Home Motivasi Apakah Tolok Ukur Sukses Itu Harus Menjadi PNS?

Apakah Tolok Ukur Sukses Itu Harus Menjadi PNS?

4 min read
0
0
1,707
Ilustrasi Pegawai Negeri Sipil | Foto Setkab

Pertanyaan tersebut sangat menggelikan untuk saya secara pribadi. Berawal ketika saya berhenti di sebuah lampu merah, tepatnya di sebelah kanan ada gedung Sekolah Menengah Atas di salah satu Kota Yogyakarta.

Pandangan saya tertuju pada Barner sekolah yang membuat otak saya berpikir cukup keras.

Tidak lain sekolah tersebut mempromosikan sekolahnya yang telah meluluskan banyak orang-orang yang sukses dibidangnya, seperti : Tentara, Polisi, Polwan, Dokter, Pilot, dan lain-lain. Promosi tersebut tidak ada salahnya, Bukan? Pihak sekolah sah-sah saja mempromosikan seperti itu.

Tapi, yang membuat otak saya berpikir keras, kenapa pada banner tersebut tidak ada mempromosikan alumni yang menjadi seorang pebisnis atau punya usaha sendiri? Kenapa dan kenapa? Tentu saya sendiri heran. Apakah pendidikan kita mendoktrin, bahwasanya jika kamu sukses harus jadi seorang pegawai negeri sipil?

Tak heran semua orang berbondong-bondong mengikuti tes penerimaan Pegawai Negeri Sipil. Mungkin banyak sekali faktor yang menyebabkan si anak untuk mendaftar, bisa saja supaya hidupnya lebih terjamin dimasa tua, jalan yang paling aman.

Ya, karena tiap bulan menerima gaji, bahkan ada yang menuruti perintah orangtua karena barangkali ayah dan ibunya ingin anaknya menjadi Pegawai Negeri Sipil. No problem!

Baca juga:

Tak Mau Kalah, Lima Alasan Perempuan Juga Harus Berpenghasilan

Tetaplah Hidup Walau Enggak Berguna

Apakah Cinta Harus Diperjuangkan? (Khusus 23 Tahun ke Atas)

Tapi yang masih berkecamuk di hati saya, apakah menjadi seorang PNS adalah tolok ukur kesuksesan yang sebenarnya? Mungkin setiap orang memiliki penilaian yang berbeda tentang ini. Tapi dilingkungan saya sendiri, saya menemukan begitu kenyataannya.

Mulai dari orangtua, teman saya yang tiap hari menelpon anaknya untuk segara mendaftar tes CPNS dan harus belajar dengan giat supaya lulus. Orangtua sangat bangga sekali jika anaknya bisa memakai segaram PNS dan dengan itu bisa membuat keluarga bangga.

Lalu jika bukan PNS, apakah Anda tidak sukses? Tidak begitu juga, kan? Saya rasa generasi milenial sudah agak terbuka dengan definisi sukses. Dimana banyak sekali yang memulai dengan berbisnis atau orang awam bilang jualan. Toh tidak ada salahnya, karena definisi sukses setiap orang berbeda-beda.

Tolok ukur kesuksesan tidak bisa diukur dengan menjadi seorang PNS. Kamu bisa menjadi apapun yang kamu mau untuk mencapai kesuksesan. Apapun bidang yang kamu tekuni, kamu punya jalan yang sama untuk menuju gerbang sukses.

Salah satunya berbisnis bisa membuat kamu sukses dan tentunya tidak terikat dengan siapapun. Kamu bisa travelling kemana saja yang kamu mau, kamu mempunyai waktu yang banyak menghabiskan liburan bersama keluarga.

Penulis: Rizka Wahyuni, mahasiswi Magister Ilmu Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada

Baca berikutnya: Lima Dasar Pendidikan Finansial yang Jarang Diketahui

Review Obat Jerawat Medi-Klin TR setelah 2 hari pemakaian

  • Ini Alasannya Menjadi Marketer Solusi Bagi Pengangguran

    Ilustrasi salesman| Foto Istockfoto Asmarainjogja.id – Kerbau kalau belum dipecut tidak be…
Load More Related Articles
Load More By admin
Load More In Motivasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Bagaimana Penegak Hukum Melanggar HAM terhadap Pelaku Tindak Pidana (Skizofrenia)?

Asmarainjogja.id-Siapa saja orang yang melakukan tindak pidana tentu mendapatkan ganjaran,…