Ilsutrasi blogger | Foto Istimewa

Asmarainjogja.id – Di jaman yang serba modern, hampir semua orang dituntut untuk mandiri tak terkecuali ibu rumah tangga. Ibu rumah tangga jaman sekarang akan senang apabila bisa menghasilkan uang tambahan, entah itu untuk membantu suami atau hanya sekadar memenuhi kebutuhan sekundernya. Karena pada dasarnya hampir semua orang mengidamkan kemandirian finansial. Begitu juga wanita karena ketika telah berumah tangga dihadapkan dengan berbagai kebutuhan yang harus dipenuhi.

Namun, taidak semua wanita bisa bekerja di luar rumah, berkarier atau meninggalkan rumah. Hal itu banyak penyebabnya antara lain, buah hati yang butuh perhatian ekstra, terbentur ijin suami, atau tidak punya basic pendidikan yang mumpuni.

Beruntung di era digital ini, seseorang bisa dengan mudah mengakses informasi hanya dalam satu sentuhan jari. Ibu rumah tangga pun semakin dimudahkan untuk berpenghasilan dari rumah dengan penggunaan internet. Hal itu membantu ibu rumah tangga agar tak perlu meninggalkan rumah dan tetap mengurus rumah dan buah hati.


Hijab

 

Berikut ada lima pekerjaan hal yang bisa dilakukan ibu rumah tangga untuk memperoleh penghasilan meski dilakukan dari rumah atau berdaster sekalipun.

1. Menjadi Blogger

Menjadi blogger adalah salah satu hal yang bisa dilakukan dari mana saja. Bahkan bisa dilakukan dari smartphone. Meskipun masih banyak orang yang meremehkan profesi ini karena dianggap kerja malas dan anggapan negatif lainnya, namun tak dapat dipungkiri seseorang bisa sukses dan berkecukupan dengan menjadi blogger.

Hal yang paling utama bila ingin mulai ngeblog ialah belajar menulis terlebih dahulu. Kemampuan menulis sendiri bisa dipelajari dan akan semakin terasah ketika semakin rajin menulis.

Selanjutnya, Sobat   mungkin akan membutuhkan penunjang seperti penguasaan teknologi, kemampuan memotret objek, dan lain-lain untuk menunjang kegiatan blogging. Buatlah blog sesuai minat agar memudahkan dalam membuat konten.

Bila konsisten posting dan blog menjadi ramai, maka penghasilan pun akan mengikuti. Bisa dari iklan maupun endorsement. Kuncinya yaitu konsisten dan jangan lupa lakukan blogwalking atau berkunjung ke blog teman-teman blogger lainnya.

2. Menulis Artikel di Situs Berbayar

Menulis di situs online berbayar juga bisa dilakukan untuk mendapatkan penghasilan. Kegiatan ini tidak beda jauh dengan kegiatan blogging. Hal ini menuntut seseorang untuk terus mengasah kemampuan menulis. Caranya dengan rajin membaca dan terus berlatih.

Seperti yang kita ketahui bahwa membaca adalah amunisi yang paling ampuh untuk menulis. Semakin rajin membaca, maka akan semakin mudah dalam menulis.

Perhatikan juga media yang dikirimi hasil karya, apakah tulisan sesuai dengan visi misi media tersebut.

Kelebihan menulis artikel di situs berbayar ialah, karena ada proses kurasi. Sehingga tidak semua karya diterima. Penyaringan itulah yang akan semakin memotivasi penulis untuk tembus media. Dan merupakan suatu kebanggan tersendiri bagi seorang penulis apabila karyanya lolos dan di-publish.

3. Berjualan Online

Berjualan online adalah berjualan yang bisa dibilang minim risiko. Bisa  dimulai tanpa mengharuskan ada toko. Apalagi bila harus menyewa tempat usaha yang kadang tidak murah. Maka bisa dimulai dengan berjualan online. Cukup mempunyai stok barang, lalu difoto dan upload ke sosial media. Bahkan tanpa memiliki stok pun tetap bisa punya onlineshop melalui sistem dropship.

Yang perlu diingat adalah apabila memutuskan menjadi dropshiper atau reseller, pastikan kita berhubungan dengan distributor terpercaya agar tidak mengecewakan konsumen. Selain itu juga harus cermat mencatat dan memisahkan uang bisnis dengan uang pribadi. Rajin mencatat akan membatu kita tahu seberapa besar perkembangan onlineshop kita.

Kelebihan berjualan online adalah bahwa toko online kita selalu buka baik itu lewat media sosial, marketplace, maupun website. Orang bisa melihat dagangan kita kapan saja dan dimana saja.

Hijab

 

Kekurangan dari berjualan online adalah salah satunya rawan penipuan meski bisa diatasi dengan beberapa trik. Selain itu penjual online pun harus menetapkan jam tertentu dalam merespon konsumen.

Kendala lain bisa juga datang dari pihak ke tiga yaitu jasa pengiriman. Dimana dalam beberapa kasus, barang bisa hilang atau rusak saat pengiriman. Maka pilihlah jasa pengiriman terpercaya bila perlu asuransikan barang dagangan yang akan dikirim.

4. Menjadi Youtuber

Menjadi Youtuber atau vlogger (video blogger) hampir mirip dengan menjadi blogger. Bedanya di sini yang disajikan kepada khalayak adalah berbentuk video. Menjadi vlogger juga merupakan salah satu cara meraup penghasilan. Kita bisa mulai membuat video-video untuk diupload di Youtube.

Pilih salah satu kegemaran,  misalnya kegiatan traveling, berbagi tips dan trik, tutorial make-up, tutorial hijab, atau berbagi inspirasi lainnya.

Apabila kita senang menginspirasi dan tak pelit ilmu, maka followers akan bertambah dan channel Youtube pun bisa jadi ladang penghasilan.

Hanya saja, perhatikan juga cara-cara membuat video yang baik agar vlog tidak terkesan abal-abal atau asal-asalan saja. Buatlah secara professional.

5. Membuat Review

Membuat Review biasanya juga dilakukan dengan menulis. Hasil dari review berupa artikel review bisa diterbitkan di blog, situs online, bahkan media sosial seperti facebook dan instagram untuk keperluan promosi.

Namun sebelum membuat review atau ulasan, pastikan bahwa kita mempunyai pengetahuan yang cukup mengenai barang atau jasa yang akan diriview. Kurangnya pengetahuan produk akan membuat hasil review mengambang dan tidak mudah dipercaya.

lagipula dengan menguasai product knowledge, akan memudahkan dalam membuat ulasan. Untuk memulai menjadi pengulas awalnya harus mempunyai cukup portofolio. Buatlah ulasan gratis untuk teman terlebih dulu, supaya kemampuan meningkat dan semakin dikenal.

Biasanya jumlah follower pun menjadi hal yang harus diperhatikan, Karena pengguna jasa review pastinya ingin produk mereka dilihat dan diminati banyak orang.

Sebenarnya masih banyak lagi hal yang bisa dilakukan ibu rumah tangga agar tetap berpenghasilan meskipun tinggal di rumah. Nah, dari kelima hal di atas mana yang sudah Sobat lakukan? [Arwen Candra Tatiano]

Baca juga:

7 Ide Bisnis Cerdas yang Bisa Kamu Garap di Kampung

Untuk Mahasiswa dan Pelajar, 10 Ide Bisnis Ini Tidak Mengganggu Belajar Kamu

Raksasa Tumbang, Pemain Cilik Mulai Terbang

Trik Ilmu Marketing Diskon Gila-gilaan

Diskon Besar-besaran Apa Tidak Rugi?



Komentar Untuk artikel Ini (0)

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas