Home Lifestyle Gampang, Ini Lima Kegiatan Positif yang Bisa Dilakukan saat #DiRumahAja

Gampang, Ini Lima Kegiatan Positif yang Bisa Dilakukan saat #DiRumahAja

6 min read
1
0
153
Iustrasi di rumah saja | Photo by cottonbro from Pexels

Asmarainjogja.id-Pandemi Covid-19 sudah melumpuhkan berbagai sektok kehidupan. Tak tanggung-tanggung pandemi ini secara global melumpuhkan negara-negara didunia. Awal mulanya virus ini terdeteksi di Wuhan, China pada Akhir tahun 2019 lalu.

Sedangkan di Indonesia virus ini mulai terdereksi sejak awal bulan maret lalu. Pergerakan virus ini sangat cepat menular antara manusia. Sehingga dimana-mana di gaungkan dengan kata #dirumahaja. Hastag ini sangat populer di twitter.

Mengimbau agar kita tetap di rumah saja dan membatasi aktivitas di luar seminim mungkin. Bagi orang yang sudah terbiasa yang hidupnya lebih banyak dihabiskan di luar ketimbang di rumah, ini adalah sesuatu hal yang tidak menyenangkan.

Apalagi yang sudah terbiasa untuk traveling di alam, kondisi ini sangat sulit dijalani. Selain itu yang menghabiskan waktu berkumpul dengan teman-teman di cafe shop juga harus bersabar dengan kondisi seperti ini.

Di awal-awal pandemi ini semua orang merasakan bosan yang sangat luar biasa. Karena ditekankan aga di rumah saja, yang dilihat hanya tembok-tembok rumah sejauh mata memandang. pada minggu-minggu pertama kenyataan ini sangat sulit diterima. Kejenuhan mulai terasa, berdiam diri di rumah mungkin membuat sebagian orang menjadi stres.

Tapi ini semua adalah untuk kebaikan bersama, supaya penyebaran virus Covid-19 tidak cepat meluas. Sehingga korban yang meninggal tidak bertambah lagi.

Sebenarnya banyak sekali yang bisa kita lakukan saat di rumah saja. Tentunya ini sangat bermanfaat untuk mengisi waktu masa-masa membosankan seperti ini. Jika kita tidak beraktivitas yang positif dan lebih banyak melihat media sosial di gadget, bisa-bisa kamu stres dengan pemberitaan yang negatif tentang Covid-19.

Berikut lima kegiatan yang bisa kamu lakukan saat di rumah saja

1. Bersih-bersih rumah

Ilustrasi merapikan perabotan dapur|Photo by Becca Tapert on Unsplash

Saat kondisi seperti ini, bagi kamu yang di rumah saja. Kamu bisa melakukan aktivitas ini, yaitu bersih-bersih rumah. Mungkin jika dulu kamu jarang mengurus rumah. Ini adalah waktu yang tepat untuk bersihkan rumah. Sehingga waktumu di rumah saja bisa jauh efektif dibandingkan dengan tidur-tiduran saja, bukan?

2. Belajar memasak

Ilustrasi membuat kue | Photo by Gustavo Fring from Pexels

Di media sosial kita perhatikan saat ini, postingan warganet di media sosial kebanyakan memasak bersama keluarga. Ya, belajar memasak bisa jadi salah satu hal kegiatan positif yang bisa kamu lakukan saat di rumah saja. Kamu bisa berkreasi membuat menu-menu makanan kesukaanmu.

Wah ini patut segera dicoba, lho.

3. Membaca Buku

Ilustrasi membaca buku | Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Ketimbang uring-uringan sepanjang hari dengan memegang smarthphone setiap saat. Nah lebih baik kamu membaca buku. Selain membaca buku bisa memperluas pengetahuan dan mempertajam pikiran, membaca buku juga menjadi hiburan pada saat-saat membosankan seperti ini.

Jadi, membaca buku bisa jadi pilihan yang tepat untuk kamu yang dirumah saja

4. Menulis

Ilustrasi menulis | Photo by Vlada Karpovich from Pexels

Menulis bisa jadi salah satu kegiatan yang bisa kamu lakukan saat di rumah saja. Menulis apapun bisa asalkan kamu mempunyai niat menulis. Kamu bisa menuliskan puisi, esai, cerpen atau apapun itu.

Syukur-syukur tulisanmu bisa dikirim ke media massa atau media elektronik, dan kamu dibayar atas tulisanmu yang bagus.

5. Olahraga

Ilustrasi olahraga di rumah | Pexels.com, Alexy Almond

Banyak yang bilang di rumah saja identik dengan rebahan sepanjang hari di kasur empuk sambil main handphone. Itu sebenarnya keliru, saat kondisi seperti ini kamu bisa menghabiskan waktumu untuk berolahraga.

Ya, tentunya olahraga yang bisa dilakukan di rumah, seperti work out atau hit cardio. Berolahraga tentunya membuat tubuhmu jauh lebih sehat dan lebih bugar, daripada berdiam diri tanpa aktivitas fisik.

Nah, itulah lima kegiatan yang gampang kamu lakukan saat menghadapi corona saat ini. Silahkan dicoba, ya?!

Penulis: Rizka Wahyuni, mahasiswi Magister Ilmu Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada

Baca berikutnya: Lima Cara Efektif Memulai Hidup Minimalis

Load More Related Articles
Load More By admin
Load More In Lifestyle

One Comment

  1. […] Gampang, Ini Lima Kegiatan Positif yang Bisa Dilakukan saat #DiRumahAja […]

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Sebelum Berangkat, Ini 10 Tips Bertualang ke Curug Lawe

Asmarainjogja.id-Pesona Curug Lawe yang berada di Lereng Gunung Ungaran memang tak diraguk…