Ilustrasi Promosi | Foto olah digital asmarainjogja

Asmarainjogja.id – Jualan online itu sangat ketat persaingannya, bagi pebisnis yang cuma bisa mewek dagangannya sepi, ya, goodbye. Lha, mental tempe begitu mau jadi pebisnis, nggak, bisa, toh?! Seorang pebisnis, khususnya yang begelut di online harus bermental baja. Harus!

Saya yang notabenenya juga berdagang, juga sering mengalami sepi orderan. Nggak dapat orderan 3 hari berturut-turut, kepala saya sudah nyut-nyutan, pusing tujuh keliling. Tidur nggak nyenyak, selera makan pun berkurang. Biasanya kalau saya sudah begini, ya, paling traveling untuk penyegaran otak.

Tapi kali ini saya bukan membahas soal terapi jiwa ala traveling, hahaha. Khusus berbagi ilmu marketing berdasarkan pengalaman demi pengalaman yang saya lalui. Apakah Anda sudah siap menerima trik marketing jitu ini?! Kalau siap mari kita lanjutkan. Jangan terkejut orderan tiba-tiba membludak.

Sebelumnya harus saya sampaikan kepada Anda bahwa di bawah alam sadar konsumen itu selalu terbersit diskon… diskon… diskon. Jangankan konsumen, Anda sendiri seorang marketer, entah itu marketer ulung sampai marketer standar, pasti tergiur dengan ‘diskon’. Memang pada dasarnya semua manusia itu adalah konsumen.

Jadi hal inilah yang harus Anda ulik, bagaimana cara meracik diskon produk agar tetap mendapatkan keuntungan yang besar. Ya, sebuah keuntungan fantastis. Biar Anda cepat tajir, hahaha. Bisa pensiun dini sesegera mungkin.

Sebagai contoh, ada berapa item produk yang Anda pasarkan secara online. Ada 7 item, atau 10 item? Dari sekian banyak item tersebut pastikan 1 produk didiskon dengan potongan yang sangat besar. Istilahnya diskon gila-gilaan. Kalau bisa nyaris 75 persen dari harga normal.

Pengalaman saya hanya membuat diskon 50%, harga produk yang biasa dijual Rp 30.000,00 setelah didiskon menjadi Rp 15.000,00. Bayangkan berapa besar selisih harganya? Terlebih lagi dengan menjual harga normal saja untungnya tipis, apalagi sudah didiskon sebesar itu? Nyaris keuntungan hanya Rp 300,00 (tiga ratus rupiah) per item. Kacau, kan? Kalau dihitung-hitung pakai ilmu ekonomi, untung-rugi.

Mungkin Anda penasaran apa nggak rugi, tuh? Mengingat biaya operasional juga cukup besar. Rugi? Ya, jelas rugi! Namun, seperti yang sudah sampaikan tadi, cukup 1 items yang didiskon super gede, nah, yang lainnya diskonlah dengan tetap mendapkan keuntungan yang normal. Maksudnya adalah 1 item yang didiskon gila-gilaan tadi hanya sebagai alat pemancing agar calon pembeli ramai di lapak jualan Anda.

Memang, sih, cukup banyak juga pembeli tadi hanya memborong yang didiskon besar saja. Sedangkan produk yang lain, ditanya saja tidak! Hahaha. Meskipun juga ada diskonnya. Nah, saya tekankan kepada Anda, itu tidak masalah, yang penting fokuslah pada konsumen yang kompeten, sesuai harapan Anda. Belanja yang didiskon besar tadi, dan juga belanja diskon normal. Inilah konsumen kompeten yang saya maksud.

Selanjutnya bagaimana cara menjalankan promosi diskon ini?

Buatlah rentang waktu promosi diskon gila-gilaan tersebut selama 7 hari, atau juga 10 hari. Jangan terlalu singkat, seperti 3 hari, atau 5 hari. Promosi Anda itu di online, jadi calon konsumen maupun konsumen tetap Anda bisa mengetahui diskon yang sedang dipromosikan. Kalau terlalu cepat, bisa saja promosi itu belum sampai ke mereka, saat mereka tahu ada promosi, eh, masa berlakunya sudah habis.

Boleh saja, sih, diskon dalam tempo 3 hari, tapi pastikan dulu konsumen Anda sudah banyak, mencapai ribuan, dan iklan promosi Anda mentereng di situs-situs besar di Indonesia, atau juga beriklan di media sosial. Nah, kalau hanya mengandalkan akun-akun media sosial, toko online, dan e-marketplace, sebaiknya limit promosinya panjang.

Biar lebih ‘menggigit’ lagi promosi Anda buatlah copywriting yang dahsyat. Bagi yang belum tahu apa arti copywriting, sederhananya adalah teknik menulis untuk menjual produk. Jadi dalam teks produk yang didiskon tersebut itu juga tidak asal-asalan ditulis. Kalau Anda mau belajar copywriting cobalah cari informasinya sendiri di Google, cukup banyak artikel yang membahas copywriting tersebut.

Nah, yang terakhir adalah rajin mengingatkan kepada seluruh calon konsumen maupun konsumen Anda promosi yang didiskon gila-gilaan itu. Mungkin dalam sehari 2 kali, atau 3 kali update promosi. Yang, pastinya jam malam adalah waktu yang tepat melakukan update promosi di media sosial, mulai pukul 19:000 s/d 21:00.

Ingatkan mereka, dengan caption: “Stock terbatas! Promosi tinggal 2 hari lagi!” Jadi mereka secara tak langsung akan ‘ketakutan’ jika produk yang diingankannya keburu diambil konsumen lain. Nah, itulah trik ilmu marketing yang layak Anda coba. Selamat bereksperimen! [Asmara Dewo]

Baca juga:

Diskon Besar-besaran Apa Tidak Rugi?

Hijab Rawis Diskon 50 %, Kini Hanya 15 Ribu



Komentar Untuk artikel Ini (0)

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas