Home Belajar Menulis Buntu Menulis? Lakukan Lima Hal Ini Agar Bisa Berkarya Lagi

Buntu Menulis? Lakukan Lima Hal Ini Agar Bisa Berkarya Lagi

6 min read
0
0
230
Ilustrasi buntu menuis I Photo by Jason Tharsiman on Unsplash

Asmarainjogja.id-Bagi seorang yang menggeluti dunia literasi, menulis adalah hal yang menyenangkan. Semua ide-ide yang ada di kepala dapat ditulis menjadi tulisan yang menarik atau indah untuk dibaca. Entah itu opini, berita, puisi, cerpen atau sebuah artikel, dapat ditulis oleh seorang penulis dengan sangat mudah.

‌Ide-ide yang mudah muncul di kepalanya langsung segera dituliskan. Zaman dahulu mungkin tidak secanggih sekarang soal semakin majunya teknologi dan informasi. Dulu seingat penulis, orang tua penulis sering sekali menulis puisinya di mesin ketik konvensional atau menulis di secarik kertas. Kalau sekarang kita bisa menulis di mana saja, laptop, smartphone bahkan bisa langsung memposting ke website pribadi, sangat mudah bukan?

‌Nah, yang jadi permasalahan yang membelenggu bagi seorang penulis adalah buntunya ide menulis, atau istilahnya sudah mentok idenya, nggak bisa menulis selues biasanya. Ada yang sedang menulis cerpen, seketika saja buntu dengan ending yang akan dituliskan. Pasti seorang penulis pernah mengalami hal demikian.

Berikut lima hal yang bisa kamu kamu lakukan jika buntu dalam menulis:

1. Lakukan traveling

Ilustrasi traveling ke perbukitan | Photo by Nina Uhlíková from Pexels

Bagi kebanyakan orang traveling adalah hal yang menyenangkan. Nah, jika kamu mengalami kehabisan ide dalam menulis, maka cobalah untuk istirahat sejenak lalu lakukan traveling. Traveling kemana saja yang kamu inginkan, sehingga pikiranmu akan lebih rileks dan tentunya lebih bahagia.

Menyatu dengan alam akan memberikan energi baru dan tentunya ide-ide baru akan bermunculan di kepala dan kamu tidak buntu lagi dalam menulis.

2. Menonton film

Iustrasi menonton film | Photo by cottonbro from Pexels

Menonton film adalah hobi yang bagus. Dan biasanya seorang penulis suka menonton. Menonton film adalah cara yang tepat untuk kamu yang sedang buntu dalam menulis. Karena biasanya dalam sebuah film ada hal-hal yang menarik yang bisa dituliskan, misalnya pesan moral, pesan sosial, karakter tokoh, dan banyak hal lainnya yang dapat kamu jadikan sebuah ide menulis.

Baca juga:

Gampang, Ini Lima Kegiatan Positif yang Bisa Dilakukan saat #DiRumahAja

Lima Cara Efektif Memulai Hidup Minimalis

3. Membaca buku

Ilustrasi membaca buku | Photo by Min An from Pexels

Membaca buku juga adalah ide terbaik untuk kamu yang sedang buntu ide menulis. Membaca buku mampu memberikan ide-ide yang cemerlang atau kisah inspiratif yang dapat kamu tuliskan dalam sebuah tulisan.

Tak heran banyak sekali seorang penulis yang baru terinspirasi jika membaca buku terlebih dahulu. Dan seketika saja pikiranya lebih tajam lagi dalam menulis.

4. Mengopi bareng teman

Ilustrasi mengopi bareng teman | Photo by Yanapi Senaud on Unsplash

Kita manusia adalah makluk sosial yang tidak dapat hidup tanpa orang lain. Itu adalah naluri kita sebagai seorang manusia. Jika kamu buntu dalam menulis, pilihan ini patut dicoba, yaitu pergilah sekedar mengopi dengan teman-temanmu. Kamu akan lebih rileks dan bahagia. Di mana canda-tawa bersama teman-teman dapat meringankan pikiran dan ketegangan dalam menulis.

5. Rehatlah sejenak

Ilustrasi istirahat | Photo by kevin laminto on Unsplash

Terkadang kita jenuh dengan kegiatan yang monoton, contohnya menulis sepanjang hari tanpa rehat dalam berkarya. Maka kamu akan merasakan kejenuhan berkepanjangan dan akhirnya kehabisan ide dalam menulis. Maka langkah yang tepat adalah rehatlah sejenak, istirahatkanlah pikiranmu.

Nah, itulah lima hal yang bisa kamu lakukan kalau sedang buntu menulis. Caranya mudah dan bisa kamu lakukan sesegera mungkin. Selamat berkarya, tuntaskan tulisanmu untuk menginspirasi pembaca.

Penulis: Rizka Wahyuni, mahasiswi Magister Ilmu Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada

Baca seanjutnya: Ternyata Inilah Lima Rahasia Manfaat Berberes-beres Rumah yang Jarang Diketahui

Load More Related Articles
Load More By admin
Load More In Belajar Menulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Sebelum Berangkat, Ini 10 Tips Bertualang ke Curug Lawe

Asmarainjogja.id-Pesona Curug Lawe yang berada di Lereng Gunung Ungaran memang tak diraguk…