Kastil Merapi, The Lost World Castle | Foto Asmarainjogja

Asmarainjogja.id – Warga sekitar menyebutnya Kastil Merapi, sebuah wisata baru bak istana yang hilang seperti di film fantasi. The Lost World Castle ini dibuka untuk umum sekitar 3 bulan yang lalu. Namun karena masalah perizinan bangunannya masih sengketa, wisata di lereng Gunung Merapi tersebut sempat ditutup. 

Namun begitu, para wisatawan sudah memburu Kastil Merapi, seakan tak mau ketinggalan dengan wisatawan lainnya. Memang Kastil Merapi ini merupakan salah satu wisata yang paling eksotis di Yogyakarta, hal ini bisa dibuktikan dengan bangunan yang unik menyerupai istana dongeng. Seakan-akan kita berada di sana bukan seperti di dunia nyata, tapi berada di negeri dongeng.

Jika Anda pernah menonton acara Benteng Takeshi, maka persis seperti The Lost World Castle. Sepertinya juga Kastil Merapi ini bakal menjadi tujuan wisata yang paling populer di Lereng Merapi. Selain istana dongeng yang bisa dinikmati, wisata alam yang menakjubkan juga bisa Anda rasakan di sana. Maka klop sudah, Kastil Merapi icon baru wisata di Gunung Merapi.

Kastil Merapi

The Lost Worl Castle, Kastil Merapi | Foto asmarainjogja, Asmara Dewo

Jalan ke Kastil Merapi tidak begitu baik, jalan berbatu dan berlubang kerap dijumpai sepanjang jalan menuju ke sana. Motor cross dan jepp juga hilir mudik membawa penumpang. Cocok sekali dengan kendaraan seperti itu melintasi medan yang cukup sulit tersebut. Kami yang mengendarai matic tak mau kalah, siap balap-balapan di jalan yang bertanah kuning itu. Ya, cukup seru. Begitulah jalan yang kami rasakan ke Kastil Merapi, sembari menatap pemandangan alam yang aduhai eloknya.

Cuaca tidak begitu cerah ketika kami tiba di The Lost World Castle, Gunung Merapi terlihat malu-malu menampakkan dirinya. Awan setengah menutup badannya. Berharap jangan sampai hujan ketika itu, jika sampai air langit turun, pupus sudah mengabadikan Kastil Merapi di asmarainjogja.

Siang itu perut kami keroncongan, belum sempat makan siang di Kota Yogyakarta. Cocok sekali memang untuk bersantap ria di warung yang ada di sana. Harganya pun tak menguras kantong traveller kere seperti kami. Bagi kami, makan di warung sekitar objek wisata adalah salah satu cara menggeliatkan perekonomian warga sekitar. Dengan begitu kita sudah membantu perekonomian warga di sana. Karena kami sadar sekali, bahwa salah satu keuntungan warga dengan adanya objek wisata adalah mereka bisa berjualan di sana.

Area parkir di sana cukup luas, mobil-mobil mewah juga sudah tampak berjejer rapi. Tak kalah dengan kaula muda dengan tunggangan kuda besinya. Meskipun di hari Selasa, ternyata tak membuat surut pengunjung yang datang ke sana. Bisa dibayangkan betapa ramainya ketika di akhir pekan. Mungkin bagi Anda yang belum pernah ke sini, meski dicoba sebelum ketinggalan, alias basi, guys! Hahaha.

Kastil Merapi

Gerbang masuk The Lost World Castle  | Foto asmarainjogja, Asmara Dewo

Dari gerbang masuk Kastil Merapi sudah tampak betapa megahnya wisata yang satu ini. Rasa penasaran semakin mencuat, kami tak sabar melangkahkan kaki menuju tiket masuk. Untuk tiketnya sebesar Rp 15.000 per orang. Mahal apa murah? Tapi harus kita ketahui, Kastil Merapi ini pemiliknya dan dikelola oleh swasta jadi wajar jika tarif masuknya segitu.

Kastil Merapi

Eksotisnya Kastil Merapi tampak dari samping | Foto asmarainjogja, Asmara Dewo

Karena biaya untuk membangun istana fantasi ini tentu membutuhkan biaya yang mahal. Bahkan sampai saat ini pembangunannya masih terus berjalan, dan akan terus diperbesar lagi. Mungkin juga kalau bangunannya sudah selesai tiket masuknya sudah Rp 60.000 per orang. Sesuai seperti apa yang diumumkan oleh pengelola wisata.

Sayap malaikat di Kastil merapi

Sayap malaikat di Kastil merapi | Foto asmarainjogja, Asmara Dewo

Area Kastil Merapi ini sangat luas, guys. Nah, untuk spot selfie juga sangat banyak di sana. Keren-keren pula. Di sebelah kiri Kastil Merapi juga terdapat replika belulang dinosaurus yang ukurannya sangat besar. Yang tak kalah menarik lagi untuk berfoto adalah “sayap malaikat” yang ada di halaman utama Kastil Merapi. Kalau Anda cewek, jadilah bidadari terbang yang lagi mengepakkan sayap terbang ke angkasa, hahaha.   Tuh, lihat seperti Rizka, gaya sekali dia.

Duduk-duduk di halaman utama itu juga hal yang sangat menyenangkan. Pemandangan ciamik di depan mata, dan gagahnya Kastil Merapi akan membuat betah siapa saja yang menatapnya. Selain kawula muda yang memadati ramainya wisata ini, para orang tua yang membawa si buah hatinya juga cukup banyak di sana. Jadi bisa dibilang Kastil Merapi merupakan wisata favorit juga untuk liburan keluarga. Yang harus diwaspadai adalah karena kastilnya tingkat, anak-anak harus ekstra dijaga hati-hati saat menaiki anak tangga.

Kursi Pedang di Kastil Merapi

Kursi Pedang di Kastil Merapi | Foto asmarainjogja, Asmara Dewo

Hal yang unik lagi adalah kami juga melihat ada kursi Pedang yang nyentrik. Kursi itu terbuat dari besi, puluhan pedang tajam menghiasai di setiap sisi kursi. Ketika saya coba raba apakah asli atau tidak, eh, ternyata itu pedang asli, guys. Kursi Pedang ini juga salah satu spot selfie bagi pengunjung yang datang ke sana. Sungguh karya yang kreatif. Besok-besok entah ada kejutan apa lagi dibuat oleh pihak pengelola wisata.

Menara Pandang di Kastil Merapi

Rizka berfoto berlatar Menara Pandang Kastil Merapi | Foto asmarainjogja, Asmara Dewo

Menuju ke lantai atas, kami menaiki anak tangga. Pada tingkat paling atas, menurut saya tempat yang paling eksotis untuk menangkap  pemandangan dan luasnya Kastil Merapi. Sayangnya karena cuaca mendung, kami tak bisa melihat gagahnya Gunung Merapi, hanya samar-samar Gunung Merapi menampakkan wujudnya. Di lantai paling atas (menara pandang) ini hanya sebuah meja yang ada di sana. Karena tak ada hal yang menarik lagi kami turun kembali.

Selanjutnya kami menelusuri sebuah tembok seperti Great Wall di China. Ya, meskipun saya belum pernah ke Tembok Cina, paling tidak saya bisa melihat dari foto dan video. Jadi ketika berjalan di tembok Kastil Merapi itu sensasinya seperti di Tembok Cina, hahaha. Perasaan saja, sih. Anda boleh coba sendiri, deh, suatu hari jika berkunjung ke sini.

Tembok di Kastil Merapi

Jalan di sepanjang tembok ini sensasinya seperti di Tembok Cina | Foto asmarainjogja, Asmara Dewo

Tembok ini cukup panjang, guys. Meski begitu langkah kaki tak terasa letih, padahal sudah berkeliling di Kastil Merapi. Apalagi bersama si menyebalkan, Rizka, tentu travelling tak pernah lelah, bosan, bahkan selalu happy dan ramai karena tingkah lakunya yang aneh. Memang travelling bersama orang-orang yang menyebalkan itu terkadang sangat seru, meski terkadang juga buat kita jengkel.

Kastil Merapi

The Lost Worl Castle memang spot cantik untuk berfoto | Foto asmarainjogja, Asmara Dewo

Tanpa terasa kami sudah kembali turun dari “tembok Cina” itu. Spot apa lagi yang harus kami kunjungi untuk diabadikan? Ternyata, guys, di sini itu banyak sekali spot untuk berfoto cantik. Misalnya saja di jembatan yang berlatar Kastil Merapi. Atau juga di depan 2 pintu yang eksotis untuk diabadikan di perjalanaan Anda.

Kastil Merapi

Rizka melintas di antara pintu eksotis Kastil Merapi | Foto asmarainjogja, Asmara Dewo

Setelah berfoto sebentar dari pintu eksotis itu, kami menaiki anak tangga yang berada di sebelah kiri. Tangga itu mengantarkan kami kembali ke halaman utama. Oh ya, The Lost World Castle ini berada di Dusun Petung, Desa Kepoharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. [Asmara Dewo]

Liputan wisata ini disponsori oleh Padusi Hijab   

Baca juga:

Hutan Pinus Pengger, Wisata Malam yang Lagi Populer di Yogyakarta

Petualangan Seru ke Jembatan Ekstrem Pulau Kalong

Ujian Sang Petualang di Gua Cerme yang Menyeramkan

Wisata Baru Watu Goyang (Batu Bergoyang) di Atas Bukit

Video Jembatan Ekstrem Pulau Kalong



Komentar Untuk artikel Ini (0)

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas