Spot berfoto di Watu Lawang | Foto Asmarainjogja

Asmarainjogja.id – Meski namanya tidak sepopuler Hutan Pinus Imogiri atau Kebun Buah Mangunan, Watu Lawang kini menjadi alternatif wisata bagi para   wisatawan. Terbukti wisata yang terletak di Dusun Mangunan, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta tersebut di akhir pekan cukup ramai pengunjung.

Memang bagi seorang traveler sendiri kurang lengkap rasanya jika belum menjajal wisata di satu daerah, itu juga alasan Watu Lawang mulai dilirik para traveler. Terlebih lagi saat ini di sekitar Desa Mangunan wisatanya semakin bertambah saja. Nah, untuk itulah di kesempatan di Minggu kemarin kami berkunjung ke Watu Lawang.

Bagi kamu yang belum pernah ke sana, tentu sangat penasaran bagaimana, sih, Watau Lawang itu? Baiklah saya akan menceritakan traveling kami yang sangat berkesan. Sepulang dari wisata Pintu Langit Dahromo tanpa harus berlama-lama lagi kami ke Watu Lawang, ngebut, guys! Nggak pakai acara lama, sekitar 20 menit sampai.

Untuk tiket masuk motor hanya Rp 5.000, mobil Rp 10.000, sedangkan mini bus Rp 20.000. Wihhh… murah banget, ya? Memang betul murah. Harus diakui pula daerah Mangunan ini memang salah satu tempat favorit saya, sebab tiketnya tidak buat kantong cekak. Sangat direkomendasikanlah bagi backpacker seperti kamu-kamu itu, hahaha. Seperti kita maksud saya.

Tiba digerbang objek wisata, kesejukan Watu Lawang sudah terasa, guys. Pepohonan Mahoni menjulang tinggi memayungi di sepanjang area wisata. Terbayangkan betapa sejuknya? Kalau kita menuju ke wisata utama, itu cukup jauh, sekitar 500 meter. Nah, karena rindangnya wisata tersebut tidak terasa lelahnya. Hanya saja kalau baliknya, wadauuu… bagi yang tidak biasa trecking, pasti kecapean, deh. Cukup tinggi anak tangganya.

Tonton juga videonya biar lebih mantap, guys!

Spot-spot menarik untuk bersantai cukup banyak di Watu Lawang, ada gardu pandang dan gubuk yang menghadap pemandangan hijau nan indah. Komplet dengan gugusan perbukitan yang sangat elok. Nah, di bawah perbukitan itu mengular Sungai Oyo yang eksotik dari kejauhan. Fantastis. Tapi sialnya adalah ada pengunjung yang egois, tidak memikirkan pengunjung lainnya. Eh, spot-spot yang begituan dijadikan tempat nongkrong berlama-lama. Beghhhh. Nggak asyik banget memang kalau jumpa tipe pengunjung seperti itu.

Yowesss… kami mengalah, mencari spot lainnya.

Oh ya, di sana juga terdapat banyak warung makan untuk bersantai. areanya bersih, nyaman, menyenangkan, dan pastinya sangat sejuk. Cocok sekali, deh, bagi kamu yang ingin bersantap makanan sambil liburan di Watu Lawang. Mau bergelantungan di atas hammock juga ada, bayarnya cuma Rp 10.000. Dijamin kamu bakal ketiduran pulas. Ya, karena suasananya memang sangat sejuk.

Watu Lawang

Spot utama Watu Lawang | Foto Asmarainjogja

Selain yang sudah saya sampaikan tadi, ada 3 lagi spot utama di Watu Lawang, yaitu spot Pesawat, jembatan menuju Watu Lawang, dan Watu Lawang itu sendiri. Semua spot keren tersebut jadi incaran bagi pengunjung yang suka berfoto ria. Keren sekali memang, guys. Nah, yang cukup unik lagi adalah ada akar alam. Sebenarnya sama saja, sih, seperti akar-akar di hutan, hanya saja karena tumbuh di dusun, dan tepatnya di wisata, jadi menjadi daya tarik Watu Lawang juga.

Garis terakhir wisata ini adalah Watu Lawang itu sendiri. Mungkin kamu penasaran kenapa, sih, dinamai Watu Lawang yang artinya Batu Pintu? Dari keterangan Juru Kunci Watu Lawang di sana, dinamai Watu Lawang karena dipercaya di sanalah pintu alam gaib. Wihhhh… serem banget, ya, guys. Tapi tenang saja, toh, tidak apa-apa, kok, buktinya pengunjung aman-aman saja, malah berpose cantik di atas bebatuan tersebut, hahaha.

Mungkin karena tempat keramat itu pula di wisata ini ada juru kuncinya. Sebaiknya kalau suatu hari kamu kesini, ya, sekedar berkunjung saja, tidak usah macam-macam. Hargai tempat keramat. Sebagai informasi, nih, sampai sekarang Watu Lawang itu juga masih sering dijiarahi lho, alias tempat untuk bersemedi.

Nikmati keindahan alamnya, hargai setiap makhluknya, dan jadilah traveler yang rahmatan lil alamin. Oke, guys, sampai jumpa di traveling kami selanjutnya. [Asmara Dewo]

Baca juga:

Putri Capung di Pintu Langit Dahromo

Pesona Wisata Baru Tebing Gunung Gajah Kulonprogo

Duh, Baru Tahu Sunset Indah di Bukit Lintang Sewu

Jangan Iri Lihat Pemotretan Prewedding di Bukit Panguk



Komentar Untuk artikel Ini (0)

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas