Rektor Widya Mataram Edy Suady Hamid | Foto Asmarainjogja, Asmara Dewo

Asmarainjogja.id – Universitas Widya Mataram Yogyakarta (UWMY) melepaskan 75 wisudawan dan wisudawati di Pendopo Agung nDalem Mangkubumen, Sabtu, 23 September 2017. Adapun lulusan strata-1 itu dari fakultas Hukum, Ekonomi, Fisipol, Teknik, dan Teknik Pertanian.

Rektor UWMY, Prof. Dr. H. Edy Suady Hamid, Mec, yang baru saja dilantik beberapa pekan lalu menyampaikan kata sambutannya kepada para lulusan, “Dalam ijazah itu ada kompetensi keilmuan, kompetensi karakter. Kemudian Jangan pernah merasa selesai meskipun sudah diwisuda,” kata dia.

Mantan rektor Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta juga berpesan, “Jaga almamater, dan dukung almamater.”

Melihat fenonema pengangguran di tanah air, Edy memberikan solusi kepadda para lulusan jangan sampai menambah pengangguran lagi. Jika kesulitan mendapatkan pekerjaan tidak ada salahnya untuk berbisnis.

“Tidak serta merta untuk mencari kerja, tapi berwirausaha, membuka lapangan pekerjaan. Berwirausaha adalah pekerjaan terhormat, karena mandiri,” kata mantan Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Seindonesia itu yang disambut riuh tepuk tangan oleh para hadirin di sana.

Masih dalam sambutannya untuk terus memotivasi para wisudawan dan wisudawati, ia memberikan bocoran rekuitmen ketenagakerjaan yang diteliti oleh lembaga di bawah naungan Universitas Harvard.

“Pada survei tersebut perusahaan membutuhkan kriteria karyawan yang berkemampuan komunikasi, berkemampuan beradaptasi, dan berpikir jauh, mempunyai misi. Sebenarnya ada 18 kriteria, 3 hal ini yang saya ingat. Selanjutnya Anda bisa mencari sendiri,” ujar lulusan Sarjana Ekonomi Universitas Gajah Mada itu.

Menyinggung soal bangunan kampus yang tidak boleh dipugar karena merupakan cagar budaya, dia mengatakan universitas milik Kesultanan Yogyakarta itu akan pindah lokasi, “Tahun-tahun ke depan bangunan Widya Mataram akan pindah.”

Berdasarkan informasi yang dihimpun, rencananya UWMY berbasis budaya tersebut akan pindah ke Bantul, tanah seluas 10 hektare pun akan menjadi lokasi bangunan baru. [Asmara Dewo]

Baca juga:

Bahaya Tekanan Bathin pada Anak, Orangtua Harus Memahaminya

Memahami Lagi Arti Pendidikan untuk Anak-anak Kita

Pelajar Brutal Kita Sudah Seperti Anggota TRIAD dan Yakuza

Hakikat Belajar untuk Membekali Anak di Masa Depannya

Cara Memantik Agar Anak Sekolah Rajin Membaca

Jangan Jadi Murid Pembantah! Meskipun Gurunya Galak

Hijab

Komentar Untuk artikel Ini (0)

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas