Home Lifestyle Ternyata Inilah Lima Rahasia Manfaat Berberes-beres Rumah yang Jarang Diketahui

Ternyata Inilah Lima Rahasia Manfaat Berberes-beres Rumah yang Jarang Diketahui

8 min read
0
0
200
Ilustrasi berberes-beres rumah | Foto familyclean.com.au

Asmarainjogja.id-Pernahkah merasakan hidupmu sumpek karena banyak sekali barang-barang yang tidak terpakai atau barang yang jarang kamu gunakan menumpuk di sudut ruangan?

Mau dibuang sayang, kalau dijual harganya tidak seberapa. Kondisi tersebut membuat kamu bimbang, dan berpikir bagaimana caranya untuk memanfatkan barang-barang tersebut.

Atau pernahkah kamu rasakan saat mulai ingin membereskan barang-barang itu tapi ada saja kendalanya, seperti malas atau menunda-nunda waktu. Alhasil kamu malah bingung sendiri.

Apalagi bagi anak kos yang hanya memiliki ukuran kamar seluas 3×3 meter. Sungguh sangat ribet memilah-milih barang yang diprioritaskan. Pernah kamu merasa lebih lega jika berada pada ruangan yang terlihat lebih kosong atau tidak banyak pernak-pernik yang menumpuk? Dan kamu merasakan nyaman berada di dalamnya.

Nah, inilah lima rahasia maanfaat  berberes-beres rumah yang jarang diketahui:

1. Merasa lebih nyaman di rumah

Ilustrasi nyaman di rumah | Pexels.com,
Andrea Piacquadio

Jika kamu memiliki barang-barang terlalu banyak dan fungsinya juga tidak tahu untuk apa? Atau dalam waktu lama ini tidak pernah menggunakan barang tersebut. Sehingga membuat penuh sebagian sudut rumah atau sudut kamar.

Mulailah dari sekarang untuk segera berberes-beres rumahmu. Karena dengan keadaan rumah yang rapi dan tidak terlalu banyak barang, tentu saja kualitas hidup akan lebih baik.

Keadaan tersebut manusiawi sekali karena memang sifat dari manusia yang suka rasa nyaman.

2. Menghilangkan stres

Ilustrasi stres karena beban kerja | Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Terkadang kita tidak paham, stres yang selama ini kita rasakan berasal dari mana. Ternyata stres terjadi tidak  hanya berasal dari masalah pribadi, stres juga bisa dipicu oleh hal-hal sepele termasuk kesumpekan di rumah.

Bertumpuknya barang-barang yang begitu banyak, dapat memicu kamu stres dan merasa tidak nyaman berada di dalam rumah sendiri. Coba lihat dahulu keadaan di rumahmu, barangkali yang membuat kamu stres selama ini adalah barang-barang yang menumpuk disudut rumah. Sehingga menjadi beban pikiranmu.

Baca juga:

Lima Cara Efektif Memulai Hidup Minimalis

Inilah Alasan Seseorang yang Ditinggal Menikah Sulit Move On

Berdasarkan Penelitian, Pria Sulit Move On dari Patah Hati

3. Menghemat biaya nongkrong

Ilustrasi menghemat biaya | Pexels.com, Reynaldo

Apakah kamu tipe orang yang tidak betah di rumah? Atau Apakah kamu tipe yang lebih suka mengerjakan tugas kuliah atau kerjaan dari kantor di kafe? Sebelum pertanyaan ini terjawab, coba lihat kamar tidur atau rumahmu.

Apakah terdapat banyak sekali tumpukan barang-barang yang menggangu pandangan mata dan membuat kamu tidak nyaman berada di dalamnya?

Nah, barangkali ini adalah penyebabnya, sehingga kamu lebih senang mengerjakan suatu pekerjaan, di luar rumah. Jika benar penyebabnya adalah barang-barang yang menumpuk atau berantakkan. Mulailah sekarang segera merapikannya.

Sehingga kamu dapat menghemat pengeluaran. Ya, untuk berkunjung ke kafe berapa uang yang harus dikeluarkan? Coba hitung, dalam seminggu sudah berapa jumlah uang yang dapat kamu hemat, bukan? Ayo bergerak untuk menyelamatkan biaya pengeluaranmu.

4. Dapat menyortir barang yang  tidak dibutuhkan

Ilustrasi menyortir pakaian | Photo by Ksenia Chernaya from Pexels

Pernahkah menemukan barang-barangmu ketika berberes-beres rumah? Ternyata barang tersebut dalam waktu lama tidak pernah dipakai sama sekali. Nah, kondisi tersebut pernah dialami kebanyakan orang. Mereka kebingungan untuk membuang atau menyimpannya.

Mungkin pilihan terbaik kamu bisa menyumbangkan ke teman-teman yang membutuhkan atau mendonasikannya. Sehingga barang tersebut tidak lama-lama menumpuk di rumah. Dengan rajin berberes-beres rumah kamu dapat menyortir barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

5. Menghargai fungsi barang

Ilustrasi hobi belanja | Photo by freestocks.org from Pexels

Manusia pada dasarnya adalah makhluk konsumtif, tentu tidak ada salahnya, seperti itu. Pernahkah kamu ingin sekali membeli suatu barang yang benar-benar disukai, tetapi setelah kamu membelinya rasa penasaran sudah hilang begitu saja?

Atau kamu membeli baju kesukaan dengan harga miring, tentu kamu sangat bahagia. Tidak ada salahnya jika kita membeli barang yang sangat diinginkan, itu sah-sah saja.

Tapi sebelum kamu memutuskan untuk membeli suatu barang, coba pikirkan lagi apakah barang tersebut benar-benar yang dibutuhkan? Apa sekadar obsesi saja untuk membelinya? Dengan mengenali dari fungsi barang tersebut, kamu lebih menghargai barang-barang yang sudah dimiliki.

Demikianlah lima kebahagian yang kamu rasakan dengan berberes-beres rumah. Banyak sekali tentunya manfaat yang dirasakan jika rajin melakukannya. Sehingga hidup lebih nyaman, tentram, bahagia dan tentunya dapat meningkatkan kualitas hidup.

Penulis: Rizka Wahyuni, mahasiswi Magister Ilmu Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada

Baca berikutnya: Gampang, Ini Lima Kegiatan Positif yang Bisa Dilakukan saat #DiRumahAja

Load More Related Articles
Load More By admin
Load More In Lifestyle

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Kepadamu yang Tak Merindukanku: Kini Kutahu Rindumu Bukan untukku

Ilustrasi perempuan sedih yang mendalam | Pixabay from Pexels.com Asmarainjogja.id-Berbula…