Tarian Talang Kencono di Festival Gunung Sewu, Nglanggeran, Rabu, 7/12/2016 | Foto asmarainjogja

Asmarainjogja.id – Festival Gunung Sewu World Class Geopark Night Specta 2016 begitu semarak. Acara yang akan diagendakan setiap tahun ini langsung dibuka oleh Wakil Gubernur DI Yogyakarta, Paku Alam X. Setelah sesi acara penyerahterimaan sertifikat kepada setiap kabupabaten, tarian Talang Kencono memukau para hadirin.

Tarian Talang Kencono diiringi musik gamelan dan lagu yang dinyayikan oleh sinden dengan suara yang sangat merdu. Tarian ini menceritakan bagaimana pendiri Sultan Mataram Islam pertama, Panembahan Senopati, ketika menemukan Gunung Nglanggeran. Yang kemudian hari Gunung Nglanggeran menjadi suatu keberkahan bagi rakyatnya.

Baca juga:

Embung Nglanggeran, Wadah Air Raksasa di Atas Bukit

Foto Cantik di Gunung Api Purba Nglanggeran

Tarian Talang kencono

Tarian Talang kencono | Foto asmarainjogja, Asmara Dewo

Alunan musiknya sangat indah, begitu dalam, penonton yang hadir terhanyut akan penampilan Tarian Talang Kencono yang ditampilkan begitu sempurna. Setelah tarian pembuka ini berakhir, tampil pula tak kalah kerennya dari grup band Mantradisi Etno Music.

Band ini paduan dari gaya musik tradisional dan modern. Syair-syair yang dipadu dengan lagu tersebut menceritakan kritikan terhadap para penjarah alam. Pesan dari grup itu adalah agar kita sebagi manusia menjaga alam, karena kehidupan ini harus seimbang, antara manusia dan alam.

Beberapa penyanyi dari siswa SMM (Sekolah Menengah Musik) Yogyakarta turut menyemarakan acara tersebut. Lagu-lagu yang dibawa mulai dari tradisional, lagu luar negeri, dan lagu modern Indonesia.

Acara yang digelar di area parkir Embung Nglanggeran, Desa Nglangeran, Patuk, Gunungkidul, Yogyakarata (8/12/2016) sempat bubar bagi penonton dari luar pagar pembatas. Gerimis cukup deras di acara ini. Dan beberapa menit kemudian cuaca kembali bersahabat. Namun kabut tebal menutupi eksotisnya Gunung Api Purba yang jadi latar belakang panggung acara ini.

Penonton kembali antusias setelah bintang tamu yang ditunggu-tunggu tampil di panggung. Katon Bagaskara dengan ramah menyapa penonton dan para tamu undangan istimewa. Dengan lengan panjang hitam yang digulung sampai siku, dan rompi merah motif batik, ia membawakan lagu dengan sempurna di atas pangggung.

Baca juga:

Dua Atraksi Paling Mendebarkan di Pasar Sekaten Yogyakarta

Asyik dan Ngeri Nonton Pacu Kuda di Yogyakarta, Satu Kuda Mengamuk Ganas

Ini Alasannya Kota Yogyakarta Dikunjungi dari Berbagai Kalangan

Katon Bagaskara

Katon Bagaskara di  Acara Gunung Sewu World Class Geopark Night Specta 2016 | Foto asmarainjogja, Asmara Dewo

Katon Bagaskara bernyayi diiringi musik oleh Orkestra SMM Yogyakarta. Sebagai lagu penutup, Katon membawakan lagu berjudul Yogyakarta. Langung saja penonton berseru-seru senang, dan mengikuti sang vokalis bernyayi. Acara Gunung Sewu World Class Geopark Night Specta 2016 pun ditutup dengan letusan kembang api berwarna-warni mengarah Gunung Api Purba Nglanggeran. [Asmara Dewo]

Tonton video Tarian Talang Kencono:

Aksi di panggung Katon Bagaskara:



Komentar Untuk artikel Ini (0)

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas