Saat menstruasi wanita mengalami sakit perut yang luar biasa (Ilustrasi) | Foto Flickr

Asmarainjogja.id – Wanita diciptakan Allah SWT dengan segala keunikan yang dimilikinya. Seperti mengandung, melahirkan anak sampai berkali-kali. Sungguh betapa kuatnya seorang wanita.

Dan setiap wanita normal pasti setiap bulannya mengalami datang bulan atau disebut juga dengan istilah kedokteran menstruasi.

Siklus menstruasi pada wanita berbeda-beda. Biasanya siklus normal 28 hari. Tapi ada beberapa yang kurang atau lebih dari 28 hari. Untuk siklus 21-35 hari termasuk siklus menstruasi yang normal. Lamanya sekitar 2 hari sampai 7 hari, tapi yang paling lama 15 hari. Jika lebih dari 15 hari sebaiknya segeralah periksakan ke  dokter.

Baca juga:  Ternyata Gigi Berlubang Dapat Menular, Ini Buktinya!

Biasanya gejala mendekati hari menstruasi setiap wanita tidak sama. Ada yang muncul jerawat, payudara terasa bengkak, sakit pinggang, dan keadaan emosional yang tidak stabil. Hal tersebut termasuk normal ketika mendekati masa menstruasi.

Tak jarang pada saat hari pertama menstruasi, banyak wanita merasakan sakit yang luar biasa. Sakit pada daerah perut, pada saat menstruasi disebut dengan istilah dysmenorrhea. Biasanya terasa kram bagian perut bawah, sakit punggung, dan pegal-pegal. Jika terasa sakit hebat, alangkah baiknya dibawa ke rumah sakit.

Berikut yang bisa dilakukan ketika disminore atau sakit ketika menstruasi:

1. Menghangatkan perut dengan air panas

Rebuslah air hingga suam-suam kuku. Jangan sampai mendidih. Masukkan air ke dalam botol air minum, lalu letakkan botol tersebut di bagian perut. Rasa panas yang timbul akan dapat meransang rasa sakit pada saat disminore.

2. Perbanyak minum air putih hangat

Air putih banyak manfaatnya untuk kesehatan. Salah satunya untuk menstruasi. Dengan selalu meminum air putih hangat akan mengurasi sakit ketika mestruasi

Baca juga:  Tips Agar Selalu Mengonsumsi Air Putih yang Cukup bagi Kesehatan

3. Perbanyak mengonsumsi sayur dan buah-buahan

Saat menstruasi, berarti terjadi peluruhan pada dinding Rahim. Dan menyebabkan banyaknya keluar darah pada masa menstruasi. Dengan mengonsumsi sayur dan buah-buahan dapat mengurangi sakit pada saat menstruasi.

4. Hindari mengonsumsi makanan fast food

Sebagian orang suka sekali makanan fast food, bahkan ada setiap harinya tak lepas dari makanan siap saji tersebut. Pada saat menstruasi dianjurkan untuk tidak mengonsumsi makanan fast food. Karena dapat membahayakan kesehatan dan memicu sakit saat menstruasi.

5. Berolahraga

Saat menstruasi tentunya banyak di antara wanita yang malas bergerak alias mager. Biasanya karena takut tembus atau merasa tidak nyaman kalau melakukan aktivitas. Saat menstruasi sebaiknya melakukan olahraga ringan seperti joging, sehingga tubuh akan terasa bugar.

Penulis:  Rizka Wahyuni

 

Rizka wahyuni

Crewwomen di Asmara In Jogja yang saat ini sedang melanjutkan studi di Ahli Jenjang Keperawatan Gigi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

Juga salah satu perawat di Klinik Gigi Dhea Kaliurang, Yogyakarta. Selain itu, ia  sedikit sibuk menghabiskan waktu berbisnis bunga di Clorist Florist bersama sahabatnya.



Komentar Untuk artikel Ini (0)

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas