Perbanyaklah minum air putih | Fotckrio Fl

Asmarainjogja.id-Saya pernah sakit dan memeriksakan diri ke dokter. Bukan satu kali namun berkali-kali. Salah satu pesan dokter yang selalu saya ingat adalah minum air putih minimal dua liter per hari. Masalahnya, sangat sulit untuk minum sebanyak itu jika dalam keadaan tidak bekerja.

Namun, saran dari dokter memang ada benarnya. Kurang minum air putih memang mengakibatkan saya kelelahan, bahkan pegal-pegal. Dulu, sewaktu masih bersekolah di STM dan harus melakukan latihan tune-up mesin mobil-yang mengharuskan membungkuk dalam waktu lama-guru saya juga menganjurkan agar meminum air putih yang banyak agar tidak pegal-pegal. Dan itu terbukti.

Tapi bagaiman jika kita tidak haus? Berikut ini tips agar yang tidak suka minum air putih, lebih banyak minum untuk kesehatan.

1. Pakailah Botol Minum yang Besar

Pemakaian gelas memang terkadang terasa sangat membebani. Minum satu gelas air terasa berat padahal isinya hanya berkisar 200ml. Untuk itu pakailah botol. Saya sendiri memakai  botol berkapasitas 600ml, sehingga tidak terasa minum banyak.

2. Bawa Botol Minum Selalu

Jangan jauh-jauh dari botol minum. Usahakan selalu ada di samping kita saat membaca, mengetik, menonton, bahkan saat berjalan atau naik kendaraan. Dengan selalu melihat botol minum kita jadi ingat jika harus minum walau tidak haus. Minumlah walau sedikit, tapi sering.

Segera isi ulang botol jika sudah kosong.

3. Makan Camilan Pedas

Jika Anda tidak bermasalah di perut, sesekali boleh mencoba camilan pedas. Keripik pedas misalnya. Hal ini akan membuat Anda minum dan minum lagi. Tapi jangan berlebihan, secukupnya saja. Karena jika berlebihan bukan sehat yang didapat, sakit iya.

4. Berolahraga

Jika aktifitas sehari-hari kita tidak memerlukan banyak bergerak. Maka olahraga adalah salah satu cara menuju sehat. Di samping itu dengan berolahraga, kita akan merasa haus. Dan pasti konsumsi air putih meningkat.

5. Biasakan Minum

Ini adalah hal yang sangat penting dan mendasar. Biasakan minum ketika Anda baru memasuki rumah setelah bepergian. Minum walau sedikit asal jangan ditinggalkan sama sekali. Biasakan juga minum sebelum dan setelah bangun tidur.

Demikian tips agar kita mengonsumsi air putih, untuk menjaga kesehatan. Semoga bermanfaat.[]

Penulis:  Arwen Chandra Tatiano

Baca juga:  Berikut Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Tiga Buah Ini Bisa Mencerahkan Kulit Sekitar Siku dan Lutut Secara Alami








Custom Search




Komentar Untuk artikel Ini (0)

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas