Sunrise di Bukit Punthuk Setumbu

Asmarainjogja.id-Ba’da sahur, pukul 03:30 wib, dari kediaman kami di Jln. Godean Km 4, motor matic yang setia menemani kini membelah ringroad barat Yogyakarta. Jalan lengang, hanya satu dua kendaraan yang melintas. Dan udara di pagi itu cukup dingin.

Motor kami melaju dengan kecepatan yang cukup tinggi membelah pagi buta menuju Bukit Puntuk Setumbu, Nirwana Sunrise Borobudur. Kabarnya, di sanalah golden sunrise-nya Magelang. Benarkah? Rasa penasaran itulah yang membuat kami harus menjawabnya sendiri.

Tanpa terasa kami pun tiba di saat adzan berkumandang menggetarkan Desa Karangrejo. Warga di sana tampak bergegas menuju Masjid. Suara adzan bersahut-sahutan, memaksa telinga untuk didengar. Sahabat travel yang Muslim jangan khawatir! Di sini ada Mushola yang disediakan. Karena ini memang objek wisata mengejar sunrise, pihak pengelola pun menyediakan tempat ibadah.

Jalan menuju puncak berupa anak tangga yang sudah disemen, warung-warung kecil juga tersedia di sana. Pepohonan yang menjulang tinggi hanya menampakkan bayangan gelapnya di kiri-kanan jalan. Dari kejauhan terdengar suara pengunjung bercanda di pagi buta, hangatkan suasana di balik dinginnya Bukit Puntuk Setumbu.

“Mati (pen: padam) lampu, Mas, jadi jalan gelap. Masih  belum diperbaiki. Dari sana bisa, dari sini juga bisa ke atas,” ucap salah satu petugas pengelola memberi petujuk jalan pada kami, Jum’at (10/6/2016).

“Oh iya, Pak, terima kasih,” sahut kami.

Petugas itu berlilitkan sarung di badannya, kepalanya ditutupi topi, dan tangannya memegang senter menerangi jalan pengunjung yang naik ke atas. Hari masih gelap, hanya bayangan gelap tampak di depan. Pengunjung di sini cukup ramai, baik pengunjung domestik, maupun pengunjung mancanegara.

Sunrise di punthuk setumbuSemburat di antara Gunung Merbabu dan Merapi | Foto AIJ

Jelang beberapa menit kemudian, semburat dari langit timur menguning keemasan di balik Gunung Merbabu dan Merapi. Dua paku bumi itu tampak anggun bergandengan dalam ketenangan pagi itu. Meneduhkan mata dan hati bagi siapa saja melihatnya, sungguh pemandangan di pagi yang cantik.  

Kabut yang menutupi hutan-hutan mulai tampak. Tetesan embun di ujung daun pun menetes mesra ke tanah. Seperti negeri di atas kabut, kabut itu mengambang tepat di atas hijaunya hutan di sini. Nun jauh di sana, tampak atap candi Borobudur diselimuti kabut. Sayang sekali, kamera kami tak dapat mengabadikan moment indah itu, sepertinya harus dengan lensa yang khusus.

Perlahan hari mulai terang, warna langit di matahari terbit berubah-ubah tiap menit. Semakin memesona, dan menggoda para pengunjung di sini. Para fotograper handal berjejer dengan tripod masing-masing membidik objek ke arah Candi Borobudur. Bahkan ada pula yang memanfaatkan tunggul untuk untuk menggajal kameranya agar tidak bergetar.

Sunrise di punthuk setumbuPaduan langit jingga, pegunungan, dan kabut pagi di Bukit Punthuk Setumbu | Foto AIJ

Pengunjung lainnya juga tak mau ketinggalan mengambil moment yang menakjubkan di suasana pagi di atas Puncak Punthuk Setumbu dengan ber-selfy bersama para karibnya. Atau sekadar dengan smartphone sebagai dokumentasi perjalanannya. Ya, di sini memang salah satu tempat memburu sunrise bagi pemburunya.

Dan akhirnya yang ditunggu-tunggu tiba. Golden sunrise pun menyembul di sela-sela antara Gunung merbabu dan Merapi. Hanya saja Gunung merapi tertutup awan. Langit di sekitar gunung itu menguning keemasan, elok sekali dipandang. Huhhh… ingin rasanya waktu berhenti saja, hanya bisa menatap golden sunrise di sini.

Sunrise di Punthuk SetumbuGolden sunrise menyembul di balik Gunung Merbabu | Foto AIJ

Bukit Punthuk Setumbu berada di Dusun Kerahan, Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Tiket masuk   untuk wisawatan domestik  Rp 15.000, sedangkan untuk wisatawan mancanegara Rp 30.000.

Rute menuju ke Bukit Punthuk Setumbu, dari Candi Borobudur. Di sana ada hotel Manohara, ikuti jalan tersebut sampai di persimpangan belok kanan (ada plang penunjuk arah ke Bukit Punthuk Setumbu). Kemudian lurus saja ikuti jalan tersebut sampai tandanya Masjid warna putih di sebelah kiri, biasanya petugas wisata Punthuk Setumbu ada di tepi jalan memberikan arah menuju puncak.[]

Penulis:  Asmara Dewo 

asmara dewoBaca juga:  Lihat Matahari Tenggelam dengan Cara Sempurna di Bukit Paralayang

Candi Mendut yang dihuni 3 Arca Budha Terbesar

Menapaki Candi Gunungsari di Atas Perbukitan

Yuk, gabung di Media Sosial kami!  Google+  Fanpage  Facebook  Twitter  YouTube

 

 








Custom Search




Komentar Untuk artikel Ini (0)

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas