Ilustrasi organisasi kampus | Isockfoto

Asmarainjogja.id -- Buat kalian, para mahasiswa para calon pemimpin-pemimpi bangsa. saya mau sharing nih, barang kali tulisan ini membantu kalian untuk lebih tahu lebih jelas untung atau rugi sebenarnya masuk organisasi intra kampus? Pasti banyak dari kalian akan berpikir kalau masuk organisasi hanya membuang-buang waktu saja, dan ketakutan akan nasib study yang terganggu dan takutnya lagi akan dicap sebagai MAPALA (Mahasiswa Paling  Lama), hehehe… tentu tidak lah, ya?

Tapi tenang saja, sob, kalian tidak perlu takut untuk berkecimpung di organisasi. Karena pada dasarnya organisasi itu sangat menguntungkan bagi setiap mahasiswa. Ya, kenapa tidak? Karena ketika kita sudah masuk di sebuah wadah dalam satu perkumpulan, itu berarti sudah nilai lebih untuk kita. Karena selain menambah wawasan dan pengetahuan juga menambah pertemanan, apalagi kita sebagai anak kuliah yang jauh merantau, pasti kita sangat membutuhkan banyak teman. Seperti kata pepatah “seribu teman itu masih sedikit  tapi satu musuh itu terlalu banyak”.


Hijab

 

Selain menambah teman, ketika kita ikut berorganisasi sudah pasti sedikit banyaknya kita mendapat ilmu pengetahuan yang tidak kita dapat dari kegiatan belajar mengajar di ruangan kampus. Dan kita juga dilatih, dididik dan bersosialisasi lebih baik lagi. Apalagi buat kalian yang masih semester awal, yang masih malu-malu. Nah, ketika kita sudah berorganisasi yang tadinya malu-malu, perlahan-lahan pasti akan menjadi mahasiswa yang cerdas dan pandai berargumen dan mengkritisi hal-hal yang dirasa tidak cocok.

Apalagi kita sebagai kaum intelektual harus bisa berada di tengahh-tengah mayarakat,. Nah, dalam organisasi inilah kita belajar “Public Speaking” karena lebih baik salah di dalam organisasi yang berhadapan dengan temn-teman mahasiswa sebagai ajang pembelajaran, dari pada nanti kita salah di tengah-tengah masyarakat.

Sekarang ini banyak sekali organisasi intra kampus yang bisa kita pilih. Menurut saya semua organisasi  itu bagus, tergantung bagaimana kita di dalam wadah organisasi tersebut. Karena baik buruknya sebuah organisasi itu tergantung dari orang-orang yang ada di dalamnya. Oleh sebab itu, kalu kita sungguh-sungguh dalam berorganisasi maka kita sudah selangkah lebih maju.

Mengapa bisa saya katakan demikian? Karena organisasilah yang akan membimbing langkah kita sebelum berada di dunia kerja atau . Di dunia kerja kita dituntut utuk “Team Work” dan itu sudah kita dapatkan sebelumnya pada organisasi. Karena yang kita dapat bukan hanya teori teori dan teori, melainkan kita sudah langsung berpraktik, bagus, kan? Tapi harus di ingat juga ya, sob, kalau organisasi itu nomor dua, ingat apa yang kita nomor satukan yaitu kuliah, yang penting bagaimana agar keduanya bisa balance.

Ya begitulah kira-kira.... sekian dan terimakasih sudah membaca tulisan ini, semoga bermanfaat untuk kita semua. [Bayu Anggari]

Hijab

Baca juga:

Mahasiswa Dapat Nilai D Salah Siapa?

Dosen Bolos Kuliah

Bahaya Tekanan Bathin pada Anak, Orangtua Harus Memahaminya

Memahami Lagi Arti Pendidikan untuk Anak-anak Kita

Pelajar Brutal Kita Sudah Seperti Anggota TRIAD dan Yakuza



Komentar Untuk artikel Ini (0)

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas