Agus Harimurti Yudhono dan Sylviana Murni | Foto sourch Rakyatku

Asmarainjogja.id – Empat Partai yang terdiri dari Demokrat, Partai Keadilan Bangsa (PKB), Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP), resmi mengusung Cagub Agus Harimurti Yudhono dan Cawagub Silvyana Murni di Pilkada DKI Jakarta 2017.

Keputusan itu sebagai rapat panjang yang diadakan di rumah Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono, di Cikeas, Bogor, Bandung, Jumat dini hari (23/9/2016).

“Dalam pertemuan yang maraton, saya kira kita semua sudah ikuti. Akhirnya, pagi ini sepakat berempat, Demokrat, PPP, PKB, dan PAN sepakat buat apa yang kami janjikan. Buat kejutan disepakati cagub-cawagub adalah cagub Agus Harimurti Yudhoyono berpasangan dengan Sylviana Murni,” ujar Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. Seperti yang dilansir dari Kompas.

Baca juga:  Menolak Dukung Ahok, Tiga Kader Hanura Dipecat

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar juga mengatakan, pasangan Agus Yudhono-Sylviana tersebut merupakan pertimbangan yang matang, setelah melihat apa yang dibutuhkan warga Jakarta saat ini.

“Melalui pertimbangan terhadap kebutuhan Jakarta, maka kombinasi generasi muda yang tanggung jawab, dipadu dengan seorang karier, Ibu Sylviana,” tutur Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.

Ketua Umum DPP PPP M Romahurmuziy  juga menambahkan, penantang Ahok-Djarot ini cukup prospektif dan “fresh” jika dibandingkan dengan calon lainnya.

Baca juga:  PDI-P Usung Ahok-Djarot, Ketua RT: PDI Perjuangan Menjadi Partai Anti Wong Cilik

“Mereka juga ideal, kombinasi seorang militer yang meraih Adhi Makayasa, lulusan terbaik di angkatannya, dan dipadu birokrat yang berpengalaman,” ucap Rommy.

Selain prajurit militer berprestasi, Agus, kata Rommy, putra sulung SBY ini juga pernah menempuh penugasan baik di dalam negeri, maupun di luar negeri.  

Suami Annisa Pohan itu juga meraih tiga gelar master dari universitas di luar negeri yaitu dari S Rajaratnam School of International Studies, Nanyang Technological University, John F Kennedy School of Government, Harvard University; dan George Herbert Walker School of Business and Technology, Webster University.

Baca juga:  Akhirnya PDIP Resmi Dukung Ahok-Djarot di Pilkada DKI Jakarta 2017

Sedangkan Sylviana Murni adalah seorang profesor wanita tulen Betawi, dan juga merupakan birokrat karir yang telah menduduki sejumlah jabatan strategis, di antaranya Kepala Satpol PP DKI Jakarta, Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Wali Kota Jakarta Pusat, dan terakhir Deputi Gubernur bidang Kebudayaan dan Pariwisata.

“Bu Sylvi adalah birokrat tangguh, yang sekaligus guru besar di enam kampus. Selain seorang akademisi dan aktivis organisasi, Beliau juga ketua kwartir daerah gerakan Pramuka, serta Ketua PGRI. Sehingga, pergaulannya sangat luas,” kata Romy lagi.

Pasangan ini juga akan mengundurkan diri dari tugas sebelumnya, Agus mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Komandan Batalyon Infanteri Mekanis 203/Arya Kemuning. Dan Sylvi sebagai Deputi Gubernur bidang Kebudayaan dan Pariwisata pada Pemprov DKI Jakarta.

Baca juga:  Relawan Jokowi: Kami Tidak Rela Jika Jokowi Mendukung Ahok

“Konsekuensi tentu yang sedang aktif tentu mengundurkan diri,” ucap Ketua DPD Demokrat Hinca Panjaitan.

Keduanya akan mengundurkan diri dari jabatannya masing-masing pagi ini, lalu malam nanti akan menyusul mendaftar di PKU DKI Jakarta, yang sebelumnya Ahok-Djarot sudah mendaftar yang diantar langsung oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. [Asmara Dewo]



Komentar Untuk artikel Ini (0)

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas