Bau mulut (Ilustrasi) | Foto iStock/Erin McCarthy

Asmarainjogja.id – Masih banyak masyakarat Indonesia yang tidak sadar akan kesehatan gigi dan mulut. Masyarakat kita masih terlalu awam dengan kesehatan gigi.

Kesehatan gigi dan mulut tidak melulu berkaitan dengan gigi saja. Semua yang ada di dalam mulut termasuk ruang lingkup kesehatan gigi dan mulut.

Salah satu permasalahan masyarakat selain lubang gigi atau disebut juga dengan karies. Masalah lainnya yang banyak di keluhkan adalah bau mulut.

Baca juga:  Berikut Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Terkadang dapat mengganggu interaksi dalam kehidupan sehari-hari. Dan timbullah rasa malu dan tidak percaya diri pada seseorang

Bau mulut   atau halitosis adalah suatu keadaan di mana terciumnya bau mulut, pada saat seseorang mengeluarkan napas, tetapi biasanya tercium saat seseorang berbicara.

Makanan yang kita konsumsi dapat memengaruhi bau mulut, seperti makanan yang beraroma tajam, contohnya adalah bawang, petai, dan jengkol.

Sebaiknya setelah mengonsumsi makanan tersebut di anjurkan untuk segera mungkin menyikat gigi dan berkumur-kumur dengan obat kumur.

Baca juga:  Ternyata Gigi Berlubang Dapat Menular, Ini Buktinya!

Penyebab dari bau mulut bisa dari berbagai macam, salah satunya adalah dari sisa-sisa makanan yang melekat pada permukaan gigi dan apa bila tidak segera di bersihkan maka akan tejadi perkembangbiakan bakteri-bakteri.

Banyak yang beranggapan bau mulut juga disebabkan oleh karang gigi yang menumpuk pada permukaan gigi. Karang gigi juga salah satu penyebab dari timbulnya bau mulut.

Penumpukan karang gigi tersebut disebabkan oleh malasnya seseorang untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut. Seperti malas menyikat gigi dua kali sehari, pagi hari dan malam  sebelum tidur.

Baca juga:  Kenapa Sih Gigi Kamu Berlubang?

Selain itu ada hal yang harus kita perhatikan lagi dari penyebab bau mulut. Yaitu masih banyak di antara kita yang masih belum tahu bahwasanya kondisi lidah yang kotor dapat menyebabkan bau mulut.

Banyak yang merasa sudah menyikat gigi secara rutin, tapi masih merasakan bau mulut. Banyak yang tidak sadar penyebab itu adalah dari lidahnya yang kotor.

Lidah adalah salah satu organ yang ada di dalam mulut. Lidah berfungsi untuk sebagai pengecap rasa. Selain itu juga berfungsi untuk membolak-balik makanan saat di dalam mulut. Selain itu lidah juga berfungsi sebagai indikator menentukan kesehatan seseorang.

Baca juga:  Hindari Kebiasaan Ini Saat Mencabut Gigi!

Selain karang gigi, penyebab lain dari bau mulut adalah lidah yang kotor. Biasanya,  lidah yang kotor mengandung bakteri yang dapat menyebabakan bau mulut. Lidah yang kotor biasanya berwarna putih atau kuning. Sedangkan lidah yang sehat berwana pink.

Banyak yang beranggapan bahwa hanya dengan menggosok gigi saja dapat mengurangi bau mulut. Hingga lupa untuk membersihkan lidah saat menyikat gigi.

Maka saat menyikat gigi jangan lupa untuk selalu membersihkan lidah, dengan alat khusus pembersih lidah. Sehingga bisa terhindar dari bau mulut.    

Penulis:  Rizka Wahyuni

Rizka wahyuni

Crewwomen di Asmara In Jogja yang saat ini sedang melanjutkan studi di Alih Jenjang Keperawatan Gigi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

Juga salah satu perawat di Klinik Gigi Dhea Kaliurang, Yogyakarta. Selain itu, ia  sedikit sibuk menghabiskan waktu berbisnis bunga di Clorist Florist bersama sahabatnya.



Komentar Untuk artikel Ini (0)

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas