Home Lifestyle Lima Cara Efektif Memulai Hidup Minimalis

Lima Cara Efektif Memulai Hidup Minimalis

9 min read
2
1
246
Ilustrasi kamar minimalis | Pexels.com, Burst

Asmarainjogja.id-Konsep hidup minimalis era sekarang digandurungi oleh kaum tua maupun muda. Di kalangan anak milenial sendiri, konsep hidup minimalis sudah tidak asing lagi, konsep ini bukannya konsep baru dalam kehidupan sehari-hari.

Sebenarnya konsep hidup minimalis sudah lama adanya, banyak yang berpendapat bahwa konsep ini datang dari budaya Jepang. Di mana orang Jepang sangat memperhatikan kualitas hidupnya dalam segi kenyamanan dan kebahagiaan.

Konsep hidup minimalis adalah konsep hidup dengan sederhana tanpa memiliki banyak barang-barang yang sebenarnya tidak kita butuhkan dalam kehidupan. Kalau kita flashback, kita sudah diajarkan oleh orangtua secara tidak langsung. Di mana orangtua selalu mengajarkan untuk membeli sesuatu sesuai dengan yang apa yang dibutuhkan, bukan yang kita inginkan.  

Banyak yang menyebutkan konsep hidup minimalis adalah mementingkan kualitas dari pada kuantitasnya. Intinya fokus pada kualitas bukan kepada banyaknya. Sebagian kita sering membeli sesuatu yang sebenarnya tidak kita butuhkan dan akhirnya menumpuk begitu saja di sudut ruangan tanpa tahu apa gunanya sama sekali.

Berikut lima cara efektif yang kamu lakukan dalam memulai hidup minimalis:

1. Memilah-milih pakaian yang tidak dipakai

Ilustrasi lemari pakaian | Photo by Zhanzat Mamytova from Pexels

Siapa yang tidak hobi membeli baju baru? Kalau ditanya pasti semua orang senang memiliki baju baru. Sering kali setelah terima gaji lalu pergi membelanjakan uang gajian untuk membeli baju model terbaru, dan tentunya membuat si pemilik memiliki rasa kepuasan tersendiri seperti lebih percaya diri dilingkungan kerja atau lingkungan sosialnya.

Mungkin tidak ada salahnya membelanjakan untuk kebahagiaan sendiri. Tapi dengan kebiasaan ini bisa menjadi bumerang pada diri sendiri dan bersifat mumbajir. Pakaian  yang kamu beli lama kelaman bisa membuat lemari pakaian kamu penuh dan kamu sendiri bingung dengan keadaan seperti itu.

Kadang bingung sendri mau memakai baju yang mana, dan tidak jarang lemari kamu tetap berantakan walaupun sudah sering dirapikan.

Langkah yang tepat untuk memulai hidup minimalis dengan cara memilah-milih pakaian yang tidak pernah kamu pakai lagi. Pakaian tersebut dapat kamu donasikan untuk orang yang membutuhkan. Pilihlah pakaian yang benar-benar sering digunakan sehingga kamu dapat kepuasan tersendiri.

Baca juga:

Berdasarkan Penelitian, Pria Sulit Move On dari Patah Hati

Inilah Alasan Seseorang yang Ditinggal Menikah Sulit Move On

Berdasarkan Studi, 14 Alasan Inilah Seseorang Menolak Menikah

2. Menggunakan sabun mandi batangan

Ilustrasi sabun batangan | Pexels.com, Pixabay

Dulu waktu kita kecil pasti akrab menggunakan sabun mandi batangan, harganya murah dan habisnya lama, bukan? Dengan perkembangan teknologi dan inovasi dalam bidang kecantikan banyak sekali perusahaan yang menawarakan sabun cair yang klaimnya lebih efisien dan lebih modern daripada menggunakan sabun cair.

Ditambah lagi kaum kelas menengah ke atas jarang sekali menggunakan sabun batang. Ya, namanya iklan sah-sah saja untuk mempromosikan barang dagangannya sebaik mungkin. Banyak di antara kita yang beralih menggunakan sabun cair dan meninggalkan penggunaaan sabun batang.

Padahal dengan menggunakan sabun batang kamu dapat menghemat pengeluaran. Misalnya harga 250 mililiter sabun cair  Rp. 30.000 bisa kamu gunakan untuk satu bulan pemakaian, bandingkan dengan satu sabun batang yang harganya hanya Rp. 2.500 saja dapat digunakan dalam sebulan.

Nah, untuk alternatif ini bisa banyak menghemat uangmu untuk membeli kebutuhan yang lainnya.

3. Prioritaskan kebutuhan, bukan keinginan

Ilustrasi kebutuhan, bukan keinginan | Photo by Ylanite Koppens from Pexels

Banyak diantara kita tidak paham antara kebutuhan dan keinginan. Tentu saja keduanya sangat berbeda, bukan?

Kebutuhan adalah segala sesuatu yang benar-benar dibutuhkan dan sifatnya mendesak, sedangkan keinginan hanya ingin memiliki saja sebagai pelengkap dan tidak tahu kapan digunakan jika sudah membelinya. Mulai sekarang prioritaskan kebutuhanmu, bukan keinginanmu.

4. Bawa air putih sendiri jika bepergian

Ilustrasi membawa botol minuman | Photo by Gustavo Fring from Pexels

Mengonsumsi air putih adalah kebutuhan bagi tubuh manusia. Sehari tubuh manusia membutuhkan minimal tujuh gelas air putih. Jika kamu termasuk orang yang memiliki aktifitas yang menyibukkan seperti kuliah, sekolah, dan kerja tak heran kamu pasti sangat butuh air putih untuk tubuhmu.

Mulai sekarang mulailah membawa air putih sendiri dari rumah. Misalnya dengan mengisi air putih dengan botol satu liter, tentu saja ini sangat menghemat pengeluaranmu. Bayangkan setiap makan kamu harus membeli sebotol air mineral dan tentunya itu tidak cukup satu botol air mineral sehari.

Selain mengurangi limbah plastik, kamu juga menghemat uang. Maka mulai sekarang bawalah air putih sendiri. Jangan pernah malu dan minder untuk membawannya.

5. Jangan membeli barang pritilan yang lucu-lucu

Ilustrasi barang pritilan | Photo by Vidal Balielo Jr. from Pexels

Nah, ini biasanya terjadi pada kaum hawa, yang tidak tahan melihat barang-barang lucu dan menggemaskan, rasanya semua ingin dibeli. Mulai sekarang berhentilah memberi barang-barang seperti ini yang sebenarnya tidak ada manfaatnya.

Karena hanya memenuhi sudut kamar atau ruangan, dan akhirnya menumpuk begitu saja. Tahan diri kamu membeli barang seperti ini, ingat utamakan kebutuhan dari pada keinginan.

Nah, itulah lima cara yang efektif memulai bagaimana hidup minimalis. Kalau kamu berniat ingin hidup lebih hemat, bijak, dan tidak berlebihan, tidak ada salahnya untuk mencobanya.

Penulis: Rizka Wahyuni, mahasiswi Magister Ilmu Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada

Baca berikutnya: Tak Mau Kalah, Lima Alasan Perempuan Juga Harus Berpenghasilan

Review Obat Jerawat Medi-Klin TR setelah 2 hari pemakaian
Load More Related Articles
Load More By admin
Load More In Lifestyle

2 Comments

  1. […] Baca berikutnya: Lima Cara Efektif Memulai Hidup Minimalis […]

    Reply

  2. […] Lima Cara Efektif Memulai Hidup Minimalis […]

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Ara dan Kota Kenangan

Asmarainjogja.id-Matahari kian ganas menunjukkan panasnya, seakan-akan berada di atas kepa…