalam sambutannya cukup hangat. [Asmara Dewo]



Komentar Untuk artikel Ini (0)

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas