Kucing penulis, namanya BI | Doc. Pribadi

Asmarainjogja.id – Ketika kucing sedang sakit tentunya membuat kamu bersedih hati. Layaknya kucing yang sakit itu pula, kamu juga tak selera makan. Tidak produktif seperti biasa, dan selalu khawatir melihat perkembangan kucing kamu yang sakit.

Kucing cacingan salah satu penyakit kucing yang sering terjadi. Hal ini disebabkan ada beberapa faktor. Yang pertama dari ibu si kucing itu sendiri. Ketika kucing masih dalam kandungan, seekor ibu kucing yang cacingan akan menjangkiti cacing kepada anaknya di dalam kandungan.

Yang kedua, dari faktor lingkungan, yakni seekor kucing yang tertular dari kucing lainnya, atau dari hewan lain. Sebenarnya masih banyak lagi, cacing yang berada di tanah juga bisa menular ke seekor kucing jika dia bermain-main di tanah yang ada cacingnya.




Nah, ini beberapa tanda-tanda kucing cacingan yang bisa kamu perhatikan:

1. Perut Kucing Buncit

Jika perut kucing itu tampak buncit, sementara bagian tubuh lainnya tampak mengecil. Kemungkinan besar di dalam perutnya terdapat cacing.

2. Tidak Selera Makan

Kucing yang sedang cacingan, selera makannya berkurang. Bahkan sama sekali tidak mau makan. Kamu bisa memaksanya untuk memberi makan dengan cara disuapi paksa.

3. Selalu Lemas

Karena faktor tidak mau makan, kucing tadi pun akan lemas. Tidak ada energi seperti biasa mengasup makanan. Biasanya kucing ini lebih sering tidur-tiduran. Bahkan kalau berjalan pun, hanya beberapa langkah, kemudian terduduk lagi.

4. Bulu Tampak Kusam

Tidak seperti kucing yang sehat, bulunya tampak segar berdiri tegak. Sementara kucing yang cacingan tampak kusam.

5. Muntah

Kucing yang cacingan akan sering muntah. Muntah ini biasanya sampai berwarna putih. Tak jarang pula cacing keluar bersama muntahan tersebut.

6. Diare

Kotoran kucingnya berbentuk cairan. Tidak menggumpal seperti biasa. Sama seperti manusia, kucing juga bisa mencret. Disertai juga dengan cacing pada kotoran tersebut.




Nah, jika tanda-tanda di atas ada pada kucing kamu, boleh jadi kucing kesayangan kamu cacingan. Tapi kamu jangan bersedih hati, kucing kamu tentu bisa sembuh. Berdasarkan pengalaman penulis sendiri saat kucing cacingan, tidak terlalu sulit untuk mengobatinya. Yang dibutuhkan hanya kesabaran sembari memberi obat secara rutin.

Setelah diperiksa oleh dokter hewan, kucing penulis tampaknya terjangkit cacing pita. Meskipun saat itu cacing yang ada di kotoran tampak seperti cacing bulat. Lalu dokter memberikan dua jenis obat. Pertama adalah obat anti muntah kucing. Obat anti muntah ini diminum 30 menit sebelum makan. Yang kedua obat untuk anti biotik, obat ini diminum 30 menit setelah setelah kucing makan.

Obat diminum 3 kali sehari. Penulis sendiri memberi obat pada pagi, siang, dan malam hari. Dokter hewan itu juga menyarankan agar memberikan cairan gula jawa (gula merah) pada kucing, supaya menambah energi untuk kucing.

Setelah beberapa minggu kemudian, kucing mulai tampak selera makan. Ia sudah bisa berlari-lari. Dan tentunya tidak muntah, apalagi diare. Kembali seperti keadaan normal. Meski begitu kucing belum sehat seutuhnya, sebab cacing dalam perut masih ada. Nah, untuk membasmi cacing itu, dokter hewan menyuruh kami untuk membeli obat cacing drontal.

Obat cacing drontal ini bisa dibeli di petshop, harga per butirnya sekitar 30 Ribuan. Dalam peberian obat drontal harus disesuaikan dengan berat kucing itu sendiri. Satu butir obat drontal untuk kucing seberat 4 kilogram. Karena kucing penulis anakan, hanya 1,3 kilogram, maka obat diberikan 1/4 saja.

Kabar baiknya setelah kami menjalankan nasihat dokter dan obat-obat yang direkomendasikan, kucing penulis kembali sehat. Semoga pengalaman penulis dalam menangani kucing yang cacingan bisa membantu kamu mengobati kucing yang sedang cacingan. [Asmara Dewo]

Hijab 

Baca juga:

Sikap dan Kemampuan Kucing Ini Harus Dipahami Betul bagi Pemiliknya

Mau Pelihara Kucing Anggora Premium? Ini yang Harus Disiapkan!

  Enam Keistimewaan Kucing Ini Membuat Anda Ingin Memeliharanya

Kucing Kejang-Kejang dan Hilang Ingatan Seperti Manusia



Komentar Untuk artikel Ini (0)

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas