Home Bisnis Promosi Sudah Baik, Tapi Kenapa Penjualan Masih Sepi?

Promosi Sudah Baik, Tapi Kenapa Penjualan Masih Sepi?

9 min read
0
0
65

Ilustrasi membahas promosi yang baik | Foto Shutterstock

Asmarainjogja.id – Berjualan online itu tidak mudah, tapi tidak juga sulit. Mereka yang mengatakan berjualan online itu mudah, menguntungkan, simple  menjalankannya, dan lain sebagainya tentu ia punya pengalaman tentang penjualan tersebut. Begitu juga yang mengatakan berjualan online itu sulit dan susah laku produknya. Mungkin karena belum tahu saja kunci jualan online, makanya sulit. Andai saja sudah tahu, tentulah mereka bilang jualan online itu mudah.

Setiap berjualan itu membutuhkan promosi yang baik dan benar, dan dilakukan secara berkelanjutan. Apakah Anda pernah memikirkan kenapa iklan di televisi produknya hanya itu-itu saja yang ditayangkan? Meskipun ganti gaya iklannya, produknya tetaplah sama. Bahkan dalam beberapa bulan, dengan produk yang sama tayang iklan sudah berbeda, dengan model yang berbeda pula.

Begitulah cara kerjanya promosi produk, yang dilakukan secara berkelanjutan tanpa jeda, meskipun biaya periklanan sangat besar. Apalagi sudah iklan di layar kaca, tentulah per iklan yang tayang sampai puluhan juta rupiah dengan durasi tayang hanya beberapa detik saja. Kenapa perusahaan tetap mengucurkan dana yang begitu besar hanya untuk periklanan saja? Satu-satunya adalah untuk menaikkan omzet penjualan. Apalagi yang baru launching produk baru, iklan akan selalu tayang baik di media elektronik, maupun di media cetak.

Maka disimpulkan berjualan tanpa promosi adalah omong kosong. Perusahaan besar yang produknya sudah membumi di tanah air saja masih gencar dalam hal berpromosi. Lantas Anda yang berjualan dengan skala kecil-kecilan, kok malah enggan berpromosi? Sebagai seorang penjual online, saya tahu sekali kenapa Anda sudah malas mempromosikan  produk Anda.

Pertama, tidak adanya respek terhadap produk yang ditawarkan. Kenapa tidak ada respek dari calon pembeli ketika Anda sudah berpromosi? Jawabannya bisa jadi Anda keliru dalam hal berpromosi yang baik, benar, kreatif, dan menarik. Dunia online ini hampir 70 persen adalah bentuk produk promosi. Di mana-mana kita akan menjumpai promosi produk, dari partai besar, sampai partai kecil. Mereka gencar mempromosikan produknya.

Nah, dari sekian banyak iklan yang berseliweran di dunia maya, mampukah promosi Anda dilirik netizen? Jika iklan Anda bagus, tentu calon pembeli akan melihat produk yang diiklankan tersebut. Setelah dilihat, dibaca, dicermati, dan dipahami, selanjutnya adalah apakah ia akan membeli produk Anda? Biasanya jika iklan ini berhasil, calon pembeli akan menghubungi kontak si penjual. Entah itu hanya sekadar tanya-tanya atau juga langsung membeli produk.

Sebuah promosi yang berhasil tidak harus pula langsung membeli produk Anda. Kemungkinan calon pembeli akan menahan dulu keinginanannya, menahan di sini maksudnya menentukan membeli produk itu di waktu yang pas, seperti baru menerima gaji. Bagi seorang karyawan pada umumnya membeli barang ketika sudah menerima gaji. Jadi promosi Anda 3 Minggu yang lalu, hasilnya bisa saja seminggu kemudian dengan closing penjualan.

Dan ketika produk yang ditawarkan tidak banyak yang respek atau sama sekali dapat memancing calon pembeli. Coba perhatikan soal harga, apakah harganya kemahalan? Kalau mahal, netizen bakal berpikir 1.000 kali membeli produk yang Anda tawarkan. Meskipun produknya bagus, menarik, unik, dan jarang di pasaran. Anda juga harus ingat masalah ongkos kirim yang dibebani terhadap pembeli. Karena itulah jualan online harus murah, agar pembeli nantinya tidak berat untuk penambahan biaya pengiriman.

Selain itu alasan yang tidak buat greget calon pembeli adalah iklan yang Anda lakukan tidak menarik. Tidak menarik bisa seperti bahasa dalam iklan tersebut amburadul, kaku, membingungkan, tidak jelas, foto produk yang buruk, dan dibuat secara asal-asalan.

Cobalah dalam mempromosikan produk itu pakai kata-kata yang baik, sederhana, mudah dipahami, ditambahi pula basa-basinya sebelum menawarkan produk. Jangan langsung ke harga dan detail produk, kaku sekali seperti itu! Alay pun gaya Anda berpromosi, tapi itu menarik, tentu jauh lebih baik daripada hanya menuliskan harga produk saja yang bersifat formal. Ingat ini jualan di pasaran online, bahasa tidak perlu formal.

Yang kedua adalah tidak adanya peningkatan penjualan. Sebenaranya jika melakukan promosi yang baik, benar, kreatif, dan menarik, tentulah meningkatkan penjualan Anda. Tapi kenapa malah tidak ada peningkatan? Berarti ada yang salah cara berpromosinya, untuk hal ini bisa dibaca lagi di poin yang pertama tadi.

Ada hal yang sangat penting Anda ketahui, yakni promosi itu selain meningkatkan penjualan juga untuk mengakrabkan produk kepada calon pembeli. Semakin sering dilihat, didengar, dibicarakan, dan populer, maka akan menambah nilai kepercayaan di tengah-tengah masyarakat online (netizen). Semakin dipercaya, maka peluang untuk dibeli semakin besar.

Sepertinya kita tidak asing lagi mendengar pepatah ini: tak kenal maka tak sayang. Dalam berjualan juga begitu, tak kenal maka tak membeli. Tidak mungkin ada pembeli yang nyasar membeli produk Anda, jika ia sebelumnya tidak mengenal produk dan penjualnya. Netizen itu butuh kepercayaan yang tinggi untuk bertransaksi jual-beli, mereka tidak akan mau mentrasfer uangnya kepada orang yang tak dikenal.

Meskipun Anda sudah mengaku bahwa pedagang profesional, pedagang jujur, pedagang baik, dan lain sebagainya. Semua hal positif itu jika tidak diketahui, ya, percuma. Karena itulah sebagai seorang pedagang online juga harus bisa mempopulerkan namanya sendiri. setidak-tidaknya nama Anda tidak asing di dunia pasar online. Dan yang cukup penting lagi adalah bukan pengakuan dari Anda sendiri bahwa Anda pedagang baik, jujur, bertanggungjawab, tapi orang lainlah yang menilai.

Karena promosi itu manfaatnya jangka pendek dan jangka panjang, maka berpromosilah secara berkelanjutan tanpa jeda. Tiada hari tanpa promosi, begitulah prinsipnya seorang pedagang yang sukses itu. Jika hari ini belum bisa meningkatkan penjualan, esok lusa pastilan Anda ketahui sendiri manfaat promosi hari ini. Yang penting adalah selalu belajar lagi bagaimana cara berpromosi yang lebih baik lagi. [Asmara Dewo]

Baca juga:

Strategi Kendaraan Bisnis untuk Menaikkan Omset Penjualan

Rugikah Untung Tipis dalam Bisnis?

Terjebak di Bisnis Online dan Cara Jitu Meraup Keuntungan

Apa yang Paling Logika dan Menguntungkan di Bisnis Online?

Load More Related Articles
Load More By admin
Load More In Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *