Ilustrasi mahasiswa berbisnis | Shutterstock

Asmarainjogja.id – Apa di benakmu jika ingin mencari uang jajan, tapi tidakmengganggu aktivitas belajar dan kuliahmu? Kamu bingung bagaimana cara memilih bisnis yang tepat, sehingga keinginan itu pun hanya berakhir di batas angan dan hati saja, tak pernah terwujud dalam kehidupan nyata.

Rasanya memang tidak nyaman, bila apa-apa harus minta pada orangtua, untuk sesuatu yang tidak penting. Misal kamu akan membalas traktiran teman sekolah dan kuliah, pasti merasa malu modal gratisan terus. Sekali waktu, bolehlah gantian yang mentrakir. Akan tetapi bagaimana caranya mendapat uang tersebut?

Di bawah ini ada beberapa ide bisnis yang bisa kamu kerjakan sepulang sekolah dan kuliah, atau bisa kamu kerjakan di waktu senggang.

1. Berjualan aneka minuman dan gorengan di teras rumah

Modalnya tidak begitu banyak, tahukah kamu berjualan makanan itu sangat menggiurkan dan tak akan pernah ada matinya. Aneka minuman entah itu panas atau dingin ditambah gorengan, selalu tandas diserbu semua orang oleh si pemburu kuliner. Kamu cukup menjajakan di teras rumah samping, tempel spanduk dan jadilah bisnis ini.

2. Jualan kue kering atau camilan

Mirip dengan poin pertama di atas tadi, bahwa bisnis kuliner memang selalu hidup dan berkembang. Sebab makanan menjadi kebutuhan pokok manusia dalam mempertahankan hidup. Jika kamu pintar membuat kue atau camilan itu bagus sekali, tapi jika tidak bisa kulakan di agen besar camilan yang ada di dekat tempat tinggalmu. Di rumah, kamu tinggal membeli plastik lalu mengemasnya serta memasang label saja. Cara menjualnya cukup dititipkan ke warung, toko atau kantin tempatmu sekolah dan kuliah.


Hijab

3. Jualan Kartu Perdana Data dan pulsa elektrik

Keuntungannya memang sedikit, hanya berkisar ribuan rupiah sekali melakukan transaksi, namun ide bisnis tersebut juga sangat menggiurkan, karena kita tahu sekarang ini semua orang membutuhkan dan seperti sudah menjadi bahan pokok manusia. Lihat di kelas atau kampus,  teman-temanmu banyak yang harus rela menahan mulut untuk tidak jajan, demi ingin membeli kartu perdana data atau pulsa agar berinternet tetap berjalan lancar, sehingga bisa bebas berselancar di dunia maya. Peluang bagus ini bisa kamu garap sembari menggali ilmu pengetahuan di sekolah. Tapi ingat pastikan mereka tidak boleh berhutang, karena labamu minim.

4. Jadi penulis

Spesial pekerjaan ini buat mereka yang hobi membaca buku dan mampu merangkai kalimat indah dan enak dibaca, menjadi penulis! Jika kamu merasa mampu, cobalah mendalami profesi satu ini! DIjamin kamu bakal ketagihan sesudahnya, apalagi bila pernah merasakan nikmatnya mendapat honor. Bermodal kuota internet dan seperangkat gadged, sangat simpel dan mudah. Saat ini berbagai media online juga menjamur bak cendawan di musim hujan, kamu bisa kirim naskah tulisanmu ke sana.

5. Jadi blogger

Masih ada hubungannya dengan poin empat, jika kamu suka menulis membuat blog pribadi dan mengunggah segala tulisan lengkap dengan foto pendukung, juga bagus. Untuk kamu yang punya hobi traveling dan kuliner dapat menulis pengalamanmu di sana. Jika beruntung, akan mendapat tawaran gratis makan serta jalan-jalan dan uang saku dari perusahaan yang memakai jasamu, menulis tempat usaha mereka supaya lebih dikenal orang.

6. Selebgram

Bila merasa penampilanmu menawan dan banyak teman, kenapa tidak mencoba menjajal bisnis yang satu ini. Sangat mudah dikerjakan hanya bermodal akun sosial media saja dan kuota internet, sudah bisa dikerjakan. Sekarang banyak perusahaan besar yang mencari tenaga endors untuk mempromosikan produk mereka, kamu bisa manfaatkan peluang bagus tesebut, jika followers kamu sudah banyak, daripada gadged hanya buat maksiat saja.

7. Youtuber

Ini hampir mirip selebgram, hanya saja kamu dituntut punya kreatifitas tinggi dalam mengolah sebuah ide. Apa saja yang ada di sekitarmu dapat diambil sebagai bahan cerita dan video, bila beruntung dari hobi sepele dan menyenangkan ini, kamu bisa dapatkan uang jajan juga kok, apalagi bila suscribers cukup banyak. Sama seperti dengan selebgram, kamu juga bisa jadi endors produk. Untuk itu cari dan buatlah kualitas isi konten berbobot dan menarik minat orang untuk menontonnya.

Hijab

8. Desain Grafis

Jika kamu bisa menggambar dan tahu banyak tentang ilmu design grafis, bisa menekuni ide bisnis yang satu ini, dijamin tak akan rugi. Apalagi saat musim orang menikah, di mana orang banyak mencetak kartu undangan, bakal panen uang kamu. Di samping itu bila ada tetangga yang akan membuka toko dan membutuhkan logo, banner, siap-siap, ya, jadi jutawan dadakan di rumah.

9. Fotografer

Sekarang semakin menggeliat bisnis melalui online, bila kamu hobi memotret dan hasilnya bagus, bisa tawarkan jasamu kepada para pebisnis tersebut. Dari sana tak hanya uang jajan saja yang kamu peroleh, pengalamanmu sebagai tenaga fotografer juga akan terasah dengan sendirinya, sebab sudah terbiasa mengerjakannya. Mengikuti pameran juga bisa, agar karyamu semakin dikenal orang dan siapa tahu dari sana mendapat tawaran pekerjaan selain hadiah bila menang dalam kontes tersebut.. Mendirikan

10. Toko Online

Terakhir ide mendirikan toko online, kamu bisa bertindak sebagai reseller atau drosshipper, tinggal pilih saja. Bisnis affiliasi marketing juga bagus, sebab sama-sama sebagai tenaga penjual. Kamu tidak menyetok barang di rumah dan hanya bermodal gadged dan kuota internet.

Ide bisnis banyak, tergantung dirimu mau mengerjakan atau tidak? Selamat mencoba! [Siti Royani]

Baca juga: 

Raksasa Tumbang, Pemain Cilik Mulai Terbang

Trik Ilmu Marketing Diskon Gila-gilaan

Diskon Besar-besaran Apa Tidak Rugi? 

Lima Faktor Kenapa Penjualan Online Menjelang Lebaran Sepi



Komentar Untuk artikel Ini (0)

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas