Ilustrasi bunga melati | Istockfoto

Asmarainjogja.id – Jika kamu wanita pasti sudah sangat akrab sekali dengan jenis bunga melati, bernama latin Jasminum Sambac, familiar di kenal banyak orang, apalagi di kalangan kaum hawa. Baunya begitu harum dan dengan perawatan yang terbilang tidak begitu merepotkan, menyebabkan si cantik ini sukses merebut hati para pencintanya untuk dibudidayakan. Tergolong tumbuhan tropis jenis tanaman hias perdu berasal dari Hindustan lalu Indocina, Melayu dan sampailah ke Indonesia.

Bunga melati biasa tumbuh sebagai tanaman pagar di halaman rumah dan juga pekarangan. Ketinggiannya bisa mencapai dua meter. Tumbuhan semak bisa juga agak merambat. Makna penting dalam budaya Indonesia sebagai bunga suci sebab warnanya putih dan harum. Melambangkan kesucian, keanggunan yang sederhana, dan ketulusan. Ia juga digambarkan sebagai keindahan dalam keserdahanaan dan kerendahan hati.

1. Ditetapkan sebagai Bunga Nasional oleh Beberapa Negara

Melalui penetapan Undang-Undang tahun 1990, bunga melati ditetapkan oleh pemerintah Indonesia sebagai salah satu ‘’Bunga Nasional’ bersama bunga anggrek bulan dan padma raksasa atau bunga Rafflesia Arnoldii, yang kemudian diikuti negara Filiphina oleh gubernur jendral Frank Murphy pada tahun 1934 proklamasi 652.

2. Sebagai Tanaman Obat

Semua yang ada pada bunga melati berkhasiat sebagai tanaman obat, dari   akar, daun, hingga bunganya. Untuk pereda demam, penyembuhan luka, keseleo, memar, bisul, penyakit kulit, obat sariawan, gusi bengkak. Sebagai obat penenang atau anastesia, mengatasi radang paru-paru, hingga berfungsi ramuan menghentikan air susu ibu supaya tidak keluar. Cara menggunakannya jika direndam dibuat kumur, akan tetapi bila dihancurkan, terlebih dahulu biasanya dibalurkan atau ditempel pada bagian tubuh yang sakit.


Hijab

3. Sebagai Campuran Kosmetik

Di samping bermanfaat untuk obat, bunga melati juga berfungsi sebagai campuran berbagai macam kosmetik, antara lain: campuran parfum, pembersih muka, shampo, dan lain sebagainya. Untuk digunakan campuran parfum, yang diambil adalah bagian bunga kemudian diekstrak menjadi minyak wangi. Harganya masih relatif mahal bila asli, banyak digunakan di salon dan spa sebagai aroma terapi.

4. Untuk Bahan Campuran Makanan Dan Minuman

Tahukah kamu selain untuk obat dan kosmetik, ternyata bunga matahari juga dapat digunakan sebagai bahan campuran makanan dan minuman. Untuk campuran sirup beraroma melati, atau campuran teh dan aneka kue-kue. Harum bunga yang keluar dari tanaman ini dipercaya sebagian orang dapat membangkitkan selera nafsu makan seseorang. Adalah bangsa Cina yang pertama kali memperkenalkan bunga melati bisa dibuat untuk campuran dalam minum teh dan campuran menu masakan lain.

5. Sebagai Pelengkap Penghias Rangkaian Bunga

Di banyak upacara adat seperti pernikahan, bunga melati banyak digunakan sebagai pelengkap dalam rangkaian bunga. Seperti yang terjadi pada suku Jawa dan Sunda, bunga tersebut dirangkai sedemikain rupa dan diletakkan pada sanggul rambut mempelai wanita, diletakkan di gagang keris untuk mempelai pria. Pengantin Makasar dan Bugis juga menghiasi kepalanya dengan kuncup melati yang disematkan ke rambut menyerupai mutiara.

Di negara India dan Bangladesh  bunga melati juga digunakan sebagai penghias rambut, di negara Oman digunakan untuk upacara ulang tahun pertama seorang bayi perempuan. Di Hawaii bunga melati dikenal sebagai pikake atau burung merak dan dibuat kalung yang disematkan di anggota tubuh oleh seorang putri bernama Ka’iulani.

6. Dijadikan Judul Lagu Hingga Sebagai Nama Wanita

Pernah dengar lagu ‘Melati Di Tapal Batas’’ karya Ismail Marzuki lagu tempo dulu yang didendangkan pada masa perjuangan, atau lagu ‘’Melati Suci’ gubahan Guruh Sukarnoputra adalah sebagian judul lagu yang mengambil tema bunga melati. Atau selebritis wanita yang bernama Rima Melati juga sebagian contoh kecil, bahwa bunga melati ikut disematkan pada nama lagu dan nama anak perempuan.

Hijab

7. Sebagai Tabur Bunga Di Acara Pemakaman

Terakhir adalah digunakan sebagai acara tabur bunga di pemakaman. Ternyata faktu unik menarik lainnya dari bunga melati adalah di balik keanggunannya, orang sering memaknai bunga cantik itu sebagai lambang kedukaan atas rasa kehilangan. Coba kamu lihat acara mengenang jasa pahlawan yang berlangsung di taman makam pahlawan, bunga ini juga sering digunakan untuk menabur pusara bukan?

Hingga banyak orang mempercayai ada aura mistis di dalamnya. Masih ingat sang ratu legenda film horor ‘’Suzana’’  orang selalu mengidentifikasikannya dengan kekuatan gaib supranatural. Menyeramkan, ya? Di samping itu bunga melati juga sering dipakai sebagai bunga sesajen untuk Hyang, arwah dan dewa-dewa, terutama oleh umat Hindu dan Budha di negara Kamboja.

Di atas adalah sederet keindahan berikut kenyataan menakjubkan tentang pesona bunga melati, yang ternyata banyak sekali manfaatnya, tak hanya orang Indonesia yang mengagumi, dari bangsa lain, juga ikut mengambil kegunaan dari tanaman cantik ini. Bisa dijadikan ladang bisnis menggiurkan, dan yang pasti akan selalu diicari. Perawatannya terbilang mudah, asal tahu tehnik dan caranya.

Data statistik menyebutkan para petani di Indonesia belum bisa memenuhi permintaan pasar domestik, masih sering kewalahan menerima pesanan yang datang, hingga pasaran luar negeri  terabaikan. Jika kamu bermaksud ingin mencoba ladang bisnis ini, terlebih dahulu pelajari dengan seksama langkah-langkahnya, agar tidak merugi. Meski terlihat mudah, tetap saja kamu harus belajar tekhnik menanam yang benar bukan?

Masih terbuka luas kesempatan, tertarik untuk membudidayakannya? Jika iya,  kenapa tidak mencoba dari sekarang? [Siti Royani]

Baca juga: 

Selain Karang Gigi, Inilah Penyebab Bau Mulut yang Tidak Disadari 

Nikmat Sehat Tidak Bisa Dibeli dengan Apapun 

Ternyata Gigi Berlubang Dapat Menular, Ini Buktinya!

Tips Sehat Mengatasi Disminore pada Saat Menstruasi



Komentar Untuk artikel Ini (0)

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas