Ilustrasi berhijab | Padusi Hijab

Asmarainjogja.id -- Secara umum pria memang sangat menyukai wanita yang berpenampilan sopan lagi santun. Apalagi bila perempuan tersebut mau mengenakan hijab, sehingga aurat yang seharusnya menjadi kehormatannya tidak terlihat oleh sembarang lelaki. Tapi bukan karena itu kamu memilh mengenakan hijab bukan?

Namun faktanya ada sebagian dari mereka melihat kaum hawa telah menggenakan, akan tetapi tetap tidak disukai.

1. Berpakaian Ketat

Lelaki normal jujur atau tidak selalu berorientasi tentang seks bila bertemu dengan wanita berpakaian ketat karena memicu sahwat. Tapi hal ini sama sekali tidak akan berlaku bagi mereka yang menjunjung tinggi nilai kepatuhan agamanya. Justru melihat wanita berpakaian seperti ini mereka merasa jijik, sekalipun wanita tersebut telah menggenakan hijab, karena lekuk-lekuk tubuhnya tetap terlihat menonjol di bagian tertentu.

Hijab

 

2. Celana Legging

Sama dengan berpakaian ketat, wanita berhijab yang masih mengenakan celana legging ketat yang membungkus kaki dan paha pasti tetap tidak disukai pria. Akan memberi kesan kurang pantas bagi yang menatapnya tidak hanya pria tapi sesama wanita juga.

3. Menggenakan Hijab Yang Melilit Kepala

Ada banyak hijab dan tentu saja beragam model cara memakainya. Untuk hijab dengan cara pemakaian yang ribet seperti lilitan di kepala juga kurang mendapat respek dari pria. Bentuk tampilan sederhana, pashmina segi empat misalnya atau lebih simpel yang berbentuk instan, justru lebih menarik. Dengan catatan menutup dada.

4. Tampil Mewah Dan Glamour

Satu hal yang juga kurang mendapat respon pria adalah jika mendapati wanita yang berpenampilan glamour dan terkesan mewah. Mereka tentu akan berpikir menghitung pendapatannya. Membayangkan jika mereka menjadi pasangan hidupnya kelak, dapatkah memenuhi gaya hidupnya ataukah tidak.

5. Tidak Memakai Kaos Kaki

Terkadang sering dijumpai baju muslim meski panjang namun masih menampakan aurat si pemakai. Misalnya   pada bagian lengan atau kaki bila. Wanita yang meski telah berhijab tetapi masih menampilkan anggota tubuhnya pada bagian-bagian tersebut tetap membuat pria merasa kurang nyaman, bila tidak mengenakan kaos pelapis.

6. Berlebihan Dalam Berdandan

Tidak masalah wanita harus tampil mengenakan tata rias wajah saat berdandan. Namun satu hal yang seharusnya mendapat perhatiannya adalah jangan sampai berlebihan. Sehingga terlIhat seperti sedang memakai topeng. Tampil sederhana dengan make up tipis dan samar, membuat penampilan lebih menarik.

7. Tidak Menjadi Diri Sendiri

Bersikap pura-pura itu tidak bagus apalagi bila keadaan hidupmu tidak seperti yang dibayangkan orang. Hanya karena ingin tampil beda, sampai harus membohogi diri sendiri. Pernahkah terpikir olehmu jika suatu saat orang tahu bukankah akan malu?

8. Tidak Bisa Mencintai Kekurangan

Setiap orang pasti mempunyai kekurangan baik pria atau wanita. Tapi sikap yang berlebihan seolah tidak rela menerima kekurangan diri akan membuat pria menjauh. Tidak perlu merasa rendah hanya dengan kekurangan yang dimiliki. Jika kamu cukup cerdas, dapat mengolah hal tersebut menjadi sebuah kelebihan. Yang pada akhirnya orang akan memandangmu segan.

Contoh sederhananya adalah misalnya kamu punya kekurangan di bagian penampilan tapi punya skill menggambar, kenapa tidak ditonjolkan? Kamu bisa memulai dengan cara melukis, menekuni karir desain grafis yang saat ini lagi moncer terkenal di dunia bisnis digital marketing. Daripada sibuk menghabiskan waktu mendapat simpati pria, lebih baik fokus pada karir dan masa depanmu.

9. Tertawa Keras

Tertawa itu tidak dilarang sebab itu hak semua orang, termasuk kamu yang merasa sebagai wanita. Tapi yang menjadi pertanyaan yaitu tertawa model apa yang tidak boleh dilakukan. Tertawa lepas dengan tertawa keras berbeda makna. Tertawa lepas mengekspresikan kegembiraan secara spontan tanpa dibuat-buat. Ia alami langsung begitu saja keluar dari hati. Sedang tertawa keras, lebih menekankan ada area kesopanan yang tidak diindahkan dan terkesan disengaja, egois tidak pandai membaca situasi. Sebagai wanita hal ini masih dianggap tabu. Apalagi buatmu yang sudah mengenakan hijab, bukankah ini membuatmu mempermalukan diri sendiri?

10. Tidak Bisa Menyesuaikan Diri

Menjadi wanita muslimah tidak harus terkurung oleh dogma dan tidak bebas bergaul dengan siapa saja. Bukan berati boleh melanggar aturan yang telah ditetapkan. Manusia itu mahkluk sosial dan pasti berhubungan dengan orang banyak. Suatu saat bisa jadi kamu akan tinggal jauh dari lingkungan keluargamu yang religi. Jika tidak pandai menyesuaikan diri dan beradaptasi, bagaimana mungkin akan diterima baik oleh orang lain di tempat baru.

11. Merasa Paling Benar

Kamu sudah mengikuti syar’i  dengan menutup rapat tubuh dan auratmu tapi masih ada satu hal yang kurang dari dirimu, yaitu sikap. Merasa paling benar dalam hal apapun termasuk dalam hubungan dengan suami, dan orang lain. Memaksakan keyakinan kepada mereka. Indonesia itu Bhineka Tunggal Ika artinya beragam suku dan agama. Kamu tidak bisa mengatur kehendak mengikuti kemauanmu. Ini sangat riskan dan bisa menimbulkan perpecahan. Hargailah perbedaan meski berhijab kamu tetap harus bergaul dengan mereka yang punya keyakinan berbeda.

Berhijab tidak harus melakukan hal-hal di atas. Mematuhi syari’at agama bukan berarti sudah merasa lebih dengan yang lain. Sehingga melupakan yang kelihatannya sederhana tapi dapat membuat dirimu menjadi tidak dihargai. Tetap anggun dan istiqomah serta jangan merendahkan hijab yang kamu pakai, melakukan tindakan bodoh merendahkan diri sendiri. Tetap hormati orang-orang di sekitarmu karena itu sangat penting. [Siti Rohayi]


Hijab

 

Baca juga:

11 Item Fashion yang Wajib Dimiliki oleh Wanita

Tips Memadukan Hijab dan Busana Sesuai Warna Kulit

Kiat Menerapkan Warna Hijau dalam Berhijab dan Berbusana

Lima Jenis Hijab yang Populer Dipakai Muslimah Indonesia

9 Hal yang Perlu Diperhatikan Agar Nyaman Berhijab

Memahami Traveler yang Menginspirasi Masyarakat



Komentar Untuk artikel Ini (0)

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas