Tahu Serasi khas Bandungan | Foto Rizka Wahyuni/AIJ

Asmarainjogja.id – Tahu merupakan salah satu makanan favorit rakyat Indonesia. Tak heran jika di setiap daerah tahu diolah bermacam rasanya. Atau juga sebagai pelengkap menu makanan sehari-hari di rumah. Terutama bagi penggemar tahu goreng, makan kalau tidak ada tahu goreng, ibarat makan nasi tanpa sayur. Kurang lengkap, selera makan pun berkurang.

Nah, di bawah kaki Gunung Ungaran, Bandungan, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, tahu serasi merupakan kuliner khas Bandungan. Rasanya? Hmmm.. tak diragukan lagi, dijamin akan ketagihan, dan memborong sebagai oleh-oleh kuliner untuk keluarga tercinta di rumah.

Bandungan selain menawarkan keindahan alamnya yang memesona, kulinernya pun patut dicoba. Ada beragam kuliner khas di sana, misalnya sate kelinci, dan tahu serasi yang sedang kita bayangkan saat ini. Duh... jadi lapar, deh. Tahu serasi yang disajikan di warung-warung di tepi Jln. Sukorini, Bandungan, menggugah selera para wisatawan yang melintas di sana.

Sore itu udara cukup dingin, jalan macet karena kendaraan yang padat membuat kami jenuh. Ahaaa... ide pun muncul, motor matic yang ditunggangi kami hentikan di salah satu warung di sana. Benar-benar ide yang briliant, makan tahu serasi khas Bandungan tentu menyimpan kenangan tersendiri. Kelezatan itu pun tak mudah lupa begitu saja, selalu terbayang kelezatannya.

Satu porsi harga tahu serasi Rp 15.000, kalau mentah harganya Rp 9.000. Untuk minumannya kami memilih susu kedelai. Nah, susu kedelai di Bandungan ini juga sebagai oleh-oleh minuman para wisatawan yang singgah di sana. Segelas susu kedelai ditawarkan Rp 6.000, sedangkan kalau dibawa pulang per liternya Rp 10.000. Perbedaan minum di sana dengan dibawa pulang adalah susu kedelai yang dijual per liter itu tidak diberi gula. Jadi rasanya tidak manis, masih murni.

Tahu serasi

Tahu serasi yang menggugah selera | Foto AIJ

Sekitar lebih kurang 30 menit, pesanan pun sampai. Asap mengepul dari susu kedelai di gelas, sedangkan tahu serasi masih terasa panas yang dihidangkan di sebuah piring keramik. Sambal kecap melengkapi menu kami saat bersantap merasakan kelezatan tahu serasi ala Bandungan.

Rasa tahu serasi ini enak, teksturnya lebih lembut dibandingkan tahu yang pernah saya makan sebelumnya. Kedelainya benar-benar terasa, dan tidak terlalu asam. Mungkin selama ini kita makan tahu agak ke asam-asaman, namun tahu serasi sungguh berbeda. Benar-benar enak, sangat mengesankan pada lidah. Jadi mau tambah saja kalau makan tahu serasi. Serius![]

Penulis:  Asmara Dewo 

Asmara Dewo

Baca juga:  Lezatnya Sate Kelinci Khas Bandungan

Gabung di media sosial kami:  Google+  Fanpage  Facebook  Twitter  YouTube

 

 



Komentar Untuk artikel Ini (0)

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas